Review One Piece 734

Review One Piece 734  : Assalamua'laikum... Salam nakama!  Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba! Update Komik One Piece 734! Berikut ini adalah ulasan, review, dan teori dari teman saya Bung Tony aka Tonyohoho

op734

Review One Piece 734 : Selamat malam Nakama One Piece semua salam suppa!! Seperti biasa sehari setelah chapter rilis, kita bahas isinya secara tuntas. Salam suppa nakama semua! Karena pendistribusian yang jauh lebih awal dari biasanya, majalah Jump yang seharusnya libur menjadi 'seolah-olah' tidak libur minggu ini. 

Selamat malam nakama semua. Salam suppa seperti biasa. Dan ini Review pertama tahun 2014! xD Chapter 734 membuka tahun ini untuk kita semua. Kamaitachi of Rommel! Proses menuju akhir Blok D Coloseeum yang tak terpikirkan oleh siapa pun. Oda sukses membuat Meadows sebagai Red Herring (Umpan) karena dia tahu (harusnya tahu) kalau para pembaca One Piece akan berasumsi Meadows-lah pelakunya. Sengaja tak diperlihatkan hingga akhir pertarungan, kemudian dimunculkan begitu saja tergelatak tak berdaya. xD lol. Ternyata hanya orang biasa. Kesimpulan berbeda dan sangat menarik didapat saat kepribadian lain Cavendish lah pelaku yang menumbangkan seluruh peserta tersisa di arena. Blink of an Eye. Sekejap mata. 2 atau 3detik barangkali? Lebih cepat dari rumornya dan Sabo mengatakan hal itu secara gamblang. Laksana angin puyuh sekejap saja menebas 19 peserta lainnya. Tapi pemenang kita yang memiliki spesialisasi dalam menghindari serangan dan haki observasi yang hebat (Kenbunshoku Haki) rupanya berhasil menghindari fatal hit. Hingga menjadi satu-satunya peserta yang bisa bangkit kembali. Di chapter ini juga kita bisa melihat adegan-adegan lain di seluruh Dressrosa. Memberikan kita info terbaru tentang semua pion yang bergerak. Doflamingo, kelompok Usopp, Franky, Kelompok Luffy dan Violet. 

1. Cover chapter menampilkan Ilustrasi Request lainnya. Kali ini permintaan dari Croquette asal perfektur Aichi. Karakter yang diminta adalah seniman kita Usopp dengan tema jerapah yang dilukis. Hmm.. Tak perlu menjabarkan panjang lebar karena emang tak ada yang bisa dipanjang lebarkan. lol. xD Tak ada hal penting yang berkaitan dengan cerita seperti biasa. Lebih baik segera bergerak ke poin selanjutnya. 

2. Adegan dimulai saat seluruh penonton menunggu dengan tegang siapa petarung terakhir yang sanggup berdiri kembali. Gairah menanti siapa pemenang blok D berubah menjadi kekecewaan dan amarah saat menyaksikan Rebecca lah orang tersebut. Pertanyaan dan cibiran menyeruak. Kenapa harus dia? Kecurangan apa yang telah dia lakukan? Apa yang dia lakukan terhadap Cavendish? Tak mungkin kan gadis kecil ini mengalahkan seorang Orlumbus? Hasil akhir yang tak dapat diterima. Penonton berteriak meminta dilakukan penyelidikan mendalam. Barang-barang dilemparkan ke dalam arena menandakan betapa kesalnya semua orang. Yang merayakan kemenangan Rebecca hanyalah segelintir teman sesama gladiator tahanan di dalam asrama penjara. Aku harap orang-orang ini akan berlutut meminta maaf saat Arc Dressrosa menutup tirai, saat Rebecca berdiri tegak sebagai salah satu keluarga kerajaan.

Hingga akhir pun hanya segelintir orang yang mengerti apa yang sebenarnya terjadi. Sabo. Bastille dan segelintir Marinir. Dan mungkin petarung kelas atas lainnya seperti Doflamingo, Diamante dan Burgess yang juga menyaksikan pertandingan. Selain mereka tentu saja yang paham apa yang terjadi adalah 19 peserta di arena yang mengalaminya langsung. Kamaitachi of Rommel. Pusaran angin mimpi buruk yang menghantui Kerajaan Rommel beberapa tahun silam. Muncul begitu saja di atas arena.

Ada Pandaman di halaman 2.

3. Kamaitachi adalah sebuah monster musang bersabit besar dari cerita rakyat Jepang. Gerakannya begitu cepat untuk dilihat dan melancarkan tebasan demi tebasan laksana angin puyuh. Rommel disini mungkin merujuk kepada sosok Erwin Johannes Eugen Rommel yang merupakan Jenderal angkatan darat Jerman pada perang dunia kedua (Lihat wikipedia untuk itu). Kamaitachi of Rommel yang kita bahas adalah sebuah fenomena misterius yang terjadi beberapa tahun silam di Kerajaan Rommel. Sebuah kerajaan dengan nuansa London yang sangat kental. Bahkan Rommel punya Big Ben sendiri! xD Di Rommel ini di saat malam hari suatu angin misterius akan berhembus. Angin setan yang sanggup mencabik-cabik tubuh siapapun yang diterpa. Karena kejadian misterius ini berlangsung terus menerus, akhirnya sebuah kapal perang Marinir dikirim. Walaupun para marinir juga menjadi korban sayatan Kamaitachi, mereka berhasil mengidentifikasi wujud asli sang angin. Ternyata seorang manusia. Dengan nama Hakuba.

Mereka terus menerus berusaha menangkapnya tapi tetap saja tak berhasil. Hingga akhirnya Marinir melihat sebuah pola dan mendapatkan kesimpulan. Di kota manapun Hakuba muncul, seorang bajak laut ternyata juga selalu berada di tempat yang sama. Bajak laut bernama Cavendish.

4. Kepribadian ganda. Marinir dengan luar biasa sampai kepada kesimpulan kalau Hakuba dan Cavendish adalah dua kepribadian dalam tubuh yang sama! xD lol. Ini adalah karakter berkepribadian ganda pertama di One Piece bukan? Aku memang merasa suatu saat Odacchi akan membuat sebuah karakter dengan banyak kepribadian, tapi benar-benar tak melihat dia akan memberikan hal itu kepada Cavendish! Cavendish sejak awal sudah merupakan karakter super unik yang sangat menarik. Bishie pertama di One Piece. Lelaki cantik mempesona dengan keahlian berpedang luar biasa. Hancock versi lelaki, bisa kita katakan. Karakternya yang selalu ingin tampil dan menjadi sorotan disamping sifat pendendamnya terhadap Generasi terburuk juga sangatlah menarik. Tapi Oda membuat Cavendish menjadi karakter yang berada di level berbeda dengan memperkenalkan Hakuba kepada kita! Brilian. OPIC! Arc Dressrosa sudah dipenuhi puluhan karakter menarik sedari awal, tapi Cavendish/Hakuba langsung menjadi favoritku untuk Arc ini. Aku tak bisa membayangkan hal-hal seperti apa yang akan Oda lakukan dengan Cavendish-Hakuba ini kedepannya. lol xD Sangat-sangat menarik dinantikan. 

Kepribadian ganda sendiri merupakan hal yang lumrah terjadi di dunia nyata. Jadi kalau ada yang bertanya bagaimana Cavendish bisa mempunyai kepribadian ganda, aku sih mikirnya itu emang murni sebuah kelainan. Bukan campur tangan buah iblis (jelas) ataupun pedang terkutuk (katanya) Durandal. Setidaknya itu kesimpulan sederhana yang bisa ditarik sekarang. Mungkin kesimpulan berbeda akan didapat setelah kita mengetahui lebih banyak tentang Cavendish. Perubahan muka 'cantik' Cavendish menjadi muka 'sadis' Hakuba sangat menarik. Sempat mengingatkanku kepada karakter berkepribadian ganda lainnya di manga lain. Aluka di Hunter X Hunter. 

Somnambulism. Kelainan yang membuat seseorang tidur berjalan. Cavendish mempunyai penyakit ini, dimana dia dia akan membuka matanya saat tertidur. Saat inilah karakter lain dalam dirinya, Hakuba menampakkan diri. Cavendish sendiri menurut Bastille menyadari kelainannya tersebut. Tapi justru bersuka cita dengan hal itu, apalagi Hakuba membuatnya tenar. lol Cavendish sudah merupakan seorang prodigi (sangat lihai) dalam bermain pedang. Tapi Hakuba dua kali lebih kuat darinya! Hanya saja kecenderungan untuk kembali tertidur setelah Hakuba muncul membuat hal itu sebenarnya tidak cocok digunakan dalam sebuah turnamen. Dan benar saja, kecenderungan tersebut akhirnya memenangkan orang lain.

5. Seperti yang bisa kita duga, flashback singkat menjelaskan apa yang terjadi di Blok D diperlihatkan. Dimulai dengan konfrontasi antara Rebecca dan Suleiman. Cavendish tiba-tiba terlihat limbung, kuda-kudanya aneh, ternyata dia tertidur!!! xD Suppa! Petarung tersisa di Coloseum terpaku sesaat. Menyadari ancaman terbesar di atas arena entah kenapa tertidur di saat yang sangat tidak tepat. Serta merta beberapa petarung memanfaatkan kesempatan itu untuk menghabisi Cavendish! Tapi rupanya monster di dalam diri Kuda Putih mengambil alih.

Hakuba!!! Kamaitachi of Colosseum! 3 orang petarung yang berusaha menyerang sekejap dicabik-cabik. Damask yang sedang bertarung dengan mummy ikut terkena serangan. Suleiman, Orlumbus dan Meadows menyadari sesuatu sedang menghampiri tapi rupanya tak cukup cepat untuk menghindar. Terlalu cepat. Mata orang biasa tak bisa mengikutinya. Hell. Bartolomeo saja tak mengerti apa yang terjadi xD Seketika seluruh peserta di atas arena terkena sayatan Kamaitachi yang luar biasa. Seluruh peserta kecuali satu orang.

6. Rebecca tentu saja! Dengan tatapan mata yang sangat tajam berhasil melihat permainan pedang Hakuba. Dilatih seorang ahli dalam kecepatan yaitu Soldier-San sepertinya membuatnya terbiasa dengan sesuatu yang bergerak secara kilat. Ditambah KenbunShoku Haki yang sepertinya memang dikuasainya seperti yang dinyatakan oleh Luffy di chapter 725, Rebecca bisa memprediksi langkah musuh beberapa saat ke depan hingga memungkinkan baginya untuk bereaksi menghindar di waktu yang tepat. Nyaris, pelipisnya sedikit tergores. Helmnya menjadi sasaran sabetan Kamaitachi. 

Bukanlah sekedar keberuntungan, tentu saja. Barangkali sejak awal Rebecca adalah petarung tercepat di atas arena. Setidaknya nomor 2 setelah Hakuba. Menghadapi serangan frontal Kamaitachi dialah satu-satunya peserta yang kemungkinan berhasil bertahan. Karena memang Rebecca lah peserta yang paling ahli menghindar! xD Dia berlatih dari kecil untuk itu! Bukan untuk menyerang. Bukan untuk melukai orang lain. Tapi untuk menghindar! Oda sejak awal sudah merencanakan kalau seseorang akan berhasil menghindari Kamaitachi. Dan Rebecca adalah orang itu! Si ahli menghindar menurutku pantas memenangkan Blok D. Tanpa menjatuhkan kredibilitas Cavendish-Hakuba dan peserta kuat lainnya di Blok D, yang Odacchi lakukan tidak salah lagi adalah cara terbaik untuk mengakhiri Blok D. Simply Awsum.

"Ibu selalu bilang melukai orang lain itu salah"
"Kalau begitu.. Aku akan mengajarimu cara untuk menghindar."
[Chapter 721-Rebecca dan Soldier San]

Flashback di atas seolah-olah sudah disiapkan sejak awal hanya untuk momen ini. Momen dimana Rebecca berhasil menghindari serangan kelas atas musuh. Sebagai catatan, satu-satunya luka yang didapat Rebecca adalah luka dari serangan Hakuba! xD lol.

7. Sepertinya setelah mengira dirinya juga telah menghabisi Rebecca (yang memang juga sempat ikut tumbang), Hakuba merasa tak ada lagi musuh tersisa di atas arena. Dia kembali menghilang. Hakuba kembali menjadi Cavendish. Aku merasa ada yang janggal disini. Kenapa Cavendish tertidur tiba-tiba di atas arena? Bukankah penyakit tiba-tiba tertidur khas untuk Garp-Ace-Luffy saja sejauh ini? Terlalu aneh bagiku kalau seorang Cavendish punya penyakit tiba-tiba tertidur seperti 3 orang tersebut. lol

Perhatikan Hakuba muncul di Rommel selalu di malam hari. Laksamana Madya Bastille juga secara eksplisit menjelaskan kalau Kamaitachi of Rommel terjadi di malam hari. Artinya adalah saat Cavendish terlelap di malam hari, Hakuba mengambil alih tubuhnya dan berkeliaran menyayat orang-orang. Tapi kali ini Hakuba muncul di siang bolong, dan Cavendish tiba-tiba tertidur di tengah pertandingan. Aneh. Untuk apa Cavendish memanggil Hakuba? Bukankah Cavendish sama sekali tidak terlihat terdesak di atas arena? Dia bisa memenangkan pertarungan dengan cara normal! Apakah ada yang memberikan gas tidur ke Cavendish? Tidak tentu saja. Terlalu acak. Penjelasan yang paling masuk akal bagiku adalah Hakuba merasakan adanya pertarungan menarik sedang terjadi. Mengintip dari dalam tubuh Cavendish. Kepribadian Cavendish yang lain ini ingin ikut merasakan pertarungan dan ingin membantai seluruh peserta di atas arena. Jadi dengan paksa dia mengambil alih tubuh mereka, menyebabkan Cavendish tertidur. Setelah membantai semua orang akhirnya dia tertidur kembali. lol

Oh ya. Terlihat Hakuba juga menyerang perempuan di Rommel. Jadi jelas gentleman yang satu ini menyerang tanpa pandang bulu. Tidak seperti gentleman sejati kita yaitu Sanji. xD

8. Final! Battle royal antar 4 pemenang kah? Karena kalau formatnya duel 1 vs 1, turnamen ini akan semakin banyak memakan waktu. Sepertinya hal itu tak bisa dilakukan. Si Ahli menghindar Blok D, Si Ahli pertahanan Blok B, Si Ahli serangan frontal Blok A dan Wild Card Blok C. Rebecca, Bartolomeo, Burgess dan Sabo sebenarnya akan sangat menarik disatukan di atas arena. Jelas Barto akan berusaha bekerja sama dengan Sabo. Dan hitung-hitungan cerdas orang pertama yang harus dikalahkan di atas arena adalah Jesus Burgess. xD Jujur saja aku sama sekali tidak bisa membayangkan bagaimana final akan terjadi. Tapi yakin saja kalau Odacchi akan meramunya secara luar biasa. 

Adegan beralih ke Istana. Doflamingo membawa secara khusus Raja Riku ke istana. Mungkin untuk menyaksikan kegagalan keluarganya yang sedang melakukan perlawanan. Cucunya, Rebecca dengan keberuntungannya (Hell Dofla! Sabo tidak sependapat) berhasil maju ke babak final turnamen untuk memperebutkan Mera Mera no Mi. Putrinya, Viola berkeliaran dengan tujuan membantu aliansi Straw-Heart untuk menaklukkan Doflamingo. Di hari yang sama Riku Family serentak melakukan perlawanan terhadap Doflamingo! 

Adegan yang Awsum saat Doflamingo mendudukkan Law yang sekarat di atas Kursi Hati. Sadis bukan? Seolah-olah Doflamingo mau berkata :
"Sekarang diamlah di kursi itu! Aku telah mengosongkan kursi hati itu untukmu selama belasan tahun!"

9. Betapa salahnya sang Mastermind kali ini. Setiap kalimat yang dia katakan tentang Topi Jerami adalah salah. Kapan Doflamingo menyadari kalau dirinya sudah tidak memegang kendali situasi di Dressrosa? Saat semua sudah terlambat?

-"Luffy si Topi Jerami tidak akan meninggalkan Colosseum sebagai manusia"
SALAH! Luffy walaupun di dalam kostum boneka telah meninggalkan COlosseum

-"Cyborg Franky sedang menyerang Rumah mainan sendirian. Dia tidak berharap bisa menandingi opsis-opsir ku bukan?"
TET TOT! SALAH! xD Lihat saja Suppa Franky akan mengalahkan Senor Pink segera setelah dia memahami apa kekuatan culas musuh. Hell, Franky menghajar dua opsirmu lo di Punk Hazard.

-"Mereka takkan pernah mencapai bawah tanah"
Sweet.. tapi SALAH! xD Usoland dan Robiland mengomandoi ratusan (?) pasukan TOntatta telah bergerak mendekati Menara Opsir mengincar untuk Sugar.

10. Apakah Doflamingo meremehkan mereka? Tidak. Dia tidak sedang meremehkan mereka. Dofla justru sangat tahu kalau meremehkan Topi Jerami dirinya lah yang akan terpanggang. Jadi sejak awal dia sudah menyiapkan segalanya untuk menghadapi Topi Jerami. Dia bahkan menjadikan Mera Mera no Mi sebagai hadiah utama di Coloseum! Untuk apa? Supaya dia bisa menarik Luffy ke coloseum, menahannya disana! Segera setelah dia mengetahui rencana asli Law yaitu menghancurkan Pabrik Smile, dia juga langsung memerintahkan 4 Pasukan petarung menjaga 4 penjuru pintu rumah mainan! Karena menurut Doflamingo melalui 4 pintu itu adalah satu-satunya cara untuk menuju ke Pabrik Smile. Tentu saja dia tak tahu Suku Tontatta telah membuat sebuah terowongan kecil bawah tanah bukan?

Yup. Doflamingo tidak sedang meremehkan mereka. Barangkali Senor Pink pun akan menerima bantuan Opsir lain untuk memastikan kemenangan terhadap Franky. Hanya saja Doflamingo tidak tahu banyak tentang mereka. Mereka bukan bajak laut biasa. Sifat alami Topi Jerami adalah mereka akan menemukan aliansi dimanapun mereka pergi. lol. Mungkin terkena virus dari Sang Kapten. Bahkan seorang Doflamingo tidak akan bisa menebak kalau kepopuleran Luffy akan membuat pemenang Blok A, Bartolomeo menjadi fans sejatinya. Tak bisa menebak kalau keacuhan Luffy akan membuat Don Chinjao Dan Hapou Navy yang semula lawan memutuskan untuk menjadi aliansinya. Dan tak pernah berpikir kalau ketulusan Luffy akan membuat seorang Bellamy membantunya keluar dari Colosseum! 

Jika saja Bellamy tidak menolong Luffy keluar dari Colosseum? Luffy tetap akan berada di dalam sana sesuai keinginan Doflamingo. Jika saja Bartolomeo yang fans Luffy tidak menolong Bellamy dari serangan Dellinger? Luffy juga masih akan tetap ada disana! lol xD Dan jika saja Third Party (Sabo) tidak muncul tiba-tiba, Luffy juga takkan bisa pergi dengan diam-diam. Banyak sekali faktor yang tak bisa ditebak bahkan oleh Mastermind seperti Doflamingo yang menyebabkan Kelompok Topi Jerami sekarang berada selangkah lebih unggul dari dirinya.

11. That's Our Captain. But Here we go, The Crew! Bahkan seorang Mastermind seperti Doflamingo takkan bisa menebak kalau kebohongan seorang Usopp akan membuatnya memiliki ratusan pasukan Tontatta yang bersedia mengikutinya! Usopp (yang dikenal Dofla sebagai Sogeking) justru adalah masalah terbesar dalam strategi Doflamingo! xD Kenapa? Karena dia sedang menuntun pasukan Tontatta yang berniat melakukan Coup D'Etat! Inti dari seluruh strategi Law dan Doflamingo adalah Pabrik Smile. Doflamingo sudah berusaha sebaik mungkin untuk menghalangi musuh mendekati daerah itu. Tapi coba tebak? Usopp dan Robin sudah begitu dekat! xD Bahkan tanpa diketahui! 

Di sisi lainnya, Doflamingo juga sama sekali tak pernah berpikir kalau kemesuman Sanji akan membuat Violet membantu mereka! xD Padahal nyata sekali kalau Violet memiliki peran sangat besar dalam Kru Doflamingo. Bayangkan kalau Violet tidak membelot? o_o Seluruh pergerakan Topi Jerami akan diketahui musuh! Violet sejauh ini sangat berguna, dimana dengan bantuannya Sanji bisa tiba tepat waktu untuk menghadang Doflamingo yang berniat menghabisi kru di atas Sunny. Kali ini pun sepertinya dia akan menjadi pemandu yang pas menuju ke istana!

Kita tak perlu menghitung bagaimana Franky bisa berteman dengan pemimpin Coup D'Etat yaitu Soldier-San. xD Atau Bagaimana Zoro bisa dekat dengan kurcaci kikuk bernama Wicca. Sudah tidak perlu heran dengan kemampuan seluruh anggota topi jerami mendapatkan teman. lol

Elements of Chaos (kekacauan) dalam diri kelompok Topi Jerami terlalu besar. Tak ada strategi di dunia ini yang bisa menghentikan mereka. xD LOLOL.

12. Selain melalui rumah mainan, ternyata ada cara lebih umum untuk menuju ke istana. Yaitu melalui pintu masuk yang terlihat dari luar. Tapi untuk bisa masuk ke dalam lift itu harus ada surat ijin masuk. Bagaimana cara Violet membuat mereka masuk kesana? Apakah mereka akan membuat kegaduhan? atau apakah Violet akan membawa mereka ke jalan masuk lain? Ingat dari Rumah Mainan juga ada lift menuju istana. Tapi tentu untuk masuk ke rumah mainan, seorang opsir sudah siap menghadang.

Sepertinya Senor Pink memiliki gaya bertarung gulat. lol. Dia sedang melakukan German Suplex kepada Franky. xD Aku semakin tak tahu apa gunanya pedang yang dia bawa 10 tahun silam. Gaya bertarung gulat lebih cocok dengan buah iblisnya yang membuatnya bisa berenang dimanapun (kecuali air).

Sedikit adegan di bawah tanah bagaimana Usoland dan Robiland berjalan dengan kasual saat berpapasan dengan musuh sangat luar biasa. xD Sementara di sekitar mereka para kurcaci bergerak dengan cepat dalam diam. Sedikit demi sedikit mendekati sasaran.

13. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Pada titik ini sangat sulit untuk ditebak. Kelompok Luffy masih akan mendapat sedikit kesulitan mencapai istana. Suppa Franky harusnya bisa mengakhiri perlawanan Senor Pink dan menuju ke rumah mainan, untuk membuat kekacauan yang lebih besar di dalam sana. (Ng.. Aku fans berat Franky, jadi mungkin opiniku sedikit bias. lol) Cavendish dan seluruh peserta blok D yang kalah harusnya sesuai pola akan menjadi mainan. xD Aku tak bisa membayangkan ada boneka dua kepribadian saat Cavendish jadi mainan. Hakuba bisa menjadi boneka setan yang menyeramkan, bukan? lol. Akan bagus kalau kita bisa melihat kondisi terakhir Thousand Sunny minggu depan.

Final telah tiba. Fakta bahwa Odacchi membiarkan Rebecca menjadi pemenang berarti gadis kecil ini masih memiliki peran sangat besar di Colosseum. Sabo sendiri entah kenapa hingga sekarang masih disembunyikan mukanya. Luka bakar di wajah kah, Oda? Bisa jadi chapter berikut adalah persiapan babak final Colosseum. Aku sebenarnya menantikan reaksi para pemenang Blok. Dimana mereka lupa siapa saja yang telah mereka kalahkan di pertarungan blok, karena yang kalah semuanya telah dijadikan mainan! xD Di Blok B contohnya, jangan-jangan Bartolomeo hanya ingat dia telah bertarung dengan Bellamy dan Ricky saja. Oh ya, Don Chinjao juga tak terlihat. Tidak salah mengasumsikan kalau dia juga telah menjadi mainan.

Doflamingo telah tertinggal dalam permainan ini. Kesalahannya bukanlah karena meremehkan kemampuan musuh. Tapi karena ketidaktahuan terhadap apa yang dihadapi. Salah telah mengira Topi Jerami semata-mata bajak laut kecil biasa beranggotakan 9 orang. Mereka jauh-jauh lebih besar dari itu. Pasukan Revolusioner bahkan berada di sisi mereka saat ini (Sabo dan Koala). lol

Violet dengan Sinnregan-nya sepertinya memahami situasi. Dia juga tahu kalau Luffy telah keluar dari Colosseum dan sengaja menunggunya di dekat lift istana. Giro Giro no mi sangat ampuh dalam situasi ini! 

Chapter pembukaan 2014 yang suppa awsum. Berharap akan banyak lagi chapter yang lebih OPIC mengikuti di tahun ini. Dan semoga aku bisa terus konsisten menulis review seperti di tahun 2013. Overall Punch Line (kalimat pamungkas) di chapter ini dikatakan oleh Wicca.

"Kelompok Topi Jerami-Usolanders adalah pengecualian"

LOLOL. xD SALAM SUPPAAAA!!!!

source : Bung Tony


Terimakasih telah membaca Review One Piece 734  semoga bermanfaat.


keywords: Review One Piece 734, Ulasan One Piece 734, Prediksi dan Teori One Piece 734

4 Comments

  1. tambahan gan..untuk kekuatan cavendish keknya ada waktu aktivasinya..coba agan perhatikan, saat gelembung tidur cavendish meletus si hakuba langsung keluar, kemudian sesaat setelah menyerang rebecca, gelembung tidur cavendish muncul lagi. segera setelah itu si hakuba pun lenyap menjadi cavendish biasa yg melanjutkan tidurnya..cekibrot..^^

    ReplyDelete
  2. Mantap gan review nya,moga terus update,supa!

    ReplyDelete
  3. Mantap reviewnya, detail dan gak kepikiran ada analisis kayak gitu. KEREN!!!!!!!!!!

    ReplyDelete

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments