Review One Piece 738

Review One Piece 738 Assalamua'laikum... Salam nakama!  Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba! Update Komik One Piece 738! Berikut ini adalah ulasan, review, dan teori dari teman saya Bung Tony aka Tonyohoho


op738


Review One Piece 738Selamat siang Nakama One Piece semua salam suppa!! Seperti biasa sehari setelah chapter rilis, kita bahas isinya secara tuntas. Salam suppa nakama semua. Setelah libur seminggu One Piece kembali lagi minggu ini dengan chapter 738-Opsir Spesial Pasukan Trebol 'Sugar'. Tidak seperti chapter-chapter belakangan ini yang memiliki Pace sangat cepat dimana pembaca diajak loncat dari adegan satu ke adegan yang lainnya dengan meninggalkan banyak detail di masing-masing cerita. Chapter ini pace melambat, adegan fokus kepada daerah di bawah tanah Dressrosa! Chapter-chapter sebelumnya memang menjanjikan banyak info dan adegan wah yang terjadi karena saat adegan loncat-loncat, yang diperlihatkan hanyalah bagian penting dari setiap tempat, detail cerita yang mungkin seharusnya menarik untuk diikuti terpaksa harus dilewatkan.

Rupanya petualangan Usoland dan yang lain menghadapi Sugar dalam Operasi SOP mendapat perhatian khusus dari Oda. Dia mendedikasikan satu chapter penuh untuk operasi ini! Layak saja karena operasi SOP akan merubah situasi secara besar-besaran jika berhasil (tentunya akan berhasil, yang jadi pertanyaan adalah bagaimana caranya dan kapan terjadinya). Turning Point of The Story ini harus diperhatikan secara khusus karena akan merubah semua situasi di seantero Dressrosa. Seperti beberapa kali kita bahas sebelumnya, saat Sugar tumbang Colosseum akan kacau balau. Doflamingo pada akhirnya akan mendapati dirinya dalam kondisi yang tak pernah dia pikirkan. Seluruh peserta Colosseum yang sebelumnya dijadikan boneka akan memberontak. Kekacauan akan terjadi di istana, di Colosseum, di bawah tanah, di seluruh tempat di Dressrosa! Mass Coup D'Etat akan mewarnai negeri seketika! Kita tak bisa membayangkan bagaimana Oda menggambarkan adegan saat dimana memori-memori seluruh penduduk kembali seperti semula. Ingatan tentang The Powerful Kyros. atau saat Rebecca mengingat kembali tentang ayahnya.

Kapan Sugar akan dikalahkan? Apakah hanya perlu 1 atau 2 chapter lagi? Ataukah kita masih perlu menunggu beberapa lama? Menurutku tidak dalam waktu dekat. Banyak halangan yang akan dilalui Usoland dan Robiland untuk menyukseskan rencana ini. Rencana awal Tatababasco telah gagal di chapter ini. Rencana cadangan Robin "serangan ngengat merah muda" juga tak membawa mereka kemana-mana. Takkan semudah itu tentu saja. Titik vital itu takkan mudah goyah. Kita masih harus menunggu. Seluruh situasi lain di Dressrosa masih kepalang tanggung! Colosseum belum mencapai klimaks! Luffy bahkan belum bertemu Doflamingo! Pica belum memojokkan Zoro. Kinemon belum menemukan musuhnya! Kanjuro dan Manshelly belum diperlihatkan! Franky 'masih' belum terdesak! Kalau Sugar tumbang sekarang Pace cerita akan semakin berantakan. Odacchi akan mencocokkan semua situasi sebelum membuka panggung kekalahan Sugar. Karenanya Usoland masih harus menunggu untuk unjuk gigi.

Di lain sisi yang paling menarik bagiku di chapter ini justru adalah ditunjukkannya pada kita tentang tata ruang Pabrik Smile. Pabrik semi-alami yang menggunakan pepohonan dicampur dengan cairan kimiawi SAD ini memberiku ide bagaimana asal muasal Buah iblis sebenarnya. Kalian bisa membacanya teori tentang 'The Origin of Devil Fruit' di review ini. Here we go the review!

1. Ilustrasi cover yang manis saat Suppa Franky disandingkan dengan sekumpulan Hamster yang imut. Permintaan yang lagi-lagi datang dari Nodaskywalker dari Osaka. Orang yang juga meminta ilustrasi sebelumnya tentang Zoro dan gerombolan primata. Franky digambarkan sedang membuatkan sekumpulan Hamster (sebagian sedang mengemut biji bunga matahari) sebuah rumah mainan. Sayang sekali walaupun ada sebuah tangga spiral, Franky melupakan sebuah seluncuran dan kincir yang merupakan benda favorit Hamster.

2. Tentu saja adegan masih membawa kita ke dalam Menara Eksekutif dimana Leo bersiap melancarkan Rencana "Tatababasco". Rencana yang jika dilaksanakan kemungkinan besar akan gagal ini terselamatkan oleh seekor lalat yang terbang liar di dekat Trebol. Ng.. Mungkin Lalat itu terbang mendekat karena Trebol begitu jorok terutama dengan ingusnya yang berjuntai-juntai x_x Jadi sudah dipikirkan sedemikan rupa oleh Odacchi. Bukan kejadian acak aka kebetulan yang sekedar menguntungkan karakter protagonis. Haha. Awsum.

Dan disinilah Trebol unjuk gigi. Dengan kegesitan di atas rata-rata, dikatakan Robin seseorang yang memiliki koordinasi antara mata dan gerakan tangan yang mumpuni Trebol melontarkan lalat kecil yang terbang itu ke luar menara! Dan tepat mengenai titik di antara kedua matanya!! Begitu tajam penglihatan orang ini. Dan begitu akurat serangannya. Ingat seseorang yang pernah mengatakan kalau dia bisa menembak seekor semut tepat di antara kedua matanya? Yup.. Yasopp [Chapter 25-800 Kebohongan]. Mungkinkah kualifikasi Trebol dalam keakuratan membuat dia menjadi lawan yang pantas untuk adu Sniping dengan sniper kita, The Almighty Usoland?

Oh ya. Ada dua pertanyaan timbul saat adegan Trebol vs Lalat berlangsung. Pertama adalah kenapa tubuh Lalat tersebut tetap utuh padahal dinding tempat dia terhantam hancur lebur. Kedua adalah kenapa peluru Trebol tidak lengket pada lalat tersebut. xD Haha. Kita kesampingkan dua hal tersebut. Bagaimanapun ini sebuah manga.

3. Kepala Robin tumbuh di luar menara (oke itu seram) untuk mengamati tubuh lalat yang diserang Trebol. Dengan cepat Robin menyimpulkan kekuatan musuh dan yakin kalau Rencana tatababasco akan berakhir dengan kegagalan. Walaupun Leo agak yakin dia takkan bernasib sama dengan lalat barusan, keraguan sepertinya menghiasi wajahnya dan kurcaci lainnya. Robin serta merta menahan Leo dan memutuskan untuk membuat rencana lain.

Kemudian adegan berubah ke Pabrik Smile yang telah lama dinanti-nanti. Walaupun masih belum mendetail dijelaskan bagaimana proses pembuatan Smile, setidaknya kita bisa menerka-nerka hal tersebut dari layout yang nampak di chapter ini. Dengan beberapa tangki yang masih belum jelas apa saja isinya selain SAD, sebagian besar pabrik ternyata berupa Green-Factory yang berorientasi kepada alam. Terlihat di tengah-tengah adalah hutan Pinus-Like yang menghasilkan buah-buahan. Yang kita tahu buah-buahan tersebut merupakan buah iblis buatan. Atau cikal bakal buah iblis buatan karena ternyata hanya 1 di antara 10 hasil panen buah-buahan tersebut yang berhasil menjadi Smile! Dengan mencampuri SAD pada saluran irigasi, memberikan tumbuhan-tumbuhan tersebut nutrisi kimiawi buatan. Ternyata proses pembuatan Smile lebih alami dari yang dibayangkan! Dan kunci utama pembuatan buah iblis ternyata ada pada airnya. Informasi ini sangat menarik buatku. Mungkin sedikit membuka tabir bagaimana pembuatan buah iblis yang asli sebenarnya.

4. Nah. Sederhana sekali prosesnya. Tanaman biasa tapi irigasinya dicampur dengan suatu cairan misterius bernama SAD. Tanaman biasa ini menyerap nutrisi unik dari air yang tercampur tersebut. Nutrisi inilah yang kemudian membuat buah yang dihasilkan pohon-pohon biasa ini bisa menjadi Smile. Nutrisi inilah inti dari segalanya.

Here come the theory. Air adalah kunci dari segalanya. Dunia One Piece tak kebetulan didominasi oleh lautan. Tak kebetulan kalau cerita ini selalu fokus terhadap samudera yang mahaluas. Bagaimana kalau di dunia fantasi ini air adalah zat cerdas yang bisa merekam semua informasi? Dari segala penjuru dunia? Air dari berbagai tempat merekam beragam informasi dari sekitarnya. Dari hal mendasar seperti apa itu karet (gomu) atau apa itu magma (magu). Hingga ke informasi lebih spesifik seperti apa itu tatapan (giro) apa itu operasi (ope) apa itu berenang (sui). Air merekam semua hal itu. Semua kejadian. Informasi terlarut dalam air di seluruh dunia dalam bentuk substansi spesial, berbentuk materi. Kita sebut saja substanti itu substansi X. Substansi informasi. Tak banyak yang mengetahui keberadaan substansi tersebut. Karena memang tak ada tanda-tanda yang nyata akan hal itu.
Tapi seorang Vegapunk mengetahuinya (akan kita bahas lebih lanjut)

Kemudian bayangkan jika air dengan berbagai informasi dari seluruh dunia ini mengalir ke satu tempat? Terkonsentrasi di satu titik? Membentuk sebuah kolam misalnya? Terbentuklah Intisari lautan! Oh.. Kalian pasti familiar dengan All Blue. Tempat yang katanya terhubung dengan 4 samudera. Dalam skala yang besar air di seluruh dunia mengalir masuk dan keluar tempat itu. Pusat samudera. Perairan legendaris. Tempat yang kaya akan mineral. Kaya akan substansi X. Karena air disana hasil air konsentrat dari seluruh dunia. Adalah sebuah fakta kalau ikan akan berkumpul di perairan yang memiliki mineral/nutrisi tinggi. Karena disana akan berkembang biak plankton untuk makanan mereka. Sebuah kebetulan kah saat Sanji berkata ikan-ikan dari seluruh penjuru dunia berkumpul di tempat itu? [Chapter 56-Mati saja kau] Tidak. Tentu saja

Raftel adalah pulau terakhir di Dunia Baru. Dan aku mengasumsikan All blue adalah sebuah perairan (semacam danau) di pulau tersebut yang memiliki aliran bawah tanah yang terhubung ke seluruh samudera di dunia. Danau yang kita sebut sebelumnya sebagai pusat samudera. Didekat danau itulah tumbuh berbagai jenis tanaman. Berbagai jenis buah-buahan. Prosesnya sama dengan pembuatan smile. Tumbuhan alami ini mendapat nutrisi khusus dari intisari lautan. Menyerap substansi X yang berisi informasi. Jadilah buah iblis!! Ketika sebuah tanaman melon menyerap substansi X berisi informasi tentang karet, jadilah gomu gomu no mi! Ketika pohon pisang menyerap informasi tentang jerapah, jadilah Ushi Ushi no Mi! Atau ketika buah nenas menyerap informasi tentang info spesifik 'tercerai berai', jadilah Bara Bara no mi!! Substansi X inilah cikal bakal buah iblis yang beragam. Substansi informasi inilah yang menjadi inti dari semuanya.

Oh ya, selain di All Blue yang airnya kita asumsikan terkonsentrasi sangat kuat, di daerah lain konsentrasi substansi X kurang cukup untuk mempengaruhi tanaman sekitar. Karenanya tak ada tanaman lain yang menumbuhkan buah iblis selain di Raftel.

5. Begitu matang, buah-buah iblis ini (mungkin karena faktor alam, hewan atau yang lain) terjatuh kembali ke dalam danau. Karena di pusat samudera aliran air tidak hanya mengalir masuk tapi juga keluar, buah buah ini terseret arus dan tersebar ke seluruh dunia. Dunia Baru yang tentunya lebih dekat dengan Raftel, membuat buah iblis lebih mudah ditemukan di kawasan ini. Sementara itu sangat jarang buah iblis ditemukan di 4 Samudera Blue karena sangat jarang buah iblis yang bisa terseret jauh hingga ke sana!!! Robin saat kecil mungkin menemukan Hana Hana no Mi di pantai Ohara dan tak sengaja memakannya. Atau Law menemukan ope ope no mi di tepi pantai suatu tempat dan memakannya karena penasaran. Menurutku begitulah asal muasal para pengguna buah iblis bertemu dengan buah iblis mereka. Di tepi pantai! Pengecualian situasi khusus seperti Luffy yang memakan buah iblis punya Bajak Laut Rambut Merah atau Buggy yang memakan hasil rampasan perang.

Begitu seseorang memakan buah iblis. Substansi X akan berpindah ke tubuh si pemakan. Menulis ulang DNA dan menambahkannya dengan informasi yang dia bawa. DNA Luffy telah ditulis ulang dan ditambah dengan informasi tentang 'karet' sehingga dia menjadi manusia karet sesaat setelah dia memakan buah iblis Gomu Gomu no Mi. DNA Violet ditulis ulang dengan informasi 'tatapan' sehingga dia memiliki kemampuan spesial dari tatapannya saat memakan Giro Giro no Mi. Begitu pula pemakan buah iblis lainnya. Saat Blueno berkata kalau para ilmuwan Grand Line telah menemukan bagaimana teori proses transfer kemampuan dari buah iblis ke pemakannya, menurutku seperti inilah penjelasannya [Chapter 385-Ada jalan]. Blueno juga mengatakan bagaimana kalau seseorang memakan dua buah iblis sekaligus tubuhnya akan meledak. Wajar saja! Tubuh manusia biasa takkan tahan menerima dua informasi sekaligus. Takkan bisa bertahan jika DNA-nya harus ditulis ulang dan ditambahkan untuk kedua kalinya. Untuk kasus Teach akan kita bahas di lain kesempatan, karena sepertinya tubuhnya sangat khusus.

Dan mungkin itu alasan kenapa buah iblis sangat tidak enak. Karena buah ini kandungan mineralnya sangat tinggi xD Buah pare contoh buah pahit yang kandungan gizinya begitu tinggi.

6. Pertanyaan selanjutnya apa itu SAD? Dan kenapa hanya Zoan saja? Pertanyaan menarik dan entah kenapa akan terjawab. Camkan kalau berikut ini adalah karangan bebas yang kubuat dan hanya sekedar teori. Vegapunk yang super jenius kuasumsikan meneliti beberapa buah iblis. Setelah sekian lama akhirnya dia sampai pada kesimpulan tentang adanya substansi X pada buah iblis tersebut. Substansi informasi. Yang ternyata berbeda pada setiap buahnya! Vegapunk dengan kejeniusannya akhirnya mengerti bagaimana awal proses pembentukan buah iblis. Bagaimana di suatu tempat yang tak tercapai di ujung dunia sana (kecuali oleh bajak laut Roger) ada air 'ajaib' yang bisa membuat tanaman biasa menghasilkan buah iblis!

Selanjutnya? Vegapunk mencari cara membuat air ajaib serupa dengan cara mengekstrak informasi, membuat substansi X versinya sendiri. Dia tak mungkin mengekstrak informasi dari info spesifik seperti tergelincir (sube), gelembung (awa) dll yang bukan materi. Juga sukar mengekstrak informasi dari materi seperti api, es, cahaya dll yang terdiri dari banyak unsur. Paramecia dan Logia berada diluar pilihan membuktikan keterbatasannya sebagai manusia. Tapi dia bisa mengekstrak informasi dari makhluk hidup. Tanya kenapa? Karena Gen! Law mengatakan SAD bercikal bakal dari pengaplikasian Lineage Factor (faktor keturunan) yang ditemukan Vegapunk [Chapter 698 : Munculnya Doflamingo]. Dan gen tak salah lagi dikenal sebagai Faktor Keturunan tersebut. Vegapunk tahu, dengan gen dia bisa mengekstrak informasi dari DNA suatu makhluk hidup! Uji coba pertamanya ekstrim. Dia langsung mengambil Gen dari makhluk mistik yaitu Naga. Dengan ekstrak gen tersebut dia membuat cairan prototype SAD. Berusaha meniru substansi X buah iblis asli. Dengan menyiram suatu tanaman dengan prototype SAD secara berkala, akhirnya dia menghasilkan suatu buah iblis! Tapi ada kejanggalan. Pola buah tersebut tidak melingkar tapi bulat aneh. Buatan manusia memang takkan menyerupai karya alam. Menganggap buah iblis itu karya gagal, dia menyimpannya di sebuah tabung kaca di Punk Hazard. Menghentikan penelitian. Kita tahu nasib buah itu selanjutnya bukan? Momonosuke memakannya.

Caesar Clown mencuri thesis Vegapunk tentang Lineage Factor dan Substansi X ini. Membuat SAD versinya sendiri! SAD versi Caesar (Mungkin singkatan dari Substance of Artificial Devilfruit) adalah sebuah cairan yang isinya adalah substansi Genetik dari berbagai jenis hewan! Informasi dari beragam satwa! Caesar mengekstrak gen dari berbagai jenis hewan dan jadilah SAD. Jangan tanya dimana CC mendapatkan hewan-hewan untuk penelitian. Ga lupa dong kalau banyak potongan tubuh hewan dimanfaatkan Law untuk memodifikasi pasukan Punk Hazard? Potongan buaya, jerapah, domba, kuda, sayap burung dan lain-lain. Bisa tebak darimana potongan-potongan hewan itu berasal?

Doflamingo dengan memanfaatkan suku Tontatta membuat pabrik semi-alami. Memproduksi buah iblis buatan dengan skala besar. Jadilah Pabrik Smile. Dan hasilnya diperdagangkan dengan pembeli utama yaitu Kaidou. Tapi yang namanya buatan, walaupun dibantu oleh Suku tontatta yang ahli tanam-menanam, persentase kesuksesan Smile tak lebih dari 1 banding 10. SAD pun tak sepenuhnya bisa meniru peran substansi X. Karenanya Smile seperti buah iblis buatan Vegapunk tidak memiliki pola melingkar layaknya buah iblis alami.

7. Opposite. Apapun yang ada di alam semesta diciptakan berpasangan. Pria-wanita, atas-bawah, cahaya-kegelapan, positif-negatif, elektron-proton dan lain-lain. Lautan di dunia One Piece kita asumsikan kaya akan substansi X yang mengandung beragam informasi. Tapi lautan tidak hanya mengandung itu. Ada substansi lawan. Yang me-negasi fungsi substansi X. Melemahkannya. Jika kuantitas sama, bisa saling menetralkan. Apa itu? Kairouseki atau batu laut.

Substansi bernama batu laut inilah yang merupakan pasangan Substansi X. Saling berlawanan. Saling melemahkan. Itulah alasan kenapa pemakan buah iblis yang ditubuhnya ada substansi X dari buah iblis yang dia makan lemah terhadap batu laut! Bahkan kemampuan mereka bisa sepenuhnya dinetralisir. Alasan yang sama kenapa pemakan buah iblis (bahkan seorang manusia ikan seperti Vander Decken) ditolak lautan. Karena tubuh mereka melawan balik Kairouseki yang terkandung dalam air yang tergenang!

Kenapa saat pemakan buah iblis tewas buah biasa didekatnya akan menjadi buah iblis tersebut? Sederhana. Saat pemakan buah iblis tewas, substansi X akan terlepas/menguap dari tubuh mereka. Jika beruntung, substansi X ini bisa ditangkap buah biasa yang ditaruh di dekatnya. Itulah yang terjadi di Punk Hazard saat Smiley tewas dan buah apel biasa di dekatnya berubah menjadi buah iblis. [Chapter 676-Senjata Pemusnah Massal]:D

Pengetahuan tentang substansi X ini juga membuat Vegapunk berhasil menggabungkan buah iblis dengan benda mati. Vegapunk tinggal mengekstrak substansi X dari buah iblis tersebut, dan menyatukannya dengan material suatu benda mati. Benda mati tersebut ditulis ulang informasinya oleh substansi X. Jadilah pemakan buah iblis unik seperti Lassoo [Inu Inu no Mi model Dachshund], Funkfreed [Zo Zo no Mi] dan Smiley [Sara Sara no Mi model Axolotl].

That's it. The Theory.
Belum tentu benar tentu saja. Kemungkinan salahnya justru sangatlah besar. Tapi itu teori terbaik tentang buah iblis yang bisa kubuat dari data yang ada sekarang ini. Untuk kebenarannya kita harus menunggu seorang Profesor di manga menjelaskannya. Kuharap dalam waktu dekat.

"Untuk detail lebih lanjut, kalian harus menunggu seorang Profesor muncul dalam cerita, dan menjelaskan sejelas-jelasnya apa sebenarnya BUAH IBLIS.. Dalam waktu dekat" [SBS Vol 48]. Sayang sekali Oda terkenal tidak tepat waktu. Karena volume 48 sudah rilis beberapa tahun silam. lol

8. Masih bersamaku? xD Karena kita akan kembali kepada cerita. Para kurcaci ditipu. Keluarga Doflamingo menerapkan tanam paksa kepada mereka dengan kebohongan tentang Manshelly yang sedang mengidap sakit. Entah dimana Manshelly disekap, tapi sepertinya di tempat yang dekat. Karena sepertinya Kanjurou juga ada bersamanya. Oh ya, tak ada 'budak' yang lebih baik dari kurcaci bukan? Kekuatan fisik di atas rata-rata, ahli tanam-menanam dan mudah ditipu. x_x Suku ini harus ditangani orang yang benar kalau tidak beneran akan punah dengan cepat.

Rupanya hingga setahun silam, para kurcaci masih sering ke istana untuk meminta putri mereka kembali atau sekedar bertanya tentannya. Di sanalah mereka selalu ditipu tentang kondisi Manshelly dan akhirnya terjebak dalam sistem tanam paksa. Hingga Soldier-San memutuskan untuk memberitahukan mereka tentang yang sebenarnya dan akhirnya bersama merencanakan Coup D'Etat. lol

Adegan kembali ke Usoland dan Robiland. Rencana distraksi diluncurkan. Bian dan sepasukan penyengat merah jambu membuat kerusuhan di sektor 4 pelabuhan. Menyerang kelompok bajak laut bernama Ibusu (entah darimana Robin tahu namanya. Mungkin melalui kemampuan Hana Hana-nya). Robin melapor ke Trebol, berbohong kalau Ibusu tidak terima dengan harga yang ditetapkan. Keraguan Trebol menghilang segera setelah Robin mengatakan kalau ada korban akibat kerusuhan tersebut. Tipikal keluarga Doflamingo eh? Begitu mempedulikan bawahan mereka? Trebol meninggalkan menara, menguncinya. Tidak tahu kalau musuh sudah menyusup duluan.

9. Sugar sendirian. Kurcaci menantang langsung dari depan. Kepolosan mereka nyaris membuat mereka tertipu oleh Sugar, syukur Usopp menyadarkan mereka dari balik layar. Entah kenapa semakin kesini kecepatan kurcaci yang dibanggakan semakin tidak berguna. Lao G yang memulai. Sekarang Sugar (fisik anak kecil, walaupun usianya sudah dewasa) menunjukkan kalau dia bisa menyentuh para kurcaci dengan kecepatan luar biasa! Jurus Little Black Bears mengubah beberapa kurcaci menjadi boneka beruang! Buah iblis Sugar sudah merupakan buah iblis yang sangat culas, sekarang ditambah kecepatan? Loli ini semakin sukar untuk dikalahkan.

"Kalian akan mematuhi perintahku.. sampai mati". Itulah bunyi kontrak yang diberikan Sugar kepada Flapper dan yang lain. Kali ini dia hanya memberikan 1 kontrak. Cavendish sebelumnya diberi diberi dua kontrak. Yang kita asumsikan sebagai batas maksimal kontrak yang bisa diikat Sugar. Perintah pertamanya jelas, bunuh semua orang yang ada di dalam menara. Walaupun dirinya juga lagi berada di menara, Sugar akan baik-baik saja. Karena kontrak mengharuskan Flapper dan kawan-kawan untuk mematuhi Sugar sampai mati.

10. Leo yang melupakan teman-temannya yang jadi boneka akhirnya harus saling baku hantam. Rencana SOP semakin kacau balau. Tatababasco masih dipegang erat oleh Leo. Kuharap buah iblis Nui Nui no Mi menunjukkan kegunaannya. Menjahit dan menahan pergerakan seluruh musuh. Bahkan kalau beruntung, Leo bisa menjahit Sugar. Dengan catatan dia harus lebih cepat daripada gadis loli ini.

Sugar mengambil Den Den Mushi pengeras suara, memanggil-manggil Trebol. Distraksi yang susah payah diupayakan Robinchan gagal segera setelah Trebol memastikan kalau Ibusi tidak bermasalah dengan harga kontrak. Dengan kecepatan di atas normal, orang ini sekejap saja bisa menangkap Robin. Syukurnya Robin yang tertangkap hanyalah sebuah Clone Hana Hana.

Menyadari identitas wanita yang menipunya, Trebol langsung meledak-ledak. Tidak banyak pikir orang ini dengan jurus Beta Beta Chain, Beta Baton Meteora menarik sebuah kapal Galleon besar dan menghantamkannya ke menara!! Padahal ada Sugar di dalam sana! xD LOL

11. Ada beberapa catatan yang kubuat di chapter ini. Pertama adalah Beta Beta no Mi Trebol. Semakin kesini semakin mirip logia saja. Kalian bisa lihat di halaman 3 Trebol bisa menghasilkan elemen lengket. Terpisah dengan tubuhnya di dudukan berbentuk roda tank. Kemudian kita lihat kepalanya mutar saat dia berjalan bersama Robin. Tubuhnya yang tidak beraturan saat bergerak cepat. Membuktikan tubuhnya menjadi elemen lengket tersebut.

Ingat lagi konsep Logia. Mereka bisa 'menghasilkan' dan 'menjadi'. Sedangkan Paramecia hanya memiliki salah satu dari atribut tersebut. Luffy dan Joz adalah contoh mereka yang 'menjadi' elemen tapi tidak menghasilkan. Mr 3 dan Magellan adalah contoh mereka yang 'menghasilkan' elemen tapi tidak menjadi. Sedangkan Trebol sekali lagi menunjukkan kalau dirinya bisa keduanya! Yang aneh adalah.. Saat Trebol keluar bersama Robin. Dudukan berbentuk roda Tank yang sebelumnya penuh dengan elemen lengket dari Trebol menjadi bersih! Tak tersisa sedikitpun elemen lengket di dalam menara eksekutif saat Trebol meninggalkan ruangan. Kenapa? Apakah Sugar menyuruh Trebol membersihkan ruangan tersebut? lol

Catatan lain adalah tentang sifat pengecut Usopp. Ada masa dimana dia begitu berani di Fishman Island. Juga saat pertama datang ke Sabaody dari latihan dua tahun di Kepulauan Boin dia menunjukkan kepercayaan diri yang luar biasa. Tapi rupanya segera setelah memasuki Dunia Baru, tepatnya saat memasuki Punk Hazard, sifat pengecut itu kembali lagi. Robin-chan bahkan menyebut kalau sifat pengecut Usopp dua tahun silam muncul kembali [Chapter 655-Punk Hazard].

Apakah belum saatnya Usopp menjadi insan yang pemberani? Apakah ancaman Shin Sekai yang membuat Usopp seperti itu? Ataukah Odacchi mempunyai rencana lain dari sikap pengecut ini? Apakah Soge King suatu saat akan muncul kembali? Apapun. Di arc ini adalah harga mati bagi Usopp untuk unjuk gigi menumbangkan Sugar. Tak peduli kalau caranya tidak heroik ataupun konyol, dia tetap harus melakukannya. Karena dia sudah mengemban tugas yang sangat besar sebagai keturunan Noland (bohong). lol

Apa yang terjadi selanjutnya? Sikap Trebol yang meledak-ledak mungkin bisa membahayakan Sugar. Tapi Loli yang satu ini bisa bertahan diri dari hantaman kapal yang menghancurkan menara. Sugar takkan tumbang dalam waktu dekat. Chapter depan jelas masih akan dihiasi oleh kelanjutan kisah Usoland dan Robiland. Tapi kita akan segera menerima update dari tempat lain. Entah kapan Sanji dan Thousand Sunny mendapat giliran. Karena tempat mereka menjanjikan sesuatu yang luar biasa.

Bukan chapter yang WAH ataupun SUPPA OPIC. Tapi kuharap review ini bisa dinikmati.

SALAM SUPPAAAA!!!

source : Bung Tony


Terimakasih telah membaca Review One Piece 738  semoga bermanfaat.


keywords: Review One Piece 738, Ulasan One Piece 738, Prediksi dan Teori One Piece 738

0 Comment "Review One Piece 738"

Post a Comment

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments