Review One Piece 745

Review One Piece 745 Assalamua'laikum... Salam nakama!  Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba! Update Komik One Piece 745! Berikut ini adalah ulasan, review, dan teori dari teman saya Bung Tony aka Tonyohoho


op745


Review One Piece 745Selamat pagi Nakama One Piece semua salam suppa!! Seperti biasa sehari setelah chapter rilis, kita bahas isinya secara tuntas. 
~Boneka Benang, Serangan Psikologi dan Permainan Survival~

Salam suppa nakama semua! Setelah libur sepekan, One Piece kembali lagi dengan chapter 745-Sangkar Burung! Opic seperti biasa. Dikatakan awsum juga bisa. Wujud dua kata yang mengundang rasa penasaran para pembaca di akhir chapter sebelumnya terkuak sudah. Sangkar Burung raksasa yang terbuat dari benang! Mimpi buruk kembali jatuh ke Negeri Cinta, Hasrat dan Mainan. Ketika banyak insan bersuka ria karena kutukan Hobi Hobi telah terangkat, tiba-tiba saja mimpi buruk yang lain berganti menimpa mereka. Laksana keluar mulut harimau, masuk mulut buaya. Penderitaan belum berakhir. Duka masih jauh dari kata usai. Doflamingo berusaha membalikkan situasi dengan cara yang sangat sadis, tapi patut diakui itu cara yang cerdas. Bantai semuanya. Biarkan mereka saling bunuh. Saling menghabisi. Permainan survival dimulai. Survival kedua dalam Manga ini, karena Survival pertama pernah terjadi di tanah suci 10.000 meter di atas permukaan laut, Upper Yard.

Terkuak pula trik cerdik menyelamatkan diri Doflamingo, entah bagaimana caranya dia membuat boneka benang yang persis menyerupai dirinya. Boneka yang bisa berbicara. 100 persen persis aslinya dan terlihat seperti terbuat dari darah dan daging. Seperti itu semua belum cukup, si boneka benang juga bisa menggunakan jurus benang! Goshikito "Benang Lima Warna" melukai punggung Luffy. Apakah Buah Ito Ito semakin menasbihkan diri sebagai buah iblis terculas yang pernah ada?
Langsung saja reviewnya!

1. Chapter dibuka dengan Doublespread berwarna. Menampilkan Kru Topi Jerami yang sepertinya sedang menikmati hari "Bersih-Bersih". Di sbs volume 51, Odacchi pernah bilang kalau Nami dan Robin mencuci pakaian mereka setiap hari. Sementara 7 lelaki di atas kapal mencuci borongan secara mingguan! Haha. Mungkin hari itulah yang digambarkan di cover ini. Luffy dan Chopper mengacaukan hari, bersama Sanji sepertinya bertugas menyapu-nyapu halaman berumput. Nami dengan serius menjemur pakaian, begitu pula Zoro yang bertugas mencuci. Usopp tak lepas dari meriamnya, sementara Franky menggunakan moncong meriam sebagai penyemprot air. Menarik adalah interaksi Brook dan Robin di belakang. Robin yang membawa tumpukan pakaian--diantaranya ada daleman--sedang beragumentasi dengan Brook. Jelas sudah apa yang lagi mereka bicarakan. Brook sedang meminta daleman Robin! Haha.

Nah, cover chapter depan yang justru menarik untuk ditunggu. Apakah akan ada Ilustrasi Permintaan dengan tokoh lain selain Aokiji, ataukah kita akan lanjut langsung ke Cover Story. Yang kedua berarti sosok Aokiji diistimewakan oleh Odacchi karena satu-satunya tokoh di luar kelompok Topi Jerami yang mendapat jatah tersebut. Tapi kalau ada tokoh lain mendapat jatah serupa, kita tak perlu mempermasalahkan hal itu lebih lanjut. haha

2. Adegan pertama langsung ke Pabrik Smile. Pernyataan mengejutkan keluar dari mulut keroco Doflamingo. Pabrik Smile dindingnya ternyata terbuat dari Batu Laut! Sangat wajar kalau kita pikirkan kembali semuanya. Doflamingo menempatkan Pabrik Smile sebagai prioritas utama. Pabrik itu adalah satu-satunya hal yang mengamankan simbiosis mutualisme-nya dengan Kaidou! Dimana Kaidou memperoleh pasokan buah iblis buatan yang tak terbatas, sementara Doflamingo mendapat jaminan keamanan bertransaksi di dunia bawah dengan dukungan dari salah satu dari 4 Kaisar! Siapapun yang ingin menjatuhkan Doflamingo, pabrik Smile jelas akan menjadi sasaran yang paling masuk akal. Mastermind mengamankan aset berharganya itu dengan pondasi yang luar biasa. Ketika Law mengincar pabrik itu, Doflamingo sudah bersiap karena pabrik itu takkan mudah diluluhlantakkan.

Seperti pondasi dari Batu Laut masih belum cukup mengamankan asetnya, tak tanggung-tanggung Doflamingo meminta dua top opsirnya untuk mengamankan! Diamante dan Trebol berdiri tegak menantang siapapun yang hendak mendekat. Begitu nyata terlihat mereka berdua tak kesulitan membantai keroco yang menyerbu. Sayang sekali petarung kelas atas seperti Cavendish dan Don Chinjao sepertinya masih menahan diri.

Oh ya. Pondasi yang tak memungkinkan untuk diterobos secara brutal dari luar membawa kita kembali ke cara klasik. Temukan kunci masuk Pabrik. Hancurkan Pabrik Smile dari dalam. Itulah satu-satunya cara untuk menghancurkannya. Satu-satunya cara menuntaskan misi utama Aliansi Straw-Heart yang belum juga terlaksana. Siapa yang memiliki kunci pabrik tersebut? Logika sederhana adalah top opsir seperti Diamante dan Trebol memilikinya. Jadi untuk memasuki Pabrik, pertama-tama adalah tumbangkan siapapun yang memiliki kuncinya. Lebih pelik dari yang kau kira Suppa Franky.

Aku yakin batu laut tahan tebasan pedang, atau tetap tak bergeming dibakar api. Kepala lancip Chinjao juga akan sukar membelahnya. Pun tinju raja dari Elisabello. Bahkan mungkin The Dragon Technique Sabo yang berbasis titik lemah segala hal akan kesulitan menembusnya. Tapi apakah laser Franky juga tak bisa menghancurkan batu laut? Menarik sekali menanti hal ini. Karena daya penghancur dan kemampuan menembus laser "Kizaru" sejauh ini berada di tingkat atas dunia.
Liciknya Odacchi adalah satu-satunya orang yang bisa mengobrak-abrik Batu Laut sedang terkukung kemampuannya. Law dengan Ope Ope no Mi ironisnya sedang terborgol batu laut! Yang kuncinya sekarang entah menghilang kemana.

3. Robin bertemu kembali kolega-nya di Pasukan Revolusi! Jelas saja. Robin posisinya begitu diistimewakan disana. Tentunya ingat ketika pertama kali bertemu Bunny Joe di Tequilla Wolf, Robin diperlakukan bak Ratu Revolusi. "Cahaya Revolusi", julukan pasukan revolusi untuk Robin! [Chapter 593-Berita]. Seluruh anggota Revolusi saat itu berusaha semampunya membuat Robin merasa nyaman bersama mereka. Jadi sudah sangat sewajarnya Robin mengenal petinggi-petinggi Revolusi! Apalagi 2IC (Second-in-Command) seperti Sabo! Juga tak membingungkan dia kenal orang-orang macam Koala dan Hack. Kenapa Robin tidak memberitahukan Luffy tentang Sabo lebih awal sudah kucoba jelaskan di Review sebelumnya.

Hubungan yang begitu hangat antara mereka terlihat ketika Robin dipeluk 'mesra' oleh Koala. Juga ketika Robin begitu riang memperkenalkan si Juru penyelamat Usoland kepada mereka. Haha. Sabo menimpali dengan berkata lebih baik membiarkan orang yang satu itu lebih baik istirahat saja.

4. Doflaemon! Tiba di bawah tanah. Sepertinya masih belum mengerti kalau strategi SOP telah berhasil! Tidak, sebelum ada yang menjelaskan kepadanya. Haha. Karena itu dia tak tahu Doflamingo sedang dibenci nyaris seluruh manusia di Dressrosa. Menyamar sebagai Doflamingo bukan memberi kemudahan, melainkan akan menjadikannya incaran oleh banyak orang. Bisa dipastikan nasib Doflaemon. Dia akan berlarian dikejar para bajak laut, sebelum akhirnya memutuskan melepaskan samarannya. xD

Di genggaman tangannya terlihat ada Wicca, Kabu dan Baxcon. Tangannya penuh, jadi mungkin ada lebih dari 3 kurcaci disana. Ini mengindikasikan bahwa dia telah bertemu Kabu dan Rampo yang dikalahkan Gladius. Juga bertemu Baxcon, Nubon dan kurcaci lain yang menahan Lao G di depan lift istana. Sepertinya Lao G dan Kinemon telah bertemu, tapi Lao G juga membiarkan Doflaemon berangkat karena salah mengira sosoknya dengan Doflamingo. Haha. Idiot.

Zoro. Si ahli tersesat kembali ke bagian bawah istana! Dia ada di dataran tinggi di depan Menara Rampant! Itu adalah tingkat dimana dia, Luffy dan Viola tiba setelah keluar dari lift rahasia. x_x Seperti halnya Kinemon. Zoro juga kurang mengerti tentang situasi yang tengah terjadi, tentang berhasilnya Operasi SOP! Dia tak mengerti kenapa ada riuh kekacauan terdengar dari bawah. Yap! Seluruh kota Dressrosa sedang panik!

Barangkali karena Nico Robin begitu sebentar menjadi boneka, kelompok Topi Jerami sampai tak menyadari untuk sesaat saja mereka telah melupakan salah satu Nakama mereka. xD Karenanya Zoro, Luffy, Kinemon, apalagi yang sekarang ada di Thousand Sunny tidak merasakan perubahan yang berarti dalam ingatan mereka ketika Rencana SOP berhasil terlaksana.

5. Kita kembali ke istana. Semuanya berlangsung begitu cepat. Kyros tanpa pikir panjang kembali menyerang Doflamingo. Gegabah kukatakan. Dia belum tahu wujud asli kepala penggal yang berbicara di depannya. Dan benar saja, kelengahan sesaat nyaris membuat kepalanya terpotong. Doflamingo yang asli muncul tiba-tiba dari belakang dengan kecepatan mengagumkan. Tendangan melintang membelah tiga menara istana sekaligus! Jangkauan serang yang luas. Bisa dikatakan setara--atau mungkin lebih--dengan Rankyaku Amanedachi Kaku yang membelah Menara Pengadilan! [Chapter 402-Borgol Nomor 02]

Tapi Luffy bereaksi lebih cepat. Menyelamatkan Kyros. Sekali lagi, tak banyak bicara Doflamingo menyerang Luffy dan Kyros yang sedang dalam posisi menunduk. Tak tanggung-tanggung boneka benangnya juga ikut menyerang! Ancaman Goshikito "Benang Lima Warna" datang dari dua sisi berlawanan. Luffy menghindar! Tak sendirian, dia menghindar sambil membawa Kyros!

Seolah-olah tak sempat menarik nafas (sebenarnya sempat sih xD), Luffy langsung menyerang Doflamingo dengan Jet Gatling! Reaksi Dofla juga tak kalah cepat. Diselimuti Busou Shoku KOKA, Doflamingo menjadikan mantel bulunya sebagai perisai. Menahan gempuran pukulan beruntun dari Luffy! Seolah-olah tak perlu dikomando, boneka benang Doflamingo lagi-lagi menyerang! Dari belakang jurus Goshikito melukai punggung Luffy. Berlanjut pukulan telak KOKA menampar muka Luffy! Kapan terakhir kali kamu kena tinju musuh tepat di muka Luffy?

Oh ya. Ada reaksi yang berbeda dari Doflamingo ketika menerima serangan Sanji dan serangan Luffy. Memang sama, Doflamingo menggunakan mantelnya untuk menahan gempuran mereka berdua. Tapi saat Doflamingo menahan "Poele A Frire" Spectre punya Sanji, dia tidak menggunakan Koka! [Chapter 724-Strategi Law] Sementara menerima Jet Gatling tanpa pikir panjang Doflamingo langsung mengaktifkan pertahanan maksimum. Padahal Luffy belum menggunakan Koka dalam serangannya. Apakah ini mengindikasikan Doflamingo menyadari serangan Luffy jauh lebih berbahaya dari serangan Sanji?

6. Pertanyaan populer tentang Boneka Benang adalah kapan. Benar. Kapan Doflamingo bertukar dengan boneka benang tersebut? Tak ada indikasi seperti itu. Ataukah pembaca yang luput melihat pertukarannya yang dijalankan begitu mulus. Yang melawan Law dan berusaha menendang Fujitora sepertinya tak perlu diperdebatkan adalah Doflamingo asli. Begitu pula saat Doflamingo kaget mengetahui kalau Lucy ada dua.

Tapi setelahnya? Apakah dia masih Doflamingo asli? Menurutku fakta bahwa ada dua Lucy lah yang memberi Doflamingo ide untuk ikut serta menggandakan dirinya. Membuat Marionette yang begitu sempurna dari benang. Seolah-olah terbuat dari darah dan daging. Yang bisa berekspresi hingga mengeluarkan keringat. Yang bisa berbicara dengan santainya! Seolah-olah dia mau berkata kepada musuhnya, bahwa tak hanya mereka yang bisa menggandakan peran. Dia juga bisa!

Tentang Doflamingo asli yang berada di tempat berbeda, Odacchi sepertinya sudah memberikan sedikit petunjuk tersembunyi tentang itu di chapter 743. Coba perhatikan sosok Doflamingo yang menerima panggilan dari Trebol tentang tumbangnya Sugar. Panik sejadi-jadinya ekspresinya. Yang menarik, panel itu adalah panel Zoom-Out, sekeliling Doflamingo tidak diperlihatkan. Hanya muka paniknya yang diperbesar memenuhi panel. Fokusnya justru pada latarnya yang gelap! Seolah-olah Doflamingo yang menerima panggilan Trebol saat itu ada diruang sempit yang sedikit cahaya. Bukan di Aula Kartu yang besar! Apakah Oda mau bilang Doflamingo yang menerima laporan Trebol saat itu bukan Doflamingo yang ada di Aula Kartu?

7. Dengan kata lain menurutku beginilah kronologinya. Segera setelah sedikit bertikai dengan Doflamingo di Aula Kartu, Fujitora meninggalkan Aula Kartu [Chapter 735-Keinginan Fujitora]. Menyisakan Doflamingo, Riku yang terborgol dan Law yang masih pingsan. Setelahnya Doflamingo yang menyaksikan pertarungan Colosseum dari layar besar di Aula Kartu menerima laporan kalau Topi Jerami sedang menerobos masuk Menara Rampant [Chapter 736-Elit Opsir Diamante].

Kesal karena lawan mendahuluinya satu langkah, dia berpikir. Lucy yang memiliki dua pemeran memberinya ide untuk membuat dua Doflamingo. Tujuannya? Hanya sebagai jaga-jaga karena dalam situasi seperti ini, Dua Doflamingo kelak pasti akan berguna. (Benar saja karena Dua Doflamingo akan menyelamatkannya dari Serbuan Kyros). Dia meninggalkan Aula Kartu sesaat. Membuat Boneka Benang persis seperti dirinya. Dia kemudian duduk dengan santai di ruangan lain, barangkali ruangan tepat di atas Aula Kartu. Kemudian Boneka benang yang dia kendalikan kembali memasuki Aula Kartu berperan total layaknya dirinya.

Setelah itu, Baby 5 dan Buffalo serta beberapa keroco tiba di Aula Kartu. Bergabung bersama Boneka Benang Doflamingo. Anak buahnya pun tertipu! Trik besar yang menipu kawan dan lawan. Mereka kemudian menginterogasi Law tentang bagaimana bisa aliansi mengincar Sugar, padahal tujuan paling masuk akal mereka adalah menghancurkan pabrik Smile. Selanjutnya kalian tahu sendiri bukan? Kyros menyergap. Memenggal kepala boneka benang. Untuk sesaat Doflamingo kaget kepala bonekanya terputus sehingga kepala boneka tersebut berhenti berbicara, baru setelah memahami situasi dan mungkin merajut kembali benang yang sebagian terputus, kepala tersebut kembali berbicara. Doflamingo turun dari lantai atas, dan menyerang Kyros dari belakang. Sederhana, tapi tak terpikirkan.

8. Kemampuan buah iblis terculas yang pernah ada. Yang berarti kendali sempurna dan kreasi tanpa batas dari Doflamingo. Pertama kali Bartolomew Kuma muncul dengan Buah Nikyu Nikyu, aku berpendapat itulah Paramecia terculas yang pernah ada. Haha. Buah Iblis tapak yang bisa melontarkan apa saja. Melontarkan manusia dengan kecepatan maksimal. Melontarkan rasa sakit. Melontarkan seluruh serangan musuh. Menekan udara sehingga mampu membuat Bom. Melontarkan tubuh sendiri sehingga gerakannya menjadi tak kasat mata seolah-olah teleportasi. Itulah kreasi tanpa batas salah satu Buah Iblis Paramecia.

Tapi kemudian Doflamingo hadir! xD Kreasi akan Ito Ito no Mi menjadi semakin menggila. Pertama kali muncul, dia menampilkan pertunjukkan mengendalikan Laksamana Madya Mozambia. [Chapter 234-Tolong Diingat]. Kelak jurus ini disebut dengan nama Parasite. Kemudian dia ikut serta di Perang Puncak, memenggal kaki Oars. Oke. Mengendalikan dan memotong kaki masih dalam lingkup Buah Iblis Benang. Masih dalam batas kewajaran. Tapi kemudian dia melayang-layang di angkasa! Sora no Michi! Atau Jalan Langit, Doflamingo menempelkan benang yang dia hasilkan ke awan. Jalan Langit yang memang tak bisa dilakukan di daerah tak berawan, tapi tetap saja kreasi Ito Ito sudah menjadi-jadi di batas ini.

Lebih dari itu semua. Doflamingo kemudian menjadikan Benang seperti peluru yang bisa melubangi musuh dalam jurus Tamaito-Peluru Benang [Chapter 729-Shicibukai Doflamingo versus Shichibukai Law]. Dan paling heboh dari semuanya tentu adalah Boneka Benang aka Marionette yang dibuat di chapter ini! Kreasinya semakin tanpa batas! Apalagi Sangkar Burung. Yang resonansi benangnya mampu mengacaukan gelombang elektromagnetik Denden Mushi untuk komunikasi. x_x Itu yang kukatakan kekuatan yang menjadi-jadi.

9. Boneka benang. Yup. Melihat reaksi Baby 5, Gladius, Buffalo hingga Violet yang tak menyangka akan adanya Dua Doflamingo, sangat masuk akal mengasumsikan kalau jurus Marionette tidak pernah diperlihatkan kepada mereka sebelumnya. Jurus ini terbilang baru. Dan begitu kukatakan Doflamingo mendapat ide jurus baru ini karena melihat ada Dua Lucy, itu adalah sesuatu yang sangat masuk akal. Kenapa Pica tahu Doflamingo baik-baik saja? Sederhana mungkin Karena dia tahu Doflamingo asli ada di ruangan lain dengan Buah Ishi Ishi-nya. Asal tidak terlalu jauh lokasinya, mungkin dia bisa mendeteksi keberadaan orang-orang.

Boneka benang adalah boneka terkenal di dunia. Tentu kalian tahu boneka-boneka yang terbuat dari benang wol. Jadi konsep Marionette ini tak bisa dikatakan dibuat secara dadakan. Boneka yang bisa berbicara mungkin bisa dijelaskan melalui prinsip telepon benang, dimana benang yang kencang bisa merambatkan suara dengan baik. Begitu pula ekspresi boneka yang seperti asli masih mungkin dilakukan dengan kontrol sempurna terhadap benang yang membangun boneka tersebut. Tapi dipikir bagaimanapun aku kesulitan menjelaskan bagaimana bisa boneka benang berkeringat. x_x Itu satu-satunya celah yang kulihat di Trik Marionette ini. Pada akhirnya, One Piece memang sebuah Manga yang tidak semuanya bisa dijelaskan secara logis. Bukan berarti itu hal yang buruk sih.

10. Sangkar Burung. Sepertinya tidak ingin membuang energi berlebih dengan membuat benang baru lagi, Doflamingo menggunakan benang yang membentuk Marionette untuk membuat Sangkar Burung! Torikago! Kurungan sempurna dari benang tajam terbentuk di sekeliling Dressrosa. Yang berusaha melewatinya dengan mudah akan teriris. Benang yang beresonansi secara periodik sepertinya mengganggu gelombang Radio sehingga Denden Mushi untuk komunikasi keluar pulau terputus. Terlambat bagi para Marinir karena mereka tak sempat menghubungi Markas Besar! Takkan ada bantuan datang dari luar.

Berlanjut jurus Parasite menjaring massa. Seorang Marinir menembakkan meriam ke rumah penduduk. Seorang ayah tiba-tiba menembakkan pistol sementara anaknya menyaksikan sambil menangis.

Masih kurang Opic. Pica dengan Ishi Ishi no Mi merubah wajah Dressrosa. Dataran tinggi tempat Luffy, Kyros, Law, Viola, Riku serta Zoro--ingat dia juga ada di depan Menara Rampant--berpijak tiba-tiba merendah. Pica menenggelamkan dataran tinggi tersebut yang kini hanya sedikit lebih tinggi dari dataran yang lain. Sedangkan Istana dilemparkan ke tempat lebih tinggi. Bukit Bunga ditarik setinggi mungkin, menjadi pondasi baru istana. Memisahkan Doflamingo dengan Luffy dan Zoro yang sekarang jauh berada di bawah. Supaya bisa memonitor Pabrik Smile lebih leluasa, dia meminta Pica meninggikan pondasi Pabrik tersebut. Yang kini berada di daerah yang begitu terbuka.

Kemudian siaran dilakukan. Benang resonansi sepertinya hanya mengganggu tangkapan sinyal ke luar Sangkar Burung, sementara di dalam Sangkar Burung Doflamingo masih bisa menggunakan DenDen Mushi dengan baik.

11. Permainan Survival. Di alam liar. Tak ada baik. Tak ada jahat. Yang ada hanya satu hal yang begitu sederhana yaitu bertahan hidup. Makan atau dimakan. Doflamingo menggunakan insting paling dasar dalam diri setiap makhluk hidup itu dalam strateginya. Dalam Sangkar Burung, dia yang sudah dicap sebagai penjahat utama di pulau ini menjadi tersamarkan. Orang-orang akan sibuk mempertahankan diri. Menyelamatkan diri. Melupakan siapa penjahat sebenarnya. Penjahat yang harus ditumbangkan secepat mungkin. Insting bertahan hidup akan menahan mereka. Membimbangkan pikiran. Mengaburkan tujuan. Sangkar Burung tak hanya menjebak tubuh insani, tapi juga rohani!!! Mastermind sejati memegang kendali!

Tak banyak yang mengetahui kalau orang yang saling tikam sekarang terjadi karena jurus Parasite. Sama seperti 10 tahun silam, tak banyak yang bisa mencerna jika ada jurus licik yang dengan begitu mudah mengadu domba. Ketika kita perhatikan lebih seksama lagi di chapter ini, tak ada petarung unggulan yang terkena jurus Parasite bukan? Itu artinya Doflamingo memang kesulitan mengendalikan orang kuat. Sebagai contoh saja dia hanya bisa menahan pergerakan Sanji dan Joz. Memang dia pernah mengendalikan Atmos (Komandan Divisi 13 Shirohige), dan walaupun Oda pernah bilang ke 16 Komandan Shirohige setara posisinya, [SBS vol 58] tetap tak bisa dipungkiri Atmos masih lebih lemah daripada Joz dari segi kekuatan. Ingat pula saat mengendalikan Atmos, Doflamingo hanya mengendalikan satu orang. Mungkin dia bisa mengendalikan petarung yang cukup kuat, tapi hanya bisa satu orang saja di satu waktu. Tidak seperti sekarang dimana Parasite mengefek ke banyak orang sekaligus. Orang-orang kuat pasti bisa memberontak jika terkena Parasite. Terlalu berlebihan kemampuan Ito Ito jika bisa mengendalikan banyak orang kuat sekaligus.

12. Serangan Psikologi. Doflamingo tidak mempunyai cukup sumber daya untuk menghabisi seluruh musuh yang menentang di Dressrosa. Dia secara luar biasa kalah jumlah. Karenanya pertama-tama adalah kurung mereka semua, dan biarkan mereka saling bunuh. Hemat tenaga. Dia bisa menghabisi siapa yang menentang tanpa perlu melakukannya sendirian. Dia tahu, di dalam diri manusia ada insting bertahan hidup yang hebat selain itu dia juga tahu sebagian diantara mereka sangatlah tamak. Bisa terlihat senyum jahat diwajah Dagama, Jeet, Abdulla dan Kelly Punk ketika mendengar Doflamingo akan membayar mereka jika berhasil.

Disinilah Parasite berperan besar. Ada 3 efek psikologi yang diberikan Parasite. Pertama adalah orang-orang yang terkena Parasite terpaksa ikut terlibat dalam permainan walau mereka tak menginginkannya. Kedua adalah membuat orang-orang yang tidak terkena Parasite percaya kalau sebagian yang lain telah mengikuti perintah Doflamingo, insting mereka untuk bertahan hidup otomatis akan membuat mereka ikut serta pula. Mempertahankan diri. Akhirnya massa yang sebelumnya satu tujuan menumbangkan Doflamingo kehilangan ketetapan hatinya. Sibuk saling serang. Menari-nari di atas jari-jari sang Mastermind. Sesuai keinginannya.

Dan karena sebagian petarung unggulan tak bisa dikendalikan dengan Parasite, Doflamingo menambah permainan dengan memanfaatkan ketamakan mereka. Mereka akan saling tikam. Nama Cavendish akan disebut, dan segera dia akan dikeroyok orang-orang disekelilingnya. Nama Chinjao disebut, hal yang sama akan terjadi. Doflamingo punya daftar nama orang-orang yang paling susah diurus.

13. Bagaimana cara menghancurkan Sangkar Burung? Doflamingo begitu percaya diri Sangkar Burung itu bisa memerangkap massa padahal di dalamnya ada monster-monster dengan kekuatan perusak yang luar biasa. Fujitora dan Sabo contoh nyata tersebut. Ibarat mengurung T Rex dalam kurungan gajah. Kurungan itu bisa dihancurkan dari dalam. Begitu logika sederhananya bukan? Kurungan itu terlalu rentan untuk menahan binatang buas yang ada di dalamnya. Lemah. Ataukah ada trik lain yang disembunyikan?

Tentu saja ada. Benang yang bisa dihasilkan Doflamingo tak terbatas. Dia pemakan buah iblis Ito Ito yang memiliki kontrol penuh terhadap kekuatan buah iblisnya. Kurungan itu terlihat rapuh? Barangkali iya. Zoro mungkin bisa memotongnya. Sabo bisa membakarnya. Fujitora bisa melakukan sesuatu dengan kekuatannya. Tapi bagaimana kalau Sangkar Burung bisa memperbaiki diri? Kita tahu benang Doflamingo tak terbatas. Jika ada satu sisi Sangkar Burung dirusak, tambal! Buat lagi yang baru. Infinite Loop! Yang berusaha menghancurkan Sangkar Burung justru akan mendapati dirinya dalam keputusasaan saat benda yang ingin dia rusak terus menerus memperbaiki diri. Ini semua tentang perang psikologi, nakama. Intinya? Tak ada jalan lain merusak Bird Cage selain menumbangkan Doflamingo terlebih dahulu!

Jangan katakan tentang serangan Meteor Fujitora. Karena kalau dia menarik meteor, meteor itu akan terbelah oleh tajamnya Sangkar Burung dan justru akan menghujam ke penduduk sipil yang ada di bawahnya.

14. Doflamingo secara gamblang menyebut Luffy, Kyros dan yang lain sebagai keroco. Lawan enteng. Remeh temeh. Makanya dia menjauhkan mereka dari jangkauan dan meninggikan istana dengan pondasi baru. Dia tahu mereka akan kesulitan mencapai tempat dia berada selagi Pica bersiaga dalam posisinya. Dia merasa Luffy dan yang lain bisa diserahkan ke orang lain. Percaya anak buahnya bisa mengurus orang-orang seperti mereka.

Di lain sisi dia tahu ada orang paling berbahaya di dalam sangkar burung. Orang yang semula berkata dirinya akan bersikap netral. Tapi Doflamingo telah melampaui batas, dia menyerang penduduk sipil. Orang itu jelas akan berbalik melawannya. Satu-satunya orang di Dressrosa yang memiliki kemampuan untuk melayang sehingga dengan mudah mencapai Istana Doflamingo berada tanpa takut ada interupsi dari Pica. Satu-satunya orang yang mungkin menurut Doflamingo kekuatannya paling hebat setelah dirinya. Laksamana Fujitora. Aku cukup yakin sosok inilah yang sedang memenuhi pikiran Doflamingo.

Yap. Istana yang tinggi. Kericuhan dibawah sana akibat permainan survival yang memanfaatkan insting bertahan hidup dan ketamakan manusia merupakan panggung yang disiapkan Doflamingo untuk menghadapi satu-satunya musuh yang dia anggap bukan keroco di Dressrosa sekarang! Yang paling berbahaya. Sepertinya Doflamingo ingin bertarung mati-matian melawan Fujitora tanpa terganggu yang lain! Itulah analisaku untuk semua tindakan yang dilakukan Doflamingo dalam strategi Sangkar Burung yang terkesan sembrono dan dadakan ini. Pertama-tama adalah hancurkan musuh terbesar di dalam Sangkar Burung. Sisanya bisa menyusul.

15. Apa selanjutnya? Pertama adalah nama-nama yang kemungkinan besar akan disebut oleh Doflamingo. Aliansi Straw Heart sepertinya jelas. Termasuk diantaranya Kinemon. Keluarga Kerajaan Dressrosa juga akan disebutkan. Karena mereka orang-orang yang punya hak mengkudeta dirinya. Kemudian beberapa Marinir seperti Bastille dan Fujitora. Kemudian sisanya adalah petarung unggulan seperti Cavendish, Bartolomeo, Chinjao dan yang lain juga akan disebutkan namanya. Sekedar untuk menambah kekacauan hingga mencapai puncak. Entah identitas Sabo sudah sampai ke telinga Doflamingo atau tidak, yang jelas untuk yang satu itu kita belum bisa menebak dengan pasti.
Sabo dan Pasukan Revolusi jelas harus menetapkan tujuan. Dia yang datang demi Pabrik Senjata sepertinya akan memilih membantu Robin dan Usopp yang ingin menghancurkan Pabrik Smile. Luffy, Zoro dan yang lain yang sekarang berada di dataran rendah harus menemukan cara mencapai Doflamingo. Fujitora akan menetapkan tujuan dan mendatangi Doflamingo (poin 14 review).

Jika benar kanjurou adalah Buah Iblis Zoan Bunglon, dia akan menjadi kartu truf terbesar di Dressrosa ini. Oh ya, ingat Chameleon itu bukan buah iblis Bunglon. Dia buah iblis Kopi kopi no Mi.
Aku sama sekali tak merasa akan ada bantuan dari luar. Ada yang bilang ada dua kapal di pesisir Dressrosa, menurutku itu kapal Marinir. Ingat Violet bilang ada 4 Kapal Perang Marinir dan setidaknya 3000 prajurit yang ada di Dressrosa? [Chapter 723-Perubahan Rencana]
Apapun. Doflamingo mungkin memang merasa Fujitora adalah ancaman terbesar. Tapi bukan orang itu yang akan mengalahkannya. Bukan dia pemeran utama serial ini. xD Ketika Doflamingo meremehkan kekuatan Topi Jerami, ketika itulah dia akan tersengat jatuh. Kewaspadaannya pada kelompok ini yang begitu dia tunjukkan di awal Arc sepertinya memudar saat mendekati klimaks, mungkin karena otaknya sedang penuh dengan rencana lain. Saat inilah kekalahanmu telah dipastikan Doflamingo. Di momen di mana dirimu memandang sebelah mata Kelompok Raja Bajak Laut Masa Depan.

Minggu depan libur, karena minggu ini Double Issue. Minggu depan itu libur GOlden Week di Jepang, tak hanya One Piece yang libur tapi juga Manga Jump yang lain.
SALAM SUPPAAAAAA!!!!!

source : Bung Tony


Terimakasih telah membaca Review One Piece 745  semoga bermanfaat.


keywords: Review One Piece 745, Ulasan One Piece 745, Prediksi dan Teori One Piece 745

0 Comment "Review One Piece 745"

Post a Comment

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments