Review One Piece 737

Review One Piece 737  : Assalamua'laikum... Salam nakama!  Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba! Update Komik One Piece 737! Berikut ini adalah ulasan, review, dan teori dari teman saya Bung Tony aka Tonyohoho

op737

Review One Piece 737 : Selamat siang Nakama One Piece semua salam suppa!! Seperti biasa sehari setelah chapter rilis, kita bahas isinya secara tuntas. Salam suppa nakama semua!!! Another Opic One Piece Chapter saat Sabo menarik perhatian dengan 'Dragon Claw'nya. Baku hantam antara dia melawan Jesus Burgess di tengah arena mencengangkan semua penonton di atas arena, termasuk pembaca di rumah! Dia sekuat itu! Sabo memang harus sekuat itu! 3 Bocah laki-laki dari desa kecil East Blue menunjukkan pada dunia (pembaca tepatnya) jadi apa mereka saat dewasa. Aksi Sabo tentu saja tidak hanya sebatas Dragon Claw (jurus yang lucunya menyandang nama mentornya sendiri), banyak aksi menarik lainnya di atas arena. Selain Sabo, Pica menghentak dengan Ishi Ishi no Mi. Begitu pula Trebol dengan Beta Beta no Mi. Melengkapi daftar pemakan buah iblis untuk trio elit opsir. Walaupun masih ambigu, besar kemungkinan Ishi Ishi no Mi (Batu) juga merupakan paramecia. Layaknya Beta Beta (Lengket) dan Hira Hira (Berkibar). Buah iblis yang memiliki potensi tanpa batas karena tak terikat oleh aturan golongan buah iblis itu sendiri seperti halnya Zoan dan Logia. Di lain sisi Paramecia menjanjikan kekuatan culas, kemampuan yang tidak bisa dilawan hanya menggunakan kekuatan semata. Lebih dari itu, sang lawan harus memahami kemampuan mereka dan menemukan cara untuk melawannya. Hal yang sepertinya harus ditemukan oleh Sabo (vs Diamante), Zoro (vs Pica) dan Robin/Usopp (vs Trebol). Tak sabar melihat mereka mengalahkan kekuatan-kekuatan unik ini. Karena sejauh ini anggota Topi Jerami yang lain telah berhasil melakukannya. Luffy vs Foxy, Nami vs Califa, dan yang terbaru tentu saja Brook vs Jola. Apalagi di pertarungan mendatang melawan Yonkou Squad mereka jelas akan bertemu dengan kekuatan-kekuatan sekaliber itu lagi, seculas itu lagi. Si Gadis bermata tiga anak buah Big Mam sepertinya akan menjadi pengguna Paramecia yang menyulitkan, selain Big Mam nya sendiri. lol

1. Masih dimulai dengan Ilustrasi pesanan lainnya. Ilustrasi ke 5 pesanan Noda Skywalker dari Osaka. Kali ini menampilkan Roronoa Zoro dikelilingi berbagai jenis Primata. Sementara dia sedang adu minum dengan si raja monyet. Aku tidak yakin primata dari jenis apa yang sedang adu minum dengan Zoro, mungkin Gibbons. lol xD Yang pasti di satu gambar itu kita melihat kumpulan berbagai primata dari Lutung, Gorila, Orangutan, Babon, monyet berkacamata, kera dan lainnya. Bahkan termasuk manusia (Zoro).. Karena manusia juga termasuk dalam ordo Primata. Haha. 

2. Adegan pertama merupakan kelanjutan adegan chapter sebelumnya, masih di istana dan masih bersama kelompok Luffy. Si Raksasa batu menghadang! Pemakan buah iblis Ishi Ishi no Mi (Batu) menjadikannya manusia yang bersatu padu dengan batu. Seperti kata Zoro, tidak sekedar "manusia batu' biasa. Pica ternyata bisa melebur dengan batu yang dia sentuh dan mengontrol batu tersebut! Berita buruknya adalah ternyata seluruh istana Dressrosa terbuat dari batu. Klasik istana jaman pertengahan yang masih dibuat dengan metoda tradisional.

Pertanyaan pertama yang menyeruak jelas adalah masuk golongan apa Ishi Ishi no Mi? Impresi pertama saat melihat Pica di chapter sebelumnya adalah dia Logia. Tapi asumsi itu bisa kita pertanyakan setelah chapter ini keluar. Memang Ishi Ishi masih kental dengan ciri-ciri logia yang merupakan elemen alam (dalam hal ini batu) dan si pengguna bisa menjadi elemen alam tersebut. Pica menunjukkan 2 tanda itu karena dia berubah menjadi monster batu raksasa. Kemudian kemampuan spesial Logia yang ditunjukkan Caesar Clown baru-baru ini adalah mereka bisa berasimilasi dengan elemen yang sesuai dengan buah iblisnya. Caesar Clown pemakan Gasu Gasu no Mi berasimilasi dengan Shinokuni (gas beracun) dan merubah bentuknya menjadi jauh lebih besar [Chapter 691-Raja Tanah Kematian]! Pica dikatakan Violet secara gamblang bisa berasimilasi dengan batu yang dia sentuh. 

Yakinkah kita kalau Pica adalah logia? Wait a minute..

3. Yang janggal adalah kemampuan Pica untuk mengendalikan seluruh batu yang bersentuhan dengan dirinya. Di chapter ini dia dikatakan bisa mengendalikan seluruh istana! Logia sejauh ini tidak pernah menunjukkan tanda-tanda seperti ini. Manusia batu yang bisa mengendalikan batu di sekelilingnya itu Overpowered. Belum pernah ada sebelumnya. Logia tidak bisa mengendalikan elemen yang sudah tersedia di alam. Si wanita salju 'Monet' tidak terlihat bisa mengendalikan seluruh salju di Punk Hazard. Kizaru si manusia cahaya juga jelas tidak bisa mengendalikan cahaya yang dipancarkan matahari di sekelilingnya (kalau dia bisa itu sangat masalah, jadi syukur tidak bisa. lol). Dan aku yakin si manusia es Aokiji tidak bisa mengendalikan seluruh benua es di kutub. Karena memang itulah batasan kekuatan. Logia sudah merupakan golongan buah iblis yang sangat kuat, menambahkan atribut baru kepada buah iblis ini sangatlah tidak perlu. Berlebihan.

Memang pernah ada kasus dimana seorang manusia pasir 'Crocodile' dengan jurusnya 'Desert Girasole' menimbulkan pasir hisap untuk mengubur Luffy hidup hidup di Padang Pasir Arabasta [Chapter 178-Level Grandline]. Sebagian pembaca jadi berpikir kalau Crocodile mengendalikan seluruh padang pasir tersebut. Tapi tidak demikian, Crocodile sendiri mengonfirmasi hal tersebut. Crocodile dengan Suna Suna no Mi hanya sekedar mendeteksi adanya aliran air bawah tanah di bawah padang pasir. Dia kemudian membuat jalur yang menghubungkan sungai bawah tanah tersebut dengan pasir di atasnya, jadilah medan pasir hisap. Tidak berarti dia bisa mengendalikan seluruh padang pasir. Karena kalau dia bisa, dia takkan terkalahkan di Arabasta xD (Dia bukan Imhotep). 

Juga ada saat dimana Caesar Clown dengan Gasu Gasu no Mi bisa mengosongkan kadar oksigen pada suatu area tertentu, mencekik musuh yang dia hadapi [Chapter 674-Penonton]. Sebenarnya ini adalah terobosan sangat baru dalam konsep buah iblis Logia yang selama ini sekedar 'menjadi' dan 'menghasilkan' elemen. Sempat terpikir Odacchi memberikan kesempatan baru pemakan buah iblis Logia untuk lebih berkreasi karena sekarang mereka 'lebih' rentan untuk dikalahkan sejak kemunculan Busou Shoku Haki di dalam cerita. Seorang Pekoms bahkan pernah berujar kalau 'Logia yang merasa dirinya tak terkalahkan justru memiliki hidup yang singkat'.

Entah apakah kemampuan Pica mengendalikan seluruh batu yang bersentuhan dengannya merupakan kreasi terbaru logia yang membawa logia ke level yang jauh lebih super ataukah ternyata dia memang sejak awal bukan logia, kita belum tahu menentukan dengan pasti.

4. Panjang lebar menjelaskan tentang konsep logia dari yang mendasar hingga kreasi-kreasi jurus terbaru mereka, belum juga menetapkan apakah Pica logia atau Paramecia. xD Karena jujur saja aku masih belum bisa menarik kesimpulan dari sedikit fakta yang kita ketahui tentangnya. Pertama adalah Violet menyebut dia sebagai 'Manusia yang berpadu dengan batu'. Ada kata kerja 'berpadu' disana, tidak seperti wanita salju, manusia rawa, manusia cahaya, manusia pasir, atau kegelapan yang tanpa embel apapun. Satu kalimat dari Violet ini meragukan Pica sebagai seorang logia. 

Yang kedua adalah Pica belum pernah (karena memang munculnya baru sebentar) terlihat menghasilkan batu. Ingat konsep logia yang kita bahas di poin sebelumnya adalah 'menjadi' dan 'menghasilkan'. Pica hanya bersatu padu dan mengendalikan batu yang ada di sekelilingnya. Dia tidak menghasilkan unsurnya sendiri layaknya Akainu yang melimpahkan magma ke angkasa besar-besaran saat melancarkan jurus Ryusei Kazan (Meteor Volcano) [Chapter 564-Sosok yang mengguncang dunia]. Atau saat Kizaru menembakkan laser cahaya secara frontal ke lautan dengan jurus Yasakani no Magatama [Chapter 580-Akhir Perang]. 

Jadi untuk sementara ini, aku masih berasumsi kalau Pica adalah Paramecia Ishi Ishi no Mi. Dia hanya bisa bersatu padu dengan batu yang ada disekitarnya, dan bisa mengendalikan batu-batu tersebut. Dia bukan batu itu sendiri. 

5. Pica menanamkan lengan kiri dan kanan ke dinding istana, seketika menggerakkan dinding itu untuk menghimpit dan menubruk kelompok Luffy di tengah-tengah. Bagaimana cara meloloskan diri dari situasi seperti ini? Walaupun aku yakin seorang Roronoa Zoro bisa menahan tekanan dua dinding itu dengan tangan kosong, tapi pilihan paling gampang untuk situasi sekarang adalah Luffy menahan dinding-dinding itu dengan Gomu Gomu no Balon. Memberikan sedikit ruang untuk Violet dan Zoro untuk tidak terhimpit. 

Karena Luffy sementara bertugas menahan dinding, maka tugas Roronoa Zoro lah menyerang balik Pica. Segera setelah Pica disibukkan oleh Roronoa, Luffy dan Violet bisa melanjutkan perjalanan mereka menuju Aula Kartu dimana Doflamingo berada. Pikiran Luffy sekarang sudah Auto-Focus kepada Mingo, dia tak punya waktu untuk disibukkan oleh orang lain. xD Luffy telah menetapkan target sasarannya, maka dia akan mengejarnya sampai kemanapun musuh itu pergi. Enel dan Crocodile yang pernah merasakan bagaimana rasanya diburu oleh Topi Jerami. Haha. Enel dikejar sampai ke puncak pohon buncis raksasa, Crocodile merasakan horor karena Luffy dua kali bangkit dari sakaratul maut hanya untuk mengalahkannya. Nasib Mingo takkan jauh berbeda kurasa. 

6. Adegan selanjutnya jelas adalah pertarungan sengit di Colosseum. Langsung dimulai saat Fighting Fish 08 melompat berniat menyerang Jesus Burgess. Gatz-san (pembawa acara) berkomentar dengan penuh semangat 'bisakah Burgess menghindari terjangan ini?'. Oh cmon Gatz. Dia Burgess. xD Dia takkan menghindar. Karena dia percaya diri bisa menyerang balik Nomor 08! Wave Motion Elbow menghempas, efek jurus tersebut menghancurkan sebagian tempat penonton, dan mengguncangkan seluruh Colosseum! Badass!! Wave Motion Elbow tak kentara adalah salah satu jurus top di Arc ini. Mungkin setara Coup De Vent satu tangannya Suppa Franky. Jurus paling super sementara ini sepertinya masih dipegang Fujitora dengan Fallen Meteo-nya xD 

Saat kukatakan mirip dengan Coup De Vent, itu bukan hanya karena daya rusaknya yang lumayan besar. Melainkan juga karena dasar dari kedua jurus ini hampir sama yaitu Air Blast (ledakan angin yang sangat kencang). Coup De Vent Franky bekerja dengan cara menkompresi udara di dalam lengannya membuat tekanannya menjadi sangat tinggi, kemudian udara bertekanan tinggi itu dilepaskan ke arah musuh. Wave Motion Elbow Burgess 'mungkin' bekerja nyaris serupa. Ayunan kencang tangan kanannya membuat angin bertekanan masuk ke peralatan di siku, kemudian peralatan tersebut melancarkan balik angin ke arah musuh berupa letusan angin yang sangat kencang. Yah kalian tahu.. Fisika. xD Dan nilai fisika-ku ga bagus-bagus amat. Haha

Jurus yang melancarkan tekanan super besar lainnya yang juga muncul di Arc ini tentu saja Tinju Raja-nya King Elisabello 2nd. Yang sayang sekali harus gagal karena Bari Bari no Mi Bartolomeo sukses meredam jurus tersebut. Jika berhasil mungkin efeknya jauh lebih dahsyat dari jurus Burgess, Tinju Raja bisa saja tak sekedar mengguncangkan seluruh Colosseum. lol. Juga ada Ideo yang membuat banyak pembaca berasumsi kalau dia memakai Jet Dial di bahunya. xD 

7. Kata-kata menarik yang terucap dari mulut Gatz membuat pembaca bertanya-tanya. "Kurohige.. Didukung oleh 10 Kapten Titan dan Jesus Burgess merupakan salah satunya". Titan disini bermakna manusia besar. Jauh lebih besar dari manusia normal. Tapi tidak harus seorang raksasa. Kalian bisa melihat betapa besarnya Van Auger, Doc Q, Teach, Burgess bahkan Stronger saat mereka pertama berjejer di Jaya [Chapter 234-Tolong diingat]. Karena saat itu terlihat tinggi mereka nyaris sejajar, maka bisa dikatakan tinggi mereka adalah sekitaran tinggi Teach yaitu 344 cm [SBS volume 58]. Tinggi sekali bukan? xD lol.

10 Kapten Titan? Mari berhitung. Van Auger, Lafitte, Jesus Burgess, Doc Q, San Juan Wolf, Shiliew, Avalo Pizarro, Vasco Shot dan Catarina Devon. Ada 9 Kapten yang sudah pasti! Siapa yang ke 10? Orang baru kah? Ada pembicaraan mengenai Kuzan sebelumnya. Burgess berkata dia tidak percaya dengan Kuzan. Jangan-jangan Kuzan termasuk salah satu dari 10 Kapten Titan tersebut? Masuk akal kah? Mari kita analisa. Berikut adalah percakapan antara Teach dan Burgess [Chapter 720-Gladiator Tahanan]

Teach : Zehaha. Dipikir-pikir lagi, bukankah tak ada bedanya dengan situasi Shiliew?
Burgess : Tapi yang kita bicarakan adalah Aokiji. Dia tak bisa dipercaya.

Shiliew adalah seorang mantan orang Pemerintahan yang kemudian membelot menjadi salah satu Kapten Titan kelompok Bajak Laut Kurohige. Jika dikatakan Teach kalau situasi Kuzan sama, apakah Kuzan (yang juga seorang mantan orang Pemerintahan/Admiral) juga membelot dan menjadi salah satu dari 10 Kapten Titan!? xD Gigantic! Berita bombastis. Pergerakan yang sangat tak terduga. KUzan adalah salah satu legenda hidup yang berkeliaran seenaknya di Dunia Baru. Kalau dia memutuskan bergabung dengan Bajak Laut Kurohige dan menjadi salah satu dari 10 Kapten Titan-nya maka itu adalah berita buruk bagi semua orang. Bagi Yonkou lain, bagi Pemerintahan Dunia, bagi Marinir, bagi bajak laut biasa, bahkan bagi seorang Doflamingo.

8. "Beritahu aku satu hal.. Kau.. Permainan apa yang sedang kau mainkan!!? Aku tak mendengar hal-hal yang baik" Doflamingo bertanya dengan penasaran kepada Kuzan di Punk Hazard [Chapter 699-Koran Pagi]. Jika seorang Mastermind Doflamingo sampai berkata seperti itu, maka pergerakan yang sedang dilakukan Kuzan jelaslah sangat tak terbayangkan. Dan tak perlu menjadi jenius untuk mengetahui kalau Kuzan sedang merencanakan sesuatu yang sangat besar dari langkah yang telah dia ambil. Bergabung dengan bajak laut Kurohige sudah masuk kategori 'tak terbayangkan' bukan? xD 

Oh ya. Ukuran tubuh. Tinggi Kuzan sampai sekarang belum diketahui dengan pasti. Tapi saat bertemu dengan Doflamingo di Punk Hazard, mereka sempat berdiri sejajar. Doflamingo sedikit lebih tinggi dari kuzan. Doflamingo sebagai catatan mempunyai tinggi 305 cm, dengan kata lain Kuzan sedikit lebih rendah dari itu sekitaran 290 cm. Apakah 290 cm cukup untuk masuk sebagai kategori Kapten Titan? Siapa yang tahu. Tapi tinggi seperti itu kurasa sudah bisa dikatakan manusia besar xD lol. 

Jika benar Kuzan sekarang adalah salah satu dari 10 Kapten Titan Kurohige, itu tak berarti dia akan menghadang Topi Jerami hingga akhir cerita. Bajak Laut Kurohige sejak pertama kali muncul sudah menjadi musuh alami Kelompok Topi Jerami, digadang-gadang akan menjadi musuh abadi dan terakhir mereka. Hingga pertarungan sengit di Raftel kelak. Kuzan tak perlu bertahan sebagai kelompok bajak laut Kurohige sampai ujung kisah. Dia seperti disentil Doflamingo, memiliki agenda tersendiri. Jadi mungkin dia akan beralih pihak suatu saat kelak. 

"Aku masihlah diriku" Ucap Kuzan kepada smoker.

Ng. Jika bukan Kuzan yang merupakan kapten ke 10 berarti kapten 10 adalah orang baru. Atau malah Stronger. xD Lol. Stronger dianggap pembaca hanyalah kuda poni besar biasa, tapi anggapan serupa juga berlaku untuk Chopper (50 Berry) dan Beppo (500 Berry) bukan? Marinir menganggap mereka peliharaan semata. Jangan-jangan seperti dua contoh tersebut, Stronger juga lebih dari itu. Haha. Tak sekedar peliharaan biasa.

9. Serangan brutal Burgess membuat banyak penonton cidera. Sebentar saja Burgess sudah menjadi sosok yang dibenci penonton xD Sekarang ada 3 orang yang dibenci penonton di atas arena. Menyisakan Lucy dan Diamante sebagai idola. Haha. Situasi terus memanas di atas arena saat Fighting Fish no 1 yang membawa peti berisi Mera Mera no Mi muncul ke permukaan. Ikan tersebut langsung mengunci target, yang jadi sasaran adalah Rebecca! Gadis ini rupanya cukup bijaksana, mengetahui kalau dia tidak bisa melawan Ikan tersebut dengan kekuatan. Mengincar rantai yang mengikat peti, tapi tak berhasil karena ternyata Nomor 01 lebih cepat dari yang dikira. KYAAAAH. Bertindak manis. Menghindari terjangan sebisanya xD

Di lain sisi, mudah saja bagi seorang Lu-Sabo-Cy untuk menunggangi Nomor 01. Diamante dengan Hira Hira no Mi memanjangkan pedangnya dan menghadang. Dengan Pipa ledeng legendaris yang mungkin diselimuti Koka, pedang Diamante patah! Oh. Terlihat mudah. Mudah sekali. Apakah pedang Diamante memang tidak sekeras itu. Ataukah Sabo yang terlalu kuat? Aku akan pilih opsi kedua.

Burgess bersiap. Mengatakan dia akan menumbangkan Lucy sekalian dengan Nomor 01. Penonton cemas dan segera mengosongkan area yang kira-kira jadi sasaran serangan. Bartolomeo bersiap dengan Bari Bari no Mi. Rebecca masih bertindak manis, dengan cerdas berdiri di belakang BARTO! Karena dia tahu Bari Bari no Mi bisa melindunginya xD Ya ampun adegan ini bikin aku ketawa. Awsum! Diamante sendiri masih bersikap tenang, berkomentar apakah Lu-Sabo-cy akan menerima serangan itu atau tidak. Saat Gatz-san sudah berteriak mengatakan bahwa Lu-Sabo-cy sudah kehilangan kesempatan untuk menghindar, dengan kecepatan yang menakjubkan Lu-Sabo-cy melompat dari Nomor 01. 

Cakar Sang Naga menerima Wave Motion Elbow dengan gagah berani dari depan. BAM!! OPIC...

10. Oh aku tahulah.. kalian pasti mencoba gerakan jari Dragon Claw segera setelah melihat Sabo melakukannya xD haha. Benturan besar terjadi di tengah arena. Jirah Siku Burgess maupun Cakar Sabo keduanya diselimuti oleh Busoushoku Koka. Adegan ini bisa diinterpretasi menjadi 2 hal yang berbeda, dan lucunya kedua hal berbeda tersebut mempunyai 1 kesimpulan yang sama. Kesimpulan kalau Sabo adalah Ahli BusouShoku tingkat dunia.

Cakar Sang Naga adalah jurus dengan dasar kekuatan jari-jari. Tidak seperti jurus Tapak, jurus seperti ini daya rusaknya lebih terpusat ke jari-jari yang mencengkeram. Dengan kata lain jari-jari tersebut ditujukan untuk menancap kepada musuh. Jika ada beberapa titik yang berlubang, sesuatu lebih mudah untuk dihancurkan. Tapi apakah sesederhana itu? Ingat kalau Jirah Siku Burgess sebenarnya melontarkan ledakan udara yang sangat besar. Menerima serangan tersebut dari depan sangatlah gegabah. Kecuali kalau Sabo bisa membuat aliran udara dari jirah tersebut macet. 

Yup! Dengan jurus cakar-nya yang menancap kokoh, Sabo mengaliri Haki-nya sendiri ke jirah Siku Burgess! Itu interpretasi yang pertama. Haki Koka Sabo yang mengalir di Jirah Siku Burgess menyelimuti seluruh permukaan. Membuat angin yang bertekanan tinggi di dalam tidak bisa dilancarkan keluar. Akibatnya? Angin bertekanan tinggi di dalam itu justru membantu untuk merusak dirinya sendiri! Such a Clever Move. Kalau memang benar seperti ini, maka Sabo adalah jenius petarung yang langsung mengerti cara terbaik untuk menghadapi musuh sekali lihat. xD Petarung alami. 

Interpretasi kedua adalah sederhana. Adegan itu murni benturan antara dua Busoushoku Koka. Burgess mengaliri Jirah Siku-nya dengan kokanya sendiri, Sabo juga demikian. Walau interpretasi yang ini tidak bisa menjelaskan kenapa Air Blast tidak terlontar dari siku Burgess dan membahayakan Sabo yang datang dari depan.

Yang manapun yang benar, kedua analisa di atas menunjukkan kemampuan Sabo yang luar biasa. Kesimpulan pertama menunjukkan kalau Sabo adalah petarung cerdas alami, yang cukup ahli dalam Koka sehingga bisa mengalirkan haki-nya sendiri ke jirah musuh. Hal ini merupakan hal yang sangat baru di One Piece. Kesimpulan kedua menunjukkan kalau Koka Sabo bisa menghancurkan Koka Burgess. xD Sama saja kan intinya? Sabo itu luar biasa.

11. Sabo untuk sementara berada di atas angin. Dia menghancurkan dua senjata musuh terberat di arena. Pedang Diamante dan Jirah Siku Burgess. Karena gaya bertarungnya yang berbeda, Diamante mulai ragu dengan identitas asli Lucy yang ini. Burgess walaupun jirah siku-nya hancur lebur, masih bersikap cukup tenang. Dengan tatapan tajam berusaha menilai musuh di depan matanya tersebut. Dia belum habis. Burgess bahkan dua tahun silam tidak menggunakan jirah-jirahan seperti itu. 

Bartolomeo sendiri tak fokus pada pertandingan. xD Dia menyebut Lu-Sabo-cy sebagai Great Senpai (Dai Senpai), yang untuk situasi tersebut bisa diartikan sebagai Kakak Tertua. Paham bukan? Sepertinya Barto tahu kalau Lu-Sabo-cy adalah Kakak dari Luffy-Senpai. lol. Mungkin Luffy menangis sekeras-kerasnya di dalam Colosseum saat bertemu Sabo sebelumnya. Di hadapan Bartolomeo dan Bellamy. Membuat kedua orang itu tahu siapa itu Sabo.

Rebecca sangat pintar untuk bertahan cukup lama di atas arena. Tapi kurasa pertarungan takkan selesai. Jika penonton boneka di arena berubah menjadi manusia (Sugar tumbang), akan terjadi kehebohan tak terduga. Seseorang mungkin akan berhasil mengambil peti Mera Mera di tengah hiruk pikuk dan kabur meninggalkan arena. Dan Burgess adalah kandidat terkuat untuk itu. Sabo dan yang lain akan mengejarnya.

12. Kunci dari semua situasi di Dressrosa ada di tangan Usoland. Tak salah berkata demikian. Seluruh situasi akan semakin tak terduga begitu Operasi SOP berhasil dilakukan. Hanya Odacchi yang tahu apa yang akan terjadi kelak. Beruntung di chapter ini kita diberitahu tentang pergerakan terkini Usoland. Mereka sudah berada begitu dekat dengan Menara Eksekutif. Leo menjelaskan fungsi tentakel yang ternyata memang menghubungkan antara Rumah Sampah di seantero Dressorasa (termasuk ruang medis di Colosseum) dengan penjara bawah tanah. Dan ternyata ada ada Lift khusus para Opsir di tengah menara eksekutif. Lift ini sepertinya akan berperan besar ke depannya. Bagaimana kalau Trebol menahan musuh dan menyuruh Sugar kabur ke atas ke istana? xD Kacau balau.

Mainan demi mainan terus menerus keluar dari menara eksekutif. Seperti kata Leo itu adalah bukti kalau Sugar ada di dalam sana. Melaksanakan tugasnya. Hingga adegan berlanjut ketika seorang Cavendish sedang menggerutu, dirinya terjebak dalam sebuah substanti yang sangat lengket! xD Interaksi yang menarik seperti biasa antara dua karakter di One Piece. Kali ini antara gadis loli seram 'Sugar' dengan manusia lengket yang banyak omong 'Trebol'. Trebol menjelaskan panjang lebar kalau menara eksekutif punya nama lain dan bertanya kepada Sugar apa nama lain tersebut. Yang dijawab Sugar tetap 'Menara Eksekutif'. xD OPIC! Momen sederhana yang begitu alami di One Piece. Berlanjut hingga saat Sugar menyuruh Trebol untuk mati saja. lol. Aku sebenarnya penasaran nama ain menara eksekutif ini. Sepertinya akan penting.

Ternyata proses perubahan dari manusia menjadi mainan begitu mudah dan seketika. Sekali sentuh selesailah sudah. Sugar tak salah lagi musuh yang sangat berbahaya. Kekuatan paling culas yang pernah ada. lol. Karena dia tak hanya bisa mengubah seseorang menjadi mainan, Sugar bisa memberikan kontrak kepada mereka! Kontrak yang tak bisa dilanggar. Kita pernah membahas tentang Perintah Absolut kekuatan ini secara panjang lebar di review 726, bagaimana Sugar mungkin hanya bisa memberi dua kontrak saja tidak lebih. Dan bagaimana Soldier-San dan penduduk Dressrosa memiliki kontrak yang berbeda dengan para boneka yang berasal dari Colosseum karena mereka dikatakan Trebol sebagai 'Power Type'. Kita tahu Soldier-san bisa menyerang manusia. Berarti dia tidak menerima kontrak 'jangan menyerang manusia' seperti Cavendish di chapter ini.

13. TREBOL!!! Beta Beta no Mi. Manusia lengket! Manusia Alteco. Logia atau Paramecia? Kita telah membahas panjang lebar konsep Logia di poin sebelumnya bagaimana Logia itu memiliki syarat utama 'menjadi' dan 'menghasilkan'. Trebol entah kenapa telah menunjukkan kedua hal tersebut! xD Dia telah 'menjadi' elemen lengket saat pertama dia muncul terjatuh dari langit-langit. Dia saat itu tak berbentuk manusia, hanya segumpalan elemen yang tak jelas [Chapter 700-Langkahnya]. Dan dia 'menghasilkan' elemen lengket tersebut untuk memerangkap Cavendish! Trebol sudah memiliki dua atribut Logia sejak dia muncul.

Tapi kenapa nama buah iblisnya Beta Beta? Bukankah selama ini logia adalah elemen yang tersedia di alam?

Jangan salah. Nama buah iblis logia selama ini tidak selalu dinamakan dari elemennya tersebut. Ingat Aokiji? Dia adalah manusia es. Tapi buah iblisnya adalah Hie Hie (dingin). Begitu juga Enel yang manusia petir. Buah iblisnya adalah Goro Goro (gemuruh). Juga Pika Pika yang berarti kemilau untuk si Manusia cahaya Kizaru. Jadi masih mungkin Beta Beta bukanlah sebuah paramecia, melainkan logia juga. Pertanyaannya adalah unsur alam apa yang mewakili kata 'Beta' tersebut?

Bukan lem Alteco tentu saja. xD Tapi ada unsur alam yang terjadi secara alamiah dari pohon, yang dikatakan sebagai lem alami karena daya rekatnya. Getah! Lateks! xD Pernah kubahas di review 731 tentang kemungkinan logia lateks ini. Bagaimana warna lateks di alam di dominasi warna putih, dan bagaimana lateks akan menggumpal di saat mengering. Sungguh ironi saat aku menarik kesimpulan kalau Ishi Ishi no Mi adalah Paramecia dan Beta Beta no Mi adalah logia. xD Tapi itu adalah analisa apa adanya. lol

14. Tatababasco! Rencana yang 'katanya' matang dari para kurcaci untuk menumbangkan Sugar. Mereka telah mencoba rempah-rempah 'yang katanya' terpedas ini terhadap diri mereka sendiri. 50 suku Tontatta pingsan dan 18 di antaranya nyaris tewas, xD HUAHAHA. Merasa rempah-rempah ini sanggup menumbangkan Sugar, mereka membuat satu buah anggur dari rempah-rempah 'yang katanya' terpedas ini! Sugar hobi makan buah anggur (kukira saat pertama muncul itu ceri. lol), memanfaatkan buah favorit untuk mengalahkannya adalah ide yang sangat brilian. Tapi benarkah akan semulus itu?

Hampir pasti tidak mulus. xD Cara berpikir Odacchi biasanya seperti itu. Sugar takkan semudah itu ditumbangkan sesuai rencana. Aku berkali-kali menggunakan kata 'katanya terpedas' karena tak yakin Tatababasco benar-benar sepedas itu! lol. xD Bagaimana kalau suku kurcaci simpel adalah kumpulan orang yang sangat tidak tahan pedas? Kalian tentu punya teman yang makan sambal sedikit saja tidak sanggup bukan? Bagaimana kalau ternyata Suku Tontatta seperti itu!?? Tatababasco mungkin tidak sepedas yang mereka katakan! Dan sebaliknya bagaimana kalau Sugar ternyata suka pedas!? xD LOL Tipe orang yang tak bergeming memakan sambal sebanyak apapun? Huahaha. xD 

Oh. Leo menurutku akan berhasil menaruh tatababasco ke dalam keranjang Sugar. Suku kurcaci bisa dipercaya untuk kecepatan mereka. Wicca contohnya berhasil mencuri pedang seseorang sekaliber Roronoa Zoro (walaupun saat itu dia lengah). Tapi masalah akan terjadi justru saat Sugar memakan Tatababasco itu. Saat Usoland dan yang lain berharap Sugar tumbang seketika, ternyata dia akan baik-baik saja! xD LOL. akan OPIC sekali bukan? 

15. Sentuhan emas Odacchi saat pidato penutup chapter oleh Leo dibarengi berbagai adegan di seantero Dressrosa. Sensei berusaha mengingatkan kita bagaimana situasi akan berubah seketika saat Sugar berhasil ditumbangkan. Para boneka dengan orang-orang dekat mereka sedang berjalan santai. Orang-orang yang mereka cintai yang telah melupakan mereka. Diantaranya terlihat Wanpoko dan istri dan anaknya. Kemudian beralih ke adegan dimana Boneka yang 'mungkin' terpaksa menampilkan wajah gembira menyaksikan pertarungan di Colosseum (diantaranya ada Pandaman). Boneka-boneka yang bekerja keras di pelabuhan bawah. Soldier-San yang sepertinya susah payah berdiri menghadapi Lao G. Ditutup dengan bayangan kelam Doflamingo yang menyelimuti seluruh Dressrosa. Heartbreaking. Suppa. Aswum.

Pertanyaan pamungkas selalu sama. Yaitu apa yang terjadi selanjutnya? Kinemon tak mendapat jatah di chapter ini. Karenanya sangat mungkin dia akan ada minggu depan. Bertemu dengan Soldier-San dan Gabu-San yang mencapai istana melalui lift yang terus berjalan. Sanji dkk terakhir muncul di chapter 730. 7 chapter terlewat tanpa mereka. Odacchi sengaja menahan mereka begitu lama karena suatu alasan. Mungkin saat dia muncul Sanji akan benar-benar bersinar seperti selayaknya xD Menghajar salah satu petinggi Big Mom kah?

Law akan sadar. Tidak dalam waktu dekat. Mungkin setelah Sugar tumbang dan Doflamingo kehilangan fokus. Sadarnya Law akan membawa kita ke masa lalu kelam tentang Corazon. 

Minggu depan One Piece libur. xD Santai aja. Haha..

Punch Line untuk chapter kali ini adalah 

"Si Gula tumbang.. Situasi berkembang"

Salam SUPPAAA!!!

source : Bung Tony


Terimakasih telah membaca Review One Piece 737  semoga bermanfaat.


keywords: Review One Piece 737, Ulasan One Piece 737, Prediksi dan Teori One Piece 737

1 Response to "Review One Piece 737"

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments