Makalah Perkembangan ekonomi Islam di Asia Tenggara :
Makalah Perkembangan ekonomi Islam di Asia Tenggara |
Makalah Perkembangan ekonomi Islam di Asia Tenggara :
Makalah Perkembangan ekonomi Islam di Asia Tenggara : Assalamua'laikum... Salam nakama! Pada kesempatan kali ini, ar-sembilan akan menshare tugas AGAMA 6 : Studi Islam Asia Tenggara mengenai Makalah Perkembangan ekonomi Islam di Asia Tenggara
Kata Pengantar
Puji dan syukur
senantiasa penulis persembahkan kehadirat Allah SWT atas rahmat bimbingan dan
hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dan
mempersembahkannya kepada pembaca yang budiman. Makalah ini penulis beri judul
“Perkembangan Ekonomi Islam di Asia Tenggara”.
Ucapan terima
kasih juga penulis berikan kepada dosen pembimbing, orang tua dan
sahabat-sahabat yang telah mendukung penulis sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini dengan sebaik mungkin.
Dalam penulisan
makalah ini penulis tentu saja menemukan banyak masalah dan rintangan. Namun,
hal itu dapat penulis lewati dengan baik berkat dukungan dari pihak-pihak yang
tersebut diatas. Penulis telah menyelesaikan makalah ini dengan sebaik mungkin
sesuai dengan kemampuan penulis. Kesalahan maupun kekurangan yang terdapat pada
penulisan makalah ini harapnya dapat dimaklumi oleh pembaca.
Semoga bantuan,
petunjuk, motivasi, dan bimbingan dari bapak, ibuk, dan saudara-saudara akan
menjadi amal kebaikan dan mendapat imbalan dari Allah SWT, dan semoga makalah
ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan menambah pengetahuannya mengenai
pemahaman tentang “Perkembangan Ekonomi Islam di Asia Tenggara”.
Pekanbaru,
April 2013
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Ekonomi islam sebagaimana yang kita ketahui merupakan
perkembangan yang cukup luas di Asia Tenggara. Perekonomian banyak manfaatnya
bagi manusia di bumi ini yang dimana manusia adalah khalifah Allah SWT.
Allah SWT menginginkan semua makhluk-makhluk yang ia
ciptakan dapat melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi larangannya.
Perekonomian islam di asia tenggara haruslah di laksanakan dengan sebaik
mungkin dan manusia tersebut haruslah memiliki kejujuran dalam melaksanakan
perekonomian atau perdagangan se asia tenggara.
Hal inilah yang menarik perhatian penulis untuk
membahas bagaimana “Perkembangan Ekonomi Islam di Asia Tenggara” yang
sesungguhnya.
B. Isi
a. Perkembangan
ekonomi
b. Sejarah
Perkembangan Sistem perekonomian Islam di Malaysia
c. Perkembangan Ekonomi Islam di
Indonesia
d. Perekonomian Brunei Darussalam
e. Perekonomian
Singapura
f. Penerapan
sistem Ekonomi Islam di Negara Minoritas Muslim
BAB
II
Pembahasan
Ekonomi
Islam di Asia Tenggara
A. Perkembangan
Ekonomi.
Perekonomian
penduduk yang mapan merupakan syarat utama bagi kelangsungan hidup dan hal ini disadari oleh kerajaan
usmani sebagai negara yang mengalami awal masa pembaruan. Maka, dalam hal
perekonomian, kerajaan usmani melakukan hal-hal sebagai berikut.
a. Pada
periode pertama, Usmani bertujuan menguasai beberapa jalur perdagangan dan
beberapa sumber produktif. Ekspansi Usmani ke Laut Hitam, Aegean, dan laut
tengah dimaksudkan untuk merebut kekuasaan pusat-pusat perdagangan dan
pelayaran dari Vanesia dan Genoese.
b. Berbagai
produk dari Iran, Teluk Persia, dan Laut Merah membantu dalam menjadikan Usmani
sebagai pusat perdagangan yang makmur. Mesir mengimpor sutra, kapas, tekstil,
sabun, dan buah-buahan kering dari syiria serta mengekspor beras, buncis gula,
terigu, dan kulit.
c. Beberapa
rute haji mengantarkan warga dari berbagai wilayah Kerajaan Usmani ke Mekah dan
Madinah. Mekah merupakan sebuah kota pusat perdagangan rempah-rempah, mutiara,
lada, dan kopi. Hampir seluruh jemaah haji mendanai perjalanannya dengan
membawa barang-barang komoditi untuk dijual di mekah dan mereka kembali dengan membawa barang-barang
komoditi untuk dijual di negerinya masing-masing.
d. Penyediaan
sarana kendaraan haji di Damaskus, Kairo, dan Bagdad menjadi kegiatan bisnis
yang penting. Melalui Mesir, pihak kerajaan usmani menjalankan perdagangan
dengan Sudan, Afrika Utara, dan Afrika Barat. Beberapa pelabuhan Laut Merah di
Arabia dan Afrika Timur menyumbangkan sukses Usmani dalam perdagangkan di
wilayah Samudera Hindia. Bagdad dan Basrah juga menjalin perdagangan dengan
Iran dan India.
e. Dalam
rentangan abad 15 dan 16, Basrah menjadi pusat perdagangan terbesar di Anatolia
serta sebagai dermaga terbesar dalam pertukaran barang-barang dari negeri timur
ke Istambul, Polandia, dan Rusia.
f. Kota
Istambul dibangun dengan merekonstruksi beberapa institusi publik seperti
sekolah, rumah sakit, tempat pemandian umum, dan tempat penginapan. Dan
Istambul menghendaki upaya untuk meningkatkan pasokan serat padi-padian dan
kapas untuk bahan industri benang dan tenun.
g. Pada
abad 17 dan 18, berlangsung perubahan situasi yang sangat menonjol dalam sistem
kerajaan Usmani. Akhirnya, terjadi pula pecahnya peperangan yang berkepanjangan
antara petinggi pusat dan petinggi lokal untuk memperebutkan kekuasaan terhadap
pendapatan atas pajak produksi penduduk. Perubahan situasi politik ini terkait
secara erat dengan beberapa perubahan perekonomian Usmani dengan kedudukan
Usmani dalam ekonomi perdagangan internasional serta terkait dengan bangkitnya
kekuatan imperialisme bangsa Eropa.[1]
B. Sejarah
Perkembangan Sistem perekonomian Islam di Malaysia
Apabila membicarakan tentang sistem perbankan Islam,
secara tidak langsung ia akan melibatkan prinsip transaksi yang berlandaskan
Islam. Sejarah telah membuktikan bahawa transaksi Islam telah dipraktikkan di
Tanah Melayu seawal abad ke-16 lagi. Prinsip ini dapat dilihat di dalam
undang-undang Melaka. Apa yang jelas, kebanyakan negeri-negeri ketika
zaman sebelum kemerdekaan turut dipengaruhi oleh undang-undang Melaka
termasuklah yang melibatkan aspek transaksi Islam sama ada secara langsung atau
tidak langsung. Pelaksanaan undang-undang Islam di negeri-negeri
tersebut berterusan sehinggalah campur tangan Inggeris.
Walau bagaimanapun, undang-undang Melaka tidak banyak
menyentuh perkara berkaitan dengan muamalat. Ia hanya dinyatakan dalam beberapa
fasal sahaja yaitu bermula daripada fasal 29 hingga fasal 34. Namun apa yang
menarik, ia ada memperuntukkan dalam satu fasal tentang larangan riba’ dalam
soal jual-beli atau pertukaran iaitu dalam fasal 30 yang menyentuh
undang-undang tentang penjualan dan larangan terhadap riba’ (usury)
dalam urus niaga.
Satu lagi bukti pemakaian prinsip transaksi Islam
adalah amalan jual janji (conditional sale). Salleh Buang menyifatkan
jual janji menyerupai prinsip transaksi Islam yang dikenali sebagaial-bay’
al-Wafa’ yaitu jualan dengan pilihan untuk membeli balik. Masyarakat
Melayu terutamanya kepada para petani di Kedah, Perlis, utara Perak dan
Kelantan sebelum zaman prapenjajah lagi telah mengamalkannya. Amalan tersebut
diamalkan kerana mereka tidak mahu terlibat dengan pembiayaan pinjaman yang
berasaskan bunga yang diuruskan oleh institusi ceti pada waktu berkenaan. Budaya
akad jual janji ini telah mendapat perhatian dalam perundangan oleh hakim-hakim
Inggeris dalam keputusan yang dibuat. Dalam kes Tengku Zaharah lwn. Che
Yusuf. Hakim Briggs memutuskan bahawa tujuan
transaksi jual janji ialah untuk mendapatkan kemudahan kredit (hutang) dan
memberikan kepada pemberi pinjaman (pemberi tanah) bayaran gantirugi yang
sepadan tanpa terlibat dengan amalan bunga (usury) yang mana orang Islam
dilarang terlibat dengannya.
Manakala
dalam kes Mohamed Isa lwn. Haji Ibrahim, Hakim Azmi telah membuat
kenyataan yang sama dan amalan yang menjadi kebiasaan para petani Kedah pada
dasarnya ialah transaksi jual janji di mana penjual mempunyai hak untuk membeli
semula hartanya dan untuk membolehkan pembeli (peminjam wang) mengambil manfaat
daripada transaksi yang sah menurut undang-undang Islam. Amalan jual janji ini
sehingga kini masih lagi diterimapakai dan diiktiraf oleh undang-undang
Malaysia dan diperuntukkan dalam Seksyen 4 (2) Kanun Tanah Negara.
Dapat
dirumuskan bahawa ketika zaman sebelum kedatangan penjajah sememangnya tidak
wujud satu sistem perbankan Islam yang komprehensif. Malah sebuah institusi
perbankan yang khusus juga masih belum wujud. Masyarakat ketika itu hanyalah
mempraktikkan transaksi-transaksi ringkas dalam urusan harian mereka seperti
jual beli, sistem tukar barang (barter), jual janji dan lain-lain.
Walaubagaimanapun, setelah kedatangan penjajah Barat pada abad ke-19, barulah sistem
perbankan mula diperkenalkan.
Institusi perbankan pertama sekali di Malaysia ialah ‘The
Chartered Merchant Bank of India, London and China‘ yang telah ditubuhkan
oleh penjajah Inggeris pada tahun 1859. Bank ini diwujudkan untuk membiayai
aktiviti perlombongan dan perindustrian serta menawarkan beberapa kemudahan
kewangan bagi perdagangan antarabangsa serta kemudahan lain pada masa itu. Namun,
ketika itu masih belum wujud satu institusi yang khusus mengaplikasikan konsep
sistem perbankan Islam di Malaysia. Idea penubuhan perbankan Islam di Malaysia
berlangsung secara beransur-ansur. Penubuhannya adalah hasil daripada
pengalaman yang dilalui oleh beberapa institusi kewangan Islam lain di
Malaysia. Institusi yang pertama sekali yang mengamalkan konsep transaksi
Islam ialah Lembaga Tabung Haji (LTH) atau sebelum ini dikenali sebagai
Perbadanan Wang Simpanan Bakal-Bakal Haji. Ia ditubuhkan pada tahun 1969
dan berfungsi untuk membolehkan orang-orang Islam menyimpan wang secara
beransur-ansur bagi memenuhi perbelanjaan menunaikan fardhu haji dan melibatkan
diri dalam bidang penanaman modal dalam lapangan perusahaan, perdagangan,
perladangan dan hartanah melalui cara yang halal di sisi Islam. Seterusnya,
ekoran daripada kejayaan penubuhan bank-bank Islam di beberapa buah negara
seperti di Qatar, Mesir, Pakistan dan Iran, umat Islam di Malaysia juga telah
menyuarakan hasrat supaya bank Islam ditubuhkan di negara ini. Malah penulis
berpandangan perkembangan perbankan Islam pada akhir kurun ke-19 dan awal kurun
ke-20 adalah kesan daripada proses islamisasi yang berlaku hasil daripada
tokoh-tokoh reformis Islam ketika itu yang memberi impak kepada masyarakat
Islam untuk mengamalkan ajaran Islam secara total dalam kehidupan mereka
meliputi soal politik, sosial dan ekonomi. Maka kerana
itulah juga wujud gelombang pembaharuan dikalangan umat Islam untuk menumbuhkan
satu sistem perbankan Islam.
Oleh itu di Malaysia, beberapa pihak telah menyeru
kerajaan menubuhkan sebuah bank Islam dan meminta kerajaan mengambil tindakan segera
menggubal undang-undang bagi membolehkan penubuhan bank dan institusi kewangan
yang beroperasi berlandaskan prinsip Islam. Maka pada 30 Julai 1981,
kerajaan telah melantik Jawatankuasa Pemandu Kebangsaan Bank Islam (National
Steering Committee) yang dipengerusikan oleh YM Raja Tan Sri Mohar bin Raja
Badiozaman dan LTH dilantik sebagai urusetia.
Pada bulan
Juli 1982, Jawatankuasa tersebut telah menyerahkan laporan mereka kepada
kerajaan. Disamping mencadangkan satu kerangka asas untuk sistem perbankan
Islam di Malaysia, ia juga membuat beberapa cadangan untuk pelesenan dan
penyeliaan serta pengawasan sebuah bank Islam.Akhirnya bagi membuka jalan untuk
penubuhan bank Islam di Malaysia, kerajaan telah meluluskan Akta Bank Islam
1983 (ABI) dan mula berkuatkuasa pada 7 April 1983.
Dengan
penggubalan Akta Bank Islam 1983, maka Bank Islam Malaysia Berhad (BIMB) telah
ditubuhkan pada Julai 1983 sebagai bank Islam pertama di Malaysia dan
diperbadankan di bawah Akta Syarikat 1965. Objektif utama penubuhannya ialah
untuk berusaha menjalankan operasi sebagai bank perdagangan berlandaskan hukum
Syarak dan menyediakan kemudahan kepada semua rakyat negara ini.] Seperti bank-bank lain, Bank Negara
Malaysia (BNM) diberi kuasa di bawah Akta Bank Islam untuk mengawal selia bank
Islam.
Sejajar prinsip dan matlamat BNM untuk merealisasikan
sistem perbankan Islam di seluruh Malaysia, Skim Perbankan Tanpa Faedah (SPTF)
telah diperkenalkan pada Mac 1993. Melalui skim ini, institusi perbankan
konvensional dibenar menawarkan produk dan perkhidmatan perbankan Islam dengan
menggunakan prasarana yang sedia ada termasuk kakitangan dan cawangan. Buat
permulaan, skim ini dianggap satu perintis yang melibatkan tiga buah bank. Pada
tahun 1998, BNM telah menjalankan satu kajian semula terhadap perbankan Islam
dan mendapati penggunaan istilah “SPTF” tidak mencerminkan penampilan sebenar
operasi perbankan Islam yang dilaksanakan oleh institusi perbankan. Oleh itu
BNM telah menggantikan istilah “SPTF” dengan “Skim Perbankan Islam (SPI)”
berkuatkuasa 1 Disember 1998. Perkembangan sistem perbankan Islam semakin
berkembang apabila pada 1 Oktober 1999, sebuah lagi bank Islam bernama Bank
Muamalat Malaysia Berhad (BMMB) ditubuhkan. Ia dianggap sebagai bank Islam
kedua di Malaysia muncul setelah adanya usaha kerajaan untuk memperkukuhkan
sektor perbankan Islam bagi memenuhi pertambahan permintaan masyarakat terhadap
perkhidmatan perbankan Islam.
Dapatlah dirumuskan di sini bahawa perkembangan sistem
perbankan Islam di Malaysia adalah berdasarkan dua bentuk utama iaitu institusi
perbankan Islam secara total seperti BIMB dan BMMB dan yang kedua ialah
institusi perbankan konvensional yang menyertai SPI yang diperkenalkan kerajaan.Sistem
perbankan Islam di Malaysia semakin berkembang daripada masa ke semasa. Ini
juga selaraskan dengan aspirasi kerajaan bagi menjadikan Malaysia sebagai hub
perbankan dan keuangan Islam yang terulung di dunia.[2]
C. Perkembangan Ekonomi Islam di Indonesia
Banyak sekali keterangan dari dalam Al-Quran yang
menyinggung masalah ekonomi, secara eksplisit maupun implisit. Bagaimana
jual-beli yang baik dan sah menurut Islam, pinjam meminjam dengan akad-akad
yang sah sampai dengan pelarangan riba dalam perekonomian. Semuanya dikupas
secara tuntas dalam hukum dan syari’ah Islam. Dalam Islam ini yang menjadi
panutan serta tauladan dalam penerapan hukum ekonomi Islam adalah Rasulullah
Saw.
Dari namanya saja dapat kita tebak
bahwa hukum ekonomi Islam pasti berpegang pada syari’ah islam dan akan kental
dengan akidah keislaman. Sistem ekonomi syariah islam memungkinkan manusia
untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan jujur tanpa berlebihan dan
saling membantu sesama manusia.
Sehingga diharapkan dengan
menjalankan ekonomi Islam, manusia dapat menemukan sebuah kesetiaan dan
sesejatian dalam Islam yang diharapkan hal ini dapat memberikan kesejahteraan
bagi semua manusia. Cocok sekali dengan tujuan Islam yakni Islam diturunkan
untuk makhluk di bumi ini agar selamat sejahtera.
Bagaimana Ekonomi Islam Di
Indonesia?
Di Indonesia saat ini telah mulai dan dilaksanakan penerapan syariah Islam dalam bentuk aplikasi Ekonomi walaupun masih banyak kekuranganya. Hal ini dikarenakan sudah teralu lama bangsa Indonesia menganut sistem Ekonomi konvensional yang membebaskan semua pelaku usahanya dengan jalan apapun untuk mendapatkan keuntungan sebesar mungkin.
Di Indonesia saat ini telah mulai dan dilaksanakan penerapan syariah Islam dalam bentuk aplikasi Ekonomi walaupun masih banyak kekuranganya. Hal ini dikarenakan sudah teralu lama bangsa Indonesia menganut sistem Ekonomi konvensional yang membebaskan semua pelaku usahanya dengan jalan apapun untuk mendapatkan keuntungan sebesar mungkin.
Mengapa Di Indonesia Dikatakan Susah
dalam Penerapan Syariah Islam?
Mungkin hal ini dapat menjadikan alasan bahwa perkembangan masyarakat Islam di Indonesia untuk dapat menerapkan Ekonomi Syariah Islam dalam Ekonomi terkendala oleh adanya penjajahan yang dilakukan oleh Belanda. Belanda menganggap bahwa Ekonomi Islam dapat menghambat, mengancam dan mengubah pemikiran rakyat Indonesia dalam melakukan kegiatan Ekonomi, padahal ketika itu pihak belanda melakukan sistem monopoli perdagangan yang memang dalam kenyataannya hal ini (Monopoli Perdagangan) hukumnya haram.
Mungkin hal ini dapat menjadikan alasan bahwa perkembangan masyarakat Islam di Indonesia untuk dapat menerapkan Ekonomi Syariah Islam dalam Ekonomi terkendala oleh adanya penjajahan yang dilakukan oleh Belanda. Belanda menganggap bahwa Ekonomi Islam dapat menghambat, mengancam dan mengubah pemikiran rakyat Indonesia dalam melakukan kegiatan Ekonomi, padahal ketika itu pihak belanda melakukan sistem monopoli perdagangan yang memang dalam kenyataannya hal ini (Monopoli Perdagangan) hukumnya haram.
Karena hal itu rakyat Indonesia
membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat memikirkan dan mengenali Sistem
Ekonomi Islam yang pada dasarnya dilandasi oleh hukum yang ada di Al Quran dan
As-Sunah.
Sebagai negara yang mayoritas
penduduknya umat Islam, seharusnya sistem ekonomi syariah Islam ini dapat
dilaksanakan dan diterapkan di Indonesia secara kafah (menyeluruh), yang
mengedepankan transparansi, keadilan dan good governance dalam pengelolaan
usaha dan asset-asset negara. Di mana praktik ekonomi yang dijalankan berpihak
pada rakyat kebanyakan dan berpihak pada kebenaran. Sehingga tidak akan ada
lagi yang namanya korupsi di negeri ini jika Syariah Islam dapat dengan benar
diterapkan secara kafah.
Dapat dipastikan bahwa ekonomi
syariah bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah umat Islam yang saat ini
masih mengalami krisis ekonomi. Merupakan sebuah tantangan yang sangat besar
untuk para pengusaha dan kalangan yang mengerti ekonomi syariah Islam untuk
dapat menerapkan sisem ekonomi syariah ini secara menyeluruh di negeri ini.
Dikutip dalam sebuah artikel bahwa, “Di Indonesia, praktek ekonomi Islam, khususnya perbankan syariah sudah ada sejak 1992. Diawali dengan berdirinya Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan Bank-bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS). Namun, pada decade hingga tahun 1998, perkembangan bank syariah boleh dibilang agak lambat. Pasalnya, sebelum terbitnya UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, tidak ada perangkat hokum yang mendukung sistem operasional bank syariah kecuali UU No. 7 Tahun 1992 dan PP No. 72 Tahun 1992.
Berdasarkan UU No. 7 Tahun 1992 itu bank syariah dipahami sebagai bank bagi hasil. Selebihnya bank syariah harus tunduk kepada peraturan perbankan umum yang berbasis konvensional. Karenanya manajemen bank-bank syariah cenderung mengadopsi produk-produk perbankan konvensional yang “disyariatkan”. Dengan variasi produk yang terbatas. Akibatnya tidak semua keperluan masyarakat terakomodasi dan produk yang ada tidak kompetitif terhadap semua produk bank konvensional.”
Dikutip dalam sebuah artikel bahwa, “Di Indonesia, praktek ekonomi Islam, khususnya perbankan syariah sudah ada sejak 1992. Diawali dengan berdirinya Bank Muamalat Indonesia (BMI) dan Bank-bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS). Namun, pada decade hingga tahun 1998, perkembangan bank syariah boleh dibilang agak lambat. Pasalnya, sebelum terbitnya UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, tidak ada perangkat hokum yang mendukung sistem operasional bank syariah kecuali UU No. 7 Tahun 1992 dan PP No. 72 Tahun 1992.
Berdasarkan UU No. 7 Tahun 1992 itu bank syariah dipahami sebagai bank bagi hasil. Selebihnya bank syariah harus tunduk kepada peraturan perbankan umum yang berbasis konvensional. Karenanya manajemen bank-bank syariah cenderung mengadopsi produk-produk perbankan konvensional yang “disyariatkan”. Dengan variasi produk yang terbatas. Akibatnya tidak semua keperluan masyarakat terakomodasi dan produk yang ada tidak kompetitif terhadap semua produk bank konvensional.”
Peraturan itu menjadi penghalang
bagi berkembangnya bank syariah, karena jalur pertumbuhan jaringan kantor bank
syariah yang telah ada dibatasi. Namun itu dulu dan sekarang ekonomi Islam
benar-benar dapat dilaksanakan jika orang yang mengelolanya benar-benar dapat
mengerti dan secara jujur melaksanakan ekonomi syari’ah Islam.
Mungkin itulah sedikit ulasan
mengenai Perkembangan Sistem Ekonomi Syariah Islam Di Indonesia. [3]
Tujuan Ekonomi Islam:
Ekonomi Islam mempunyai tujuan untuk
memberikan keselarasan bagi kehidupan di dunia. Nilai Islam bukan semata-semata
hanya untuk kehidupan muslim saja, tetapi seluruh mahluk hidup di muka bumi.
Esensi proses Ekonomi Islam adalah pemenuhan kebutuhan manusia yang
berlandaskan nilai-nilai Islam guna mencapai pada tujuan agama (falah). Ekonomi
Islam menjadi rahmat seluruh alam, yang tidak terbatas oleh ekonomi, sosial,
budaya dan politik dari bangsa. Ekonomi Islam mampu menangkap nilai fenomena
masyarakat sehingga dalam perjalanannya tanpa meninggalkan sumber hukum teori
ekonomi Islam, bisa berubah. [4]
D.
Perekonomian Brunei Darussalam
Ekonomi negara
kecil yang kaya ini adalah suatu campuran keusahawanan dalam negeri dan asing,
pengawalan kerajaan, kebajikan, serta tradisi kampung. Pengeluran minyak mentah
dan gas alam terdiri dari hampir setengah PDB. Pendapatan yang cukup besar
pekerjaan luar negeri menambah pendapatan daripada pengeluaran dalam negeri.
Kerajaan membekali semua layanan pengobatan dan memberikan subsidi beras dan
perumahan. Pemimpin-pemimpin Brunei merasa bimbang bahawa keterpaduan dengan
ekonomi dunia yang semakin bertambah akan menjejaskan perpaduan sosial dalam,
walaupun Brunei telah memainkan peranan yang lebih kentara dengan menjadi ketua
forum APEC pada tahun 2000. Rancangan-rancangan yang dinyatakan untuk masa
hadapan termasuk peningkatan kemahiran tenaga buruh, pengurangan pengangguran,
pengukuhan sektor-sektor perbankan dan pariwisata, serta secara umum, peluasan
lagi asas ekonominya. Sistem Penerbangan Brunei Diraja, sistem penerbangan
negara, sedang mencoba menjadikan Brunei sebagai pusat perjalanan internasional
antara Eropa dan Australia/Selandia Baru. Ia juga mempunyai layanan ke
tujuan-tujuan Asia yang utama.
Ekonomi
Brunei Darussalam bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas dengan pendapatan
nasional yang termasuk tinggi di dunia satuan mata uangnya adalah Brunei Dolar
yang memiliki nilai sama dengan Dolar Singapura.
Selain
bertumpu pada sektor minyak bumi dan gas, pemerintah Brunei mencoba melakukan
diversifikasi sumber-sumber ekonomi dalam bidang perdagangan. Namun dalam waktu
dekat usaha tersebut mengalami kebuntuan karena masalah internal kerajaan yang
menurut sumber sumber media internasional dihabiskan untuk kepentingan
pemborosan istana ketika dipegang oleh Pangeran Jeffry. Keadaan tersebut dapat
menimbulkan masalah bagi perekonomian Brunei di masa yang akan datang. [5]
E.
Perekonomian
Singapura
Menurut data Biro Perbankan
Syariah BI, dalam jangka waktu sepuluh tahun kedepan, dibutuhkan tidak kurang
dari 10 ribu SDM yang memiliki kualifikasi dan keahlian di bidang ekonomi
syariah. Tentu ini merupakan peluang yang sangat prospektif sekaligus sebagai
tantangan bagi lembaga-lembaga pendidikan yang ada. Sudah saatnya kajian
ekonomi Islam mendapat ruang dan tempat yang lebih luas lagi di perguruan
tinggi. Kurikulum ekonomi Islam pun perlu untuk terus menerus disempurnakan,
dimana dibutuhkan perpaduan antara pendekatan normatif keagamaan dengan
pendekatan kuantitatif empiris. Riset-riset tentang ekonomi syariah, baik
pada skala mikro maupun makro harus terus diperbanyak. Ini akan memperkaya
khazanah literatur ekonomi syariah sekaligus mempercepat perkembangan ekonomi
syariah secara utuh dan menyeluruh. Perkembangan sistem ekonomi syariah dalam
satu dekade terakhir ini di Indonesia terlihat semakin pesat. Hal ini
merupakan sebuah fenomena yang sangat menarik. Apalagi kondisi ini terjadi di
saat bangsa Indonesia ditimpa oleh krisis multidimensi, yang diawali oleh
krisis moneter pada tahun 1997, yang hingga saat ini masih berkepanjangan.
Sektor perbankan syariah misalnya, sebelum tahun 1998 di Indonesia hanya
terdapat satu bank umum yang beroperasi berdasarkan sistem syariah. Maka
pasca 1998, bank-bank umum yang beroperasi berdasarkan sistem syariah tumbuh
dan berkembang, sehingga di Indonesia kini terdapat kurang lebih sekitar
sepuluh bank umum syariah. Belum lagi ditambah dengan puluhan bank
perkreditan syariah yang beroperasi di tingkat kecamatan di berbagai wilayah
negara Indonesia. Tumbuh dan berkembangnya sektor perbankan syariah merupakan
bukti semakin tumbuhnya kesadaran sebagian masyarakat Indonesia untuk
menerapkan syariat Islam dalam bidang ekonomi. Apalagi fakta membuktikan
bahwa bank syariahlah yang relatif mampu bertahan di tengah serbuan badai
krisis ekonomi, meskipun kalau dilihat dari persentase volume usaha perbankan
syariah, maka nilainya masih relatif kecil yaitu sekitar 0, 23 persen. Begitu
pula dengan perkembangan sektor zakat, sebagai salah satu pilar ekonomi
Islam. Kesadaran sebagian umat Islam untuk menunaikan zakat semakin besar.
Zakat kini tidak dipandang sebagai suatu bentuk ibadah ritual semata, tetapi
lebih dari itu, zakat juga merupakan institusi yang akan menjamin terciptanya
keadilan ekonomi bagi masyarakat secara keseluruhan. Jadi dimensi zakat tidak
hanya bersifat ibadah ritual saja, tetapi mencakup juga dimensi sosial,
ekonomi, keadilan dan kesejahteraan. Zakat juga merupakan institusi yang
menjamin adanya distribusi kekayaan dari golongan â€Å“the haveâ€? kepada
golongan â€Å“the have notâ€?. Kekhawatiran dan ketakutan bahwa zakat akan
mengecilkan dan mereduksi capital formation masyarakat sangat tidak
beralasan. Bahkan pengeluaran 2,5 % zakat dari capital stock perekonomian
setiap tahun, akan mampu menyimpan 27,5 % dari setiap tambahan dalam capital
stock untuk mempertahankan perekonomian pada level sebelumnya (lihat Muhammad
Akram Khan dalam Issues in Islamic Economics). Hal ini mengindikasikan
tingginya perhatian dalam pembentukan struktur permodalan dalam masyarakat.
Institusi zakat harus pula didorong untuk dapat menciptakan lapangan usaha
produktif bagi kelompok masyarakat yang tidak mampu, yang termasuk dalam
kelompok yang berhak menerima zakat. Seluruh komponen bangsa, termasuk
pemerintah, harus memiliki komitmen yang kuat akan hal ini, karena dampaknya
akan dirasakan langsung oleh masyarakat, sehingga dengan demikian tingkat
pengangguran pun akan mampu diminimalisir. Apalagi kita menyadari bahwa angka
pengangguran yang terjadi di Indonesia masih sangat tinggi, yaitu sekitar 40
juta orang atau 18 % dari keseluruhan total penduduk. Kita perlu banyak
belajar kepada negara Malaysia didalam mengelola masalah zakat. Malaysia
adalah contoh negara yang berhasil didalam menjadikan zakat sebagai institusi
yang mampu mereduksi tingkat kemiskinan, sehingga berdasarkan data Badan
Zakat negara tersebut, jumlah orang miskin Malaysia kini hanya tinggal 10
ribu orang saja. Tentu dengan kriteria kemiskinan yang berbeda dengan
Indonesia. Kita berharap dengan adanya UU No. 38 tahun 1999 tentang
Pengelolaan Zakat, maka segala potensi zakat di Indonesia yang mencapai 6,3
triliun rupiah per tahunnya (menurut perhitungan Dr KH Didin Hafidhuddin,
ulama pakar zakat) akan dapat dioptimalkan. Badan Amil Zakat (BAZ) dan
Lembaga Amil Zakat (LAZ) harus mampu memerankan dirinya sebagai pengelola
zakat yang tidak hanya bersifat amanah, tetapi juga bertanggung jawab,
transparan, dan profesional. Bagi pemerintah sendiri pun, pembiayaan bagi
pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat melalui dana zakat akan lebih baik bila
dibandingkan dengan kebijakan deficit financing. Sektor-sektor usaha lainnya,
seperti asuransi syariah, koperasi syariah, BMT (Baytul Maal wat Tamwiil),
juga semakin berkembang, dan bahkan kini telah merambah sektor pasar modal.
Dibukanya Jakarta Islamic Index juga membuktikan bahwa ekonomi syariah
memiliki pangsa pasar tersendiri dan memiliki propek yang sangat strategis kedepannya.
Langkah-langkah Membangun Sistem Ekonomi Islam Ada beberapa langkah yang
diperlukan dalam rangka membangun sistem perekonomian yang berdasarkan ajaran
Islam, yaitu : Pertama, adalah dengan meningkatkan sosialisasi mengenai
konsep ekonomi Islam secara komprehensif. Bahwa ekonomi Islam bukanlah
semata-mata menyangkut aspek ibadah ritual saja, tetapi juga menyentuh
dimensi-dimensi yang bersifat muamalah (sosial kemasyarakatan). Ekonomi Islam
pun bukan semata-mata bersifat eksklusif bagi umat Islam saja, tetapi juga
bermanfaat bagi kalangan umat beragama lainnya. Sebagai contoh, 60 % nasabah
bank Islam di Singapura adalah umat non muslim. Kalangan perbankan di Eropa
pun sudah melirik potensi perbankan syariah. BNP Paribas SA, bank terbesar di
Perancis telah membuka layanan syariahnya, yang diikuti oleh UBS group,
sebuah kelompok perbankan terbesar di Eropa yang berbasis di Swiss, telah
mendirikan anak perusahaan yang diberi nama Noriba Bank yang juga beroperasi
penuh dengan sistem syariah. Demikian halnya dengan HSBC dan Chase Manhattan
Bank yang juga membuka window syariah. Bahkan kini di Inggris, tengah
dikembangkan konsep pembiayaan real estate dengan skema syariah. Ini semua
membuktikan bahwa konsep ekonomi Islam berlaku secara universal. Kemudian yang
kedua, perlu dikembangkan dan disempurnakannya institusi-institusi ekonomi
syariah yang sudah ada. Jangan sampai transaksi-transaksi yang dilakukan
tidak sesuai dengan prinsip-prinsip ajaran Islam. Karena itu dibutuhkan
adanya pengawasan yang ketat terhadap aktivitas institusi ekonomi Islam yang
ada, baik itu perbankan syariah, asuransi syariah, lembaga zakat, maupun yang
lainnya. Disini dituntut optimalisasi peran Dewan Syariah Nasional MUI
sebagai institusi yang memberikan keputusan / fatwa apakah transaksi-transaksi
ekonomi yang dilakukan telah sesuai dengan syariah atau belum. Begitu pula
dengan masyarakat luas, dimana dituntut pula untuk secara aktif mengawasi,
mengontrol, dan memberikan masukan yang bersifat konstruktif bagi perbaikan
dan penyempurnaan kinerja lembaga-lembaga ekonomi syariah. Ketiga, adalah
dengan terus menerus memperbaiki berbagai regulasi yang ada. Perangkat
perundang-undangan dan peraturan lainnya perlu terus diperbaiki dan
disempurnakan. Kita bersyukur telah memiliki beberapa perangkat
perundang-undangan yang menjadi landasan pengembangan ekonomi syariah,
seperti UU No. 38 tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat, UU No. 10 tahun 1998
tentang Perbankan, yang membolehkan shariah windows, maupun UU No. 17 tahun
2000, dimana zakat merupakan pengurang pajak. Namun ini belumlah cukup,
apalagi mengingat Peraturan Pemerintah yang menjabarkan undang-undang
tersebut belumlah ada, sehingga peraturan seperti zakat adalah sebagai
pengurang pajak masih belum terealisasikan pada tataran operasional.
Sedangkan yang keempat adalah dengan meningkatkan kualitas SDM yang memiliki
kualifikasi dan wawasan ekonomi syariah yang memadai. Menurut data Biro
Perbankan Syariah BI, dalam jangka waktu sepuluh tahun kedepan, dibutuhkan
tidak kurang dari 10 ribu SDM yang memiliki kualifikasi dan keahlian di
bidang ekonomi syariah. Sedangkan disisi lain, kita melihat kenyataan bahwa
institusi pendidikan yang ada belum mampu menyediakan kebutuhan SDM tersebut.
Tentu ini merupakan peluang yang sangat prospektif sekaligus sebagai
tantangan bagi lembaga-lembaga pendidikan yang ada. Sudah saatnya kajian
ekonomi Islam mendapat ruang dan tempat yang lebih luas lagi di perguruan
tinggi. Kurikulum ekonomi Islam pun perlu untuk terus menerus disempurnakan,
dimana dibutuhkan perpaduan antara pendekatan normatif keagamaan dengan
pendekatan kuantitatif empiris. Riset-riset tentang ekonomi syariah, baik
pada skala mikro maupun makro harus terus diperbanyak. Ini akan memperkaya
khazanah literatur ekonomi syariah sekaligus mempercepat perkembangan ekonomi
syariah secara utuh dan menyeluruh.
|
F.
Penerapan
sistem Ekonomi Islam di Negara Minoritas Muslim
Sistem ekonomi Islam saat ini menjadi bahan perbincangan di
seluruh dunia. Adanya diskusi,seminar, workshop, training, short course (kursus
singkat) tentang ekonomi dan perbankanSyariah menjadi salah satu bukti semakin
populernya ekonomi Islam. Bahkan tak sedikit perguruan tinggi yang membuka
jurusan ekonomi Islam. Bahkan banyak perguruan tinggi yang dikenal dengan
‘aliran’ sekuler membuka jurusan atau program studi ekonomi Islam.
Fenomena
itu terjadi bukan hanya di Negara-negara muslim atau negara yang
mayoritaspenduduknya beragama Islam, namun wacana system ekonomi Islam juga
ramaidiperbincangkan di Negara-negara yang penduduk muslimnya tergolong
minoritas, sepertiAustralia, Belanda, Inggris, dan lain-lain. Wacana penerapan
system ekonomi Islam telahberlangsung sejak Negara-negara OKI membentuk suatu
lembaga dengan nama IslamicDevelopment Bank (IDB), bahkan jauh sebelum itu.
Namun seiring makin banyaknyaperusahaan-perusahaan besar yang menganut system
ekonomi kapitalis mengalami kehancuran,system ekonomi Islam dipilihnya sebagai
system ekonomi alternative.Sebagai seorang muslim, munculnya wacana penerapan
system ekonomi Islam di seluruh dunia,merupakan suatu kebanggaan tersendiri.
Karena
konsep Islam yang rahmatan lil ‘alamin langkah demi langkah akan menuai
pembuktiannya. System ekonomi Islam sendiri telah banyak mengalami
kemajuan yang pesat di negara-negara yang mayoritas berpenduduk muslim,
sepertiMalaysia, Indonesia, Iran, Sudan, Pakistan, Arab Saudi dan lain
sebagainya.Namun demikian penerapan system ekonomi Islam di Negara-negara
mayoritas muslim dalamprakteknya diakui mengalami beberapa persoalan, baik dari
sudut pandang hokum maupunteknis operasional. Hal ini memang wajar, karena
selama ini system ekonomi kapitalis masihmendominasi di berbagai Negara. Karena
itu pula penerapan system ekonomi Islam seolah-olahdipaksakan untuk
menggantikan mekanisme yang sudah akut dengan gaya ekonomi kapitalis.Sehingga
fakta yang telah membuktikan adanya perkembangan system ekonomi Islam
diNegara-negara maju atau Negara barat yang mendirikan lembaga ekonomi Islam
atau perbankansyariah perlu mendapat perhatian dan kajian.Sebagaimana diketahui
saat ini Inggris telah mengklaim bahwa negaranya telah berhasilmenerapkan
sistem ekonomi Islam. Selain itu Singapura juga mengklaim negaranya
suksesmenerapkan system ekonomi Islam, bahkan telah menjadi pusat keuangan
syariah di dunia.Padahal banyak Negara-negara muslim yang sudah lama menerapkan
system ekonomi Islam
belum
berani mengklaim dirinya ‘sukses’.
Oleh
karena itu penyusun dalam tulisan ini inginberupaya memahami fenomena yang
terjadi saat dimana system ekonomi Islam justrumengalami kemajuan di
Negara-negara yang mayoritasnya berpenduduk non muslim. Namundemikian penyusun
hanya akan memfokuskan fakta yang mana Singapura menjadi pusatkeuangan Islam.
Dalam pembahasan ini kiranya perlu diketahui makna ekonomi dan keuanganIslam
yang sebenarnya termasuk bagaimana perkembangan ekonomi Islam di
Negara-negaraMuslim sebagai perbandingan. Oleh karenanya gambaran Singapura
dari beberapa aspek terutama aspek ekonomi sangat penting sebagai bahan
kajian. Selanjutnya mekanisme yang dijalankan Singapura dalam menerapkan
ekonomi dan keuangan Islam apakah sudah sejalan.[6]
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Sistem
perekonomian islam di Malaysia membicarakan tentang sistem perbankan Islam, secara tidak langsung ia akan
melibatkan prinsip transaksi yang berlandaskan Islam. Sejarah telah membuktikan
bahawa transaksi Islam telah dipraktikkan di Tanah Melayu seawal abad ke-16
lagi. Prinsip ini dapat dilihat di dalam undang-undang Melaka. Apa yang
jelas, kebanyakan negeri-negeri ketika zaman sebelum kemerdekaan turut
dipengaruhi oleh undang-undang Melaka termasuklah yang melibatkan aspek
transaksi Islam sama ada secara langsung atau tidak langsung. Pelaksanaan
undang-undang Islam di negeri-negeri tersebut berterusan sehinggalah campur
tangan Inggeris.
Perkembangan ekonomi islam Indonesia Banyak sekali keterangan dari dalam Al-Quran yang
menyinggung masalah ekonomi, secara eksplisit maupun implisit. Bagaimana
jual-beli yang baik dan sah menurut Islam, pinjam meminjam dengan akad-akad
yang sah sampai dengan pelarangan riba dalam perekonomian. Semuanya dikupas
secara tuntas dalam hukum dan syari’ah Islam. Dalam Islam ini yang menjadi
panutan serta tauladan dalam penerapan hukum ekonomi Islam adalah Rasulullah
Saw.
Perekonomian singapura,Indonesia, malaysia dan brunei
darussalam berkaitan dengan ekonomi syari’ah yaitu mempelajari masalah-masalah
ekonomi rakyat yang dipahami oleh nilai-nilai islam. Sistem ekonomi Islam saat ini menjadi bahan
perbincangan di seluruh dunia. Adanya diskusi,seminar, workshop, training,
short course (kursus singkat) tentang ekonomi dan perbankanSyariah menjadi salah
satu bukti semakin populernya ekonomi Islam. Bahkan tak sedikit perguruan
tinggi yang membuka jurusan ekonomi Islam. Bahkan banyak perguruan tinggi yang dikenal
dengan ‘aliran’ sekuler membuka jurusan atau program studi ekonomi Islam.
B.
Kritik dan Saran
1.
Kritik
Dalam pembahasan ekonomi islam di
asia tenggara ini sangatlah penting. Perekonomian di setiap negara memiliki
prinsip yang berbeda tentang ekonomi tetapi penulis mengkritik walaupun sistem
ekonomi berbeda jika memasuki tentang islam semua tidak jauh beda prinsip
ekonom islamnya.
2.
Saran
Makalah ini menguraikan
bagaimana ekonomi islam di asia tenggara. Penulis menyarankan bahwa masyarakat
seasia tenggara haruslah sesuai dengan agama islam. Penulisan makalah ini
tentunya tidak luput dari kesalahan. Maka dari itu,penulis terbuka menerima
kritk dan saran agar penyusunan makalah berikutnya dapat lebih baik.
[1] Junaidi,
latifah, margiono. 2007. Pendidikan Agama Islam 2. Jawa Barat: Yudhistira
[2]
Posted by syafiqe on March 26, 2008
[3] Publikasi: Rabu, 10 Zulqa'dah 1433 H / 26 September 2012
07:49 WIB
[6] http://id.wikipedia.org/wiki/singapura diakses
pada tanggal 27 april 2013 pukul 20:01
Terimakasih telah membaca Makalah Perkembangan ekonomi Islam di Asia Tenggara... semoga bermanfaat.
keywords: Makalah Perkembangan ekonomi Islam di Asia Tenggara, ekonomi Islam di Asia Tenggara, Perkembangan ekonomi Islam, Studi Islam Asia Tenggara
Nice artikel Gan,, semiga bermanfaat :)
ReplyDelete