Sebaiknya Tidur Menghadap ke Kanan

Sebaiknya Tidur Menghadap ke Kanan :


Sebaiknya Tidur Menghadap ke Kanan
Sebaiknya Tidur Menghadap ke Kanan

Sebaiknya Tidur Menghadap ke Kanan :


Sebaiknya Tidur Menghadap ke Kanan : Assalamua'laikum... Salam nakama! Kali ini ar-sembilan akan membagi pengetahuan Manfaat Tidur Menghadap ke Kanan. Tidur sangat dibutuhkan untuk mengembalikan stamina tubuh yang kita pakai selama beraktifitas. Pada dasarnya, seseorang tidak menyadari gerakan yang dilakukan pada waktu tidur. Posisi tidur sangat berpengaruh bagi kesehatan. Salah satu posisi tidur yang dianjurkan adalah tidur dengan posisi miring ke kanan.

Barra' bin Azib berkata. "Nabi Muhammad SAW bersabda kepadaku. 'Apabila kamu datng ke tempat tidurmu (hendak tidur), berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian kamu tidur miring pada bagian kanan'

Sabda lainnya didasarkan sabda Rasulullah: "Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (HR. Al-Bukhari - Muslim)

Banyak sekali hikmah dibalik sunnak tidur miring ke sebelah kanan. Seperti dikutip dari NYTimes, Selasa (26/10/2010) pada umumnya dokter akan menyarankan orang tidur miring sehingga gaya gravitasi bisa terjaga untuk menjaga isi perut.

Tidur miring menghadap kanan lebih bagus daripada menghadap kiri, karena mampu melindungi jantung dari posisi tertindih organ lainnya.

Tapi ternyata tak selamanya demikian. Tidur menghadap kiri pun bisa memberikan manfaat untuk kesehatan terutama pada orang yang memiliki gangguan asam lambung.

Fakta menunjukkan bahwa posisi tidur menghadap ke kiri sangat penting bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung seperti timbulnya rasa panas terbakar di perut (heartburn), karena posisi yang salah bisa membuat asam lambung masuk ke kerongkongan dan memicu insomnia.

Sebaliknya beberapa studi telah menemukan bahwa tidur menghadap ke kanan akan memperburuk kondisi tersebut di atas, sedangkan jika menghadap kiri bisa membantu menenangkan.

Bagi penderita gangguan lambung, tidur menghadap kanan membuat esophageal sphincter (saluran antara perut dan kerongkongan) melemah yang membuat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga bikin perih di lambung.

Selain itu bagi penderita gangguan lambung, tidur dengan posisi menghadap kiri akan membuat sambungan antara perut dan kerongkongan tidak terbuka meskipun kadar asam lambung tinggi. Hasil studi ini dilaporkan dalam The Journal of Clinical Gastroenterology.

Dalam penelitian lain yang dimuat The American Journal of Gastroenterology menunjukkan bahwa tidur dengan posisi miring ke kanan bagi penderita lambung akan meningkatkan asam lambung dan kerongkongan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghilangkannya.




Terimakasih telah membaca Sebaiknya Tidur Menghadap ke Kanan... semoga bermanfaat.

keywords: Sebaiknya Tidur Menghadap ke Kanan, Manfaat Tidur Menghadap ke Kanan, Tidur Menghadap ke Kanan

0 Comment "Sebaiknya Tidur Menghadap ke Kanan"

Post a Comment

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments