Tentang Teknik Informatika UIN SUSKA RIAU

Tentang Teknik Informatika UIN SUSKA RIAU


teknik-informatika-uin-suska
teknik-informatika-uin-suska

Tentang Teknik Informatika UIN SUSKA RIAU


Teknik Informatika : Berikut saya paparkan sejarah singkat berdirinya Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA RIAU Pekanbaru yang didapatkan dari website UIN SUSKA RIAU. Dengan keberadaan letak geografis Provinsi Riau yang strategis ternyata membawa dampak yang sangat positif bagi perkembangan daerah dan pertumbuhan ekonomi Provinsi, terutama di era otonomi daerah yang penguasaannya sudah diundang-undangkan sejak tahun 1999. Dibangunnya sejumlah daerah yang berpotensi menjadi kantong-kantong industri padat modal yang berlatar teknologi tinggi, seperti daerah Kabupaten Bengkalis, Dumai, Duri, Siak dan Pelalawan telah meningkatkan, di satu pihak, volume arus lalu lintas barang-barang produksi dan komoditi dan, di pihak lain, mobilitas arus manusia yang mengakibatkan terjadinya akulturasi antara ide-ide intelektual dan kebudayaan internasional dengan ide dan kebudayaan masyarakat lokal. 

      Pembukaan daerah-daerah kantong industri padat modal yang berlatar teknologi tinggi ini banyak menyerap tenaga ahli yang berkompeten untuk menjalankan semua peralatan yang diperlukan dalam industri tersebut. Salah satu unsur tenaga ahli yang diperlukan adalah tenaga ahli teknik informasi, baik sebagai computer programmer atau software engineer, system analyst, network administrator dan web designer, database administrator, information technology engineer, maupun sebagai consultant information system dan information system manager. Bahkan, melihat kepada kecenderungan terkini per-kembangan dunia teknologi informasi yang juga menghampiri sektor operasional bidang-bidang pemerintahan, perekonomian, pertanian, peternakan, komunikasi dan jasa, bisa dipastikan pemanfaatan tenaga-tenaga ahli teknik informatika menjadi salah satu keharusan yang tidak bisa dihindarkan, terutama pada tahun-tahun mendatang.

    Kenyataan ini akan  semakin tidak terelakkan mengingat telah disetujuinya perjanjian AFTA yang menetapkan kawasan ASEAN(Asia Tenggara) sebagai zona perdagangan bebas sejak tahun 2003 dan dunia pada tahun 2020. Sebagai jawaban konkrit terhadap perkembangan-perkembangan baru yang terjadi secara merata di seluruh Provinsi Riau, UIN Suska Riau yang merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi Islam membuka Jurusan Teknik Informatika sebagai bentuk partisipasi aktifnya dalam membina dan mendidik masyarakat, khususnya di Provinsi Riau, dengan keilmuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengisi dan mewarnai pembangunan dan perkembangan Provinsi Riau.



Terimakasih telah membaca Tentang Teknik Informatika UIN SUSKA RIAU... semoga bermanfaat.

artikel ini : Teknik Informatika UIN SUSKA
keywords: Tentang Teknik Informatika UIN SUSKA RIAU, Teknik Informatika UIN SUSKA RIAU, UIN SUSKA RIAU

0 Comment "Tentang Teknik Informatika UIN SUSKA RIAU"

Post a Comment

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments