Review One Piece 726

Review One Piece 726 : Assalamua'laikum... Salam nakama!  Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba! Update Komik One Piece 726! Berikut ini adalah ulasan, review, dan teori dari teman saya Bung Tony aka Tonyohoho

op726

Review One Piece 726 : Selamat malam nakama One Piece indonesia! Salam Suppaaa!  Setelah libur minggu lalu One Piece kembali dengan chapter opic lainnya, 726-Kemampuan Trebol! Tentu saja sesuai judulnya highlight di chapter ini adalah Trebol. Yang masih menjadi perdebatan disana sini apakah memang dia orang yang merubah orang-orang menjadi mainan? Kenapa tubuhnya seperti mencair? Apakah dia logia atau paramecia? Apakah semua yang terjadi bukan hanya ulah satu orang pemakan buah iblis? Adakah orang lain yang membantu Trebol dalam proses tersebut? Bla Bla Bla. Kita akan bahas tuntas hal itu di review ini. Dan tentu saja di chapter ini ada dua konfirmasi besar yang diberikan oleh Oda, yang kebetulan sesuai dengan yang kuprediksikan di review 721-Rebecca dan Soldier-san. Disamping banyaknya rahasia yang terkuak, masih banyak misteri lain yang turut mengikuti.

1. Tidak ada coverstory. Kita tunda dulu pembahasan tentang X-Drake dan Caribou yang lagi panas. Yang ada adalah Colorspread baru. Kelompok topi jerami bersama sosok kecil mereka masing-masing! Walaupun agak bingung kenapa Oda memberikan warna hitam pada baju Zoro dan bahu Suppa Franky. Menarik melihat sosok kecil Brook yang bisa dikatakan mirip Usopp (kecuali hidungnya, lol). Disertai nomor pada baju mereka, warna pakaian yang mereka kenakan juga merepresentasikan diri masing-masing. Kita ingat di sbs volume 40 dan 50 Oda pernah menjelaskan warna masing-masing anggota topi jerami. Luffy-Merah, Zoro-Hijau, Nami-Jingga, Usopp-Kuning, Sanji-Biru, Chopper-Merah muda, Robin-Ungu, Franky-biru muda dan Brook-hitam putih.  Apapun Colorspread yang luar biasa seperti biasanya. Dengan kalimat mendalam yang tertulis di latar belakang. "We Can Live How We Want"-"Kita bisa menjalani hidup seperti yang kita inginkan". Sebuah pedoman yang menggambarkan tentang "Kebebasan". Yup, Kebebasan, kata-kata yang pernah disebut Roger dan Luffy secara khusus. xD Oh. Pembaca harusnya sudah menyadarinya.

"Manusia yang mencari arti kebebasan hingga batas kekuatannya. Merekalah orang-orang yang sama sekali tak dapat dihentikan" Gol D Roger

"Aku tak ingin menaklukkan apapun. Aku hanya merasa kalau orang dengan kebebasan terbesar di lautan inilah yang disebut sebagai Raja bajak laut" Monkey D Luffy

Oh ya. Tentu saja. One Piece juga menjadi cover Weekly Shonen Jump minggu ini. Dengan gambar Luffy mengenakan mahkota mengacungkan 3 jari dan latar belakang cover-cover volume One Piece dari no 1 hingga 72. Jelas sudah, 300 juta copy!  Manga Jump terlaris sepanjang masa ditambah rilisnya Volume 72 minggu ini. Sebagai perbandingan Dragon Ball yang di posisi dua 'hanya' 157juta copy dan Kochikame di posisi 3 dengan 156juta copy. Tambahan informasi aja Naruto di posisi 4 131juta copy dan Slam Dunk 120juta copy. One Piece sudah melewati Dragon Ball akhir tahun 2009 silam.

2. Masuk ke cerita, dimulai dengan berjatuhannya peserta lainnya. Kelly Punk, Ideo dan Boo menyusul peserta lainnya terperangkap di bawah tanah. Kemudian hal yang sudah banyak diprediksikan terbukti saat Tank Lepanto yang merupakan komandan pasukan pertahanan Dressrosa menghampiri Ricky. Riku Dolde III melepas topengnya! Dia adalah Mad King yang dituduh melakukan pembakaran besar "Great Fire of Dressrosa" 10 tahun silam. Mantan raja Dressrosa sekaligus kakek dari Rebecca! 

Banyak rumor yang beredar tentang nasib mantan raja ini. Ada yang bilang dia telah tewas dan ada yang bilang dia menjadi gila. Teoriku dulu adalah setelah dia dikudeta oleh Doflamingo 10 tahun silam dan kehilangan tahta, dia dipaksa pergi meninggalkan Dressrosa dan tinggal di pulau lain. Kemudian kembali lagi di hari ini karena membaca berita tentang mundurnya Doflamingo dari Shichibukai sekaligus dari tahta Dressrosa sekedar untuk memantau situasi. Agar tidak mencurigakan dia menyamar sebagai Gladiator supaya mudah memasuki pulau. 

3. Tank Lepanto menjadi sosok yang sangat menarik disini. Ingat tidak apa yang dia lakukan di Blok B? Dia membantu Dagama dari kerajaan Prodense karena uang! Berkata kepada bellamy bahwa dia lebih memilih uang di depan mata daripada mengejar mimpi tak pasti. Diperkenalkan sebagai karakter yang menunjukkan sisi yang buruk, Oda mengembangkan karakter minor itu menjadi karakter yang memiliki kepribadian besar!! I salute you, sir. Orang pertama yang menyadari siapa identitas asli Ricky. Orang yang menangis karena mengetahui sang (mantan) raja ternyata masih hidup. Orang yang berkorban dan sengaja bekerja dibawah Doflamingo yang dia benci karena ingin melindungi seseorang! Viola.. Siapa dia akan kita akan bahas panjang lebar nantinya. 

Karakter lain juga menunjukkan perkembangan luar biasa di chapter ini. (Damn! This is why I love One Piece). Oda meluangkan waktunya untuk karakter-karakter ini. Dia benar-benar membuat manga luar biasa yang tidak hanya berisi karakter-karakter keren yang bisa dihitung jumlahnya. Dia membuat dunia besar dengan ratusan (barangkali ribuan, aku ga ngitung) karakter yang dipikirkan secara jenius, dengan kekhasan masing-masing dan kepribadian yang dalam! Elizabello menunjukkan sifat bersahabatnya terhadap Riku. Dagama menunjukkan kekritisannya terhadap situasi dengan mengatakan nama Raja Riku sudah ternoda. Don, Sai dan Boo membeberkan tujuan utama mereka mengikuti turnamen. Membuat orang-orang ini berperan sebagai sosok antagonis saat bertarung di colosseum, tapi akhirnya mereka tidaklah sejahat yang terlihat? Benar-benarlangkah yang brilian.

4. "Sakit bagi seseorang adalah untung bagi yang lain". 
Sejak Raja Riku menghilang, keseimbangan antara negara-negara di sekitarnya runtuh. Perang antar negara tak bisa dihindari! Seseorang menggenderangkan perang dari belakang layar. Mengambil keuntungan dari semua itu dengan menjual senjata perang kepada negara-negara yang berperang. Yang juga menjual senjata kepada negara yang sedang dihadapi Kanokuni. Dialah JOKER! Broker dunia bawah yang menyukai kekacauan! Cmon Doflamingo. xD Kamu benar-benar telah menciptakan musuh dari berbagai pihak. 

Disini ada poin yang menarik saat Don chinjao mengatakan mereka tidak mengetahui dimana senjata-senjata itu dibuat dan disimpan. Apakah benar-benar dibuat disini? Apakah Joker benar-benar produsen senjata? Kita ingat sesuatu yang menarik di pulau yang sekarang dikudeta Caribou? Pabrik senjata! Gatling gun. Jadi menurutku anak buah Kaidou lah yang produsen senjata, dibuat di pulau favorit Kaidou tersebut. Sedangkan peran Joker sederhana adalah agen distributor yang menyalurkannya kepada para pelanggan. Pabrik (Dark Factory) yang ada di Dressrosa hanyalah pabrik SMILE, tidak dengan pabrik senjata. Walaupun tak menutup kemungkinan sih juga ada pabrik lain di Dressrosa xD

Bisakah Happou Navy yang bergerak dibawah perintah Raja Kanokuni menghentikan suplai senjata tersebut? Oh.. Kebetulannya sih di pulau Kaidou, sebuah pabrik senjata sudah ditelan Caribou bulat-bulat xD Yup.. Kebetulan... Kebetulan.. Urusan selanjutnya tinggal menghajar sang distributor. Dan itupun tenang saja, Monkey D Luffy akan membantu kalian menghajarnya dengan senang hati. lol

5. Suppa powerful scene is coming. Adegan saat para gladiator serta mainan rusak yang tiba-tiba bangkit membungkuk kepada sang raja membuatku bergidik! Oda melakukannya lagi. Adegan powerful lainnya yang berhubungan dengan seorang raja pernah terjadi saat Raja Cobra berteriak keras di Arabasta menyemangati para pemberontak yang merasa bersalah setelah perang saudara usai (Salah satu adegan favoritku di komik ini).

Apa yang terjadi? Kenapa Raja Riku yang seharusnya dibenci penduduknya malah mendapatkan penghormatan seperti itu? Kita pembaca tentu sudah bisa menebak siapa sisi yang jahat dan sisi yang baik dalam tragedi 10 tahun silam. 

Oh ya. Bangkitnya boneka-boneka itu menjelaskan apa yang kubingungkan chapter sebelumnya. Aku kemarin bingung kenapa Pacar Etsa yang semula hidup di chapter 717 tiba-tiba menjadi tergeletak tak berdaya di chapter 725. Kukira semua boneka rusak itu adalah tubuh orang mati, lol. xD Tapi ternyata mereka hanya tidak menggerakkan diri. Barangkali hendak melihat situasi karena banyaknya manusia yang tiba-tiba berjatuhan ke tempat yang sama. Toh setelah Raja Riku menunjukkan diri dan para Gladiator menunjukkan hormat kepada dirinya, para boneka serentak mulai bergerak.

Hack benar-benar misterius saat dia menghubungi seseorang dengan denden mushi! Bertindak seperti seorang mata-mata, bekerja untuk siapa dia? Asumsi paling mudah dia bekerja sama dengan Jinbe dan Bajak Laut Matahari. Bisa jadi dia juga anggota bajak laut matahari atau bisa jadi dia hanya sekedar rekan Jinbe sesama Manusia ikan. Dia berkata mengenal Jinbe, dan jelas sekali Jinbe terlihat begitu tertarik saat membaca koran tentang mundurnya Doflamingo dan munculnya aliansi Straw-Heart. Oh, kurasa Jinbe cukup cerdas untuk menduga kalau aliansi Law dan Luffy lah yang menyebabkan mundurnya (walaupun tipuan) Doflamingo. Jadi barangkali dia meminta bantuan Hack untuk memantau situasi di Dressrosa. 

Terakhir.. Siluet siapa itu? Panel tepat setelah Hack menghubungi seseorang, ada bayangan kaki (?) seseorang yang sedang berdiri dalam diam. Kemungkinan terbesar sih itu juga merupakan salah satu peserta yang kalah. Yang tak banyak bicara.

6. Siapa Viola? Kesan pertamaku dia adalah ibu Violet. Saudari kandung Scarlet. Tapi ada sedikit plothole, karena nama itu terlalu mirip dengan anaknya. Dan lagi dimana dia sekarang? Apakah dikurung disebuah penjara bawah tanah? Bukankah Tank lepanto melindunginya? 

Yang kedua adalah dia nama kecil/panggilan Violet (Menurut Aohige juga begitu). Jadi yang dilindungi Tank Lepanto dengan terpaksa bekerja dibawah Doflamingo adalah Violet! Siapa dia? Di review chapter 721 aku mengatakan kemungkinan kalau Violet berhubungan darah dengan Rebecca (Well, banyak yang menyebut teoriku dipaksakan saat itu). Dia adalah sepupu Rebecca, Karena Riku Dolde tidak hanya memiliki seorang putri, ada anak lain selain Scarlet. Anak lain inilah yang merupakan orang tua Violet. Dengan kata lain Violet adalah pewaris tahta yang lebih berhak daripada Rebecca (itu poinnya). 

Tapi rupanya aku lupa hal mendasar. -__- Aku menyebut Violet dan Rebecca sepupu simpel karena aku merasa mereka seumuruan. Tapi benarkah mereka seumuran? Dari Flashback 10 tahun silam, bisa kita asumsikan umur Rebecca sekarang sekitar awal 20 tahunan. Tapi berapa umur Violet? Bisa berapa saja! xD Sebagai perbandingan usia Hancock adalah 31 tahun. Nico Robin 30 tahun. Tidak menutup kemungkinan umur Violet mendekati atau sedikit melebihi dua orang itu bukan? Kalau umurnya segitu dia lebih cocok dikatakan sebagai Tante Rebecca daripada seorang sepupu. Riku Scarlet bukan anak satu-satunya Riku Dolde. Dia memiliki saudari kandung yang lebih muda beberapa tahun, Riku Violet! Anak yang masih hidup. Yang dilindungi Tank Lepanto. Pewaris tahta paling sah untuk Dressrosa. xD Aww Sanji.. Kamu lagi dekat dengan seorang wanita 'dewasa' kah?

7. Plot Twist lainnya di arc ini. Trebol langsung unjuk gigi. Sebuah benda cair yang kita tak tahu apa itu turun dari lubang atas. Menarik Sai dan dengan beberapa panel yang menunjukkan adanya jeda waktu, Sai berubah menjadi mainan!! Monyet! Dengan sebuah perintah dia menjadikan Sai anak buah yang patuh. Oh. Apakah kekuatannya yang sebenarnya?

Aku berpendapat itu kekuatan yang lingkupnya cukup luas. Tidak sesimpel paramecia plastik atau lem yang takkan bisa mengubah tubuh orang lain yang terdiri dari darah dan daging menjadi mainan. Atau paramecia mainan yang takkan bisa menjelaskan kenapa tubuh Trebol seolah-olah menjadi cair. Lebih luas lagi. Cukup luas seperti Ope ope no Mi Law yang membuat Law bisa mengobrak-abrik apapun dalam Roomnya, dia bahkan bisa memberikan terapi kejut jantung dalam jurus listrik "Counter Shock" saat melawan vergo.

Seperti Law yang merupakan manusia operasi, kesimpulanku adalah Trebol Manusia Pabrik Mainan. Toy factory. Dia bisa berubah menjadi plastik cair yang merupakan bahan baku pembuat mainan. Dia bisa membuat mainan. Dia bisa mengubah manusia lain menjadi mainan. Dan sebagai pemilik pabrik, dia memiliki kendali penuh terhadap mainan yang dia buat. Culas? Tentu.. Tentu.. Paramecia selalu culas (aku sudah terlalu sering mengatakannya. xD). Dan "terlupakan" adalah efek samping dari buah iblis tersebut. Kita tahu efek samping kekuatan Moria adalah korbannya akan terbakar oleh sinar matahari kan? Jadi kurasa "Terlupakan" sebagai efek samping bukanlah sesuatu yang dipaksakan. Darimana konsepnya?  Barangkali Oda mendapat ide tersebut dari Toy Story 3. Dimana pemilik mainan yang beranjak dewasa secara perlahan akan melupakan mainan yang dulu dia mainkan. Bisa. Bisa.. (thanks to bung bima setiawan atas ide toy story nya)

Apakah minggu depan kita akan melihat bagaimana Don dan Boo melupakan sepenuhnya keberadaan Sai?

8. Masih Trebol. Aku katakan dia memiliki kendali penuh atas korban yang dia rubah menjadi mainan karena dialah pabrik hidupnya. Terlihat Sai tidak bisa menolak perintah absolut dari pembuatnya. Perintah yang cukup jelas.
"Jangan menyerang manusia. Patuhi semua perintah dari Keluarga (Doflamingo). Ikuti peraturan itu. Jangan pernah melupakannya. Kalian para 'Petarung" adalah tipe "kekuatan". Jalanlah lurus dan keluar melewati pintu itu. Dan menuju ke Pabrik dan pelabuhan. Bekerja keraslah, Sekarang juga!"

Lalu akan muncul pertanyaan kenapa mainan yang lain seolah-olah bisa melawan perintah? Seolah-olah memiliki kehendak sendiri. Seperti Soldier-san misalnya? Oh. Apakah kalian yakin mereka benar-benar melawan perintah absolut dari trebol? apakah kalian yakin semua mainan memiliki perintah absolut yang sama? Yang mau kugarisbawahi disini adalah Tipe Kekuatan. Trebol mengatakan para petarung yang mengacu kepada petarung dari Colosseum merupakan tipe kekuatan. Kalimat pertama perintah absolutnya adalah "Jangan menyerang manusia" karena mainan-mainan ini berpotensi menyerang balik para manusia! Mereka adalah orang-orang yang kuat. Sedangkan mainan-mainan yang sebelumnya penduduk Dressrosa? Belum tentu menerima perintah absolut demikian. Termasuk Soldier-San yang bisa dikatakan termasuk orang-orang pertama yang menjadi mainan. Segera setelah Doflamingo menduduki tahta 10 tahun silam. Trebol memberikan perintah absolut baru kepada semua mainan yang dibuatnya. Apa itu? menurutku isinya kurang lebih seperti ini?

"Kalian bebas melakukan apapun yang ingin kalian lakukan di siang hari. Tapi saat jam 12 malam kalian akan kembali ke Rumah mainan dan bekerja keras di pabrik hingga fajar tiba"

Karenanya Soldier-San tak pernah bisa membawa Rebecca keluar pulau. Karenanya Soldier-san tak pernah bisa tinggal bersama Rebecca bahkan setelah dia menjadi buronan yang dicari-cari. Buktinya setelah kejadian itu Rebecca masih mengatakan "Suatu hari, aku ingin hidup bersamamu di dalam sebuah rumah, Soldier-san.". Dia harus mengikuti Perintah Absolut dari Trebol! Dia tetap harus kembali ke rumah mainan saat jam 12 malam tiba. 

Apa batasannya? Oh. Harusnya ada batasan.  Kalau kalian perhatikan kalimat yang diucapkan Trebol, setelah dua perintah absolut "Jangan Menyerang Manusia" dan "patuhi semua perintah dari keluarga (Doflamingo)" dilanjut kata2 yang bukan sebuah perintah. Yaitu "Ikuti peraturan itu dan jangan pernah melupakannya". Kalimat perintah yang keluar setelah itu simpel hanya turunan yang masih dalam lingkup dari perintah absolut kedua "patuhi semua perintah dari keluarga (Doflamingo)". Yang mau kukatakan adalah Trebol hanya bisa memberikan dua perintah absolut kepada mainan yang dia buat! Hanya dua!  Tak lebih. Karenanya dia tak boleh ngasal memberikan perintah absolut. Dan selain dua perintah absolut tersebut, para mainan bisa berlaku sesuka hatinya.

9. Kembali ke tokoh utama kita yang menyaksikan pertarungan dari Prison Dorm. xD Well, rupanya kamera terlalu banyak menyorot Cabbage karenanya Luffy harus keluar dan melihat langsung pertarungan karena dia mau mendukung Rebecca. Menarik adalah saat Luffy menyadari kemiripan antara Dressrosa dan tempat dia besar, Kerajaan Goa. Pemerintahan yang memisahkan antara para pemenang yang patuh dan para pemberontak yang kalah. Yang terlihat oleh orang luar hanyalah sisi pemenang! Kalau kau melihat jauh ke dalam, akan ada kegelapan pekat yang menyelubungi! Bukan hanya merepresentasikan Dressrosa dan Goa, dalam skala lebih besar hal itu juga merepresentasikan Pemerintahan Dunia! Rotten Government yang berusaha diubah Revolutioner Army yang dipimpin langsung Monkey D Dragon.

Dan Bartolomeo menemukan Luffy! Aku tak perlu membahas ekspresi kocak yang sudah terlalu sering dia tunjukin itu deh xD Itu tak pernah berhenti membuatku tertawa. Entah bagaimana caranya orang ini berbicara dengan Luffy. lol. Tapi peranmu sangat penting Barto! ayolah!

10. "Cerita yang sangat lama. Suku Tontatta yang tidak memiliki negeri sendiri, berlayar untuk mencari sumber daya. Tapi sering kali ditemukan oleh manusia besar dan akhirnya terancam kepunahan. Kemudian raja dari tanah seberang, Dressrosa, ditukar dengan "sedikit tenaga kerja" menyodorkan sebuah perjanjian dengan tanggungan sumber daya dan keamanan untuk para kurcaci. Raja dengan nama Donquixote. Perjanjian yang terus berlanjut hingga 900 tahun yang lalu. Hingga tibanya masa terkelam dalam sejarah suku Tontatta. Datangnya "Jaman perbudakan". yang tertulis hanyalah detil tentang kekejaman keluarga raja. Mereka benar-benar iblis! Tak diketahui semua orang, memaksa suku Tontatta bekerja paksa jauh di bawah tanah. Selagi para manusia besar di permukaan hidup dalam kemewahan dari jerih payah yang kami hasilkan!"

"Kemudian apa yang terjadi pada abad kekosongan tak ada yang tahu..."

Kalimat di atas yang mau kugarisbawahi. xD lol. Gancho berbicara panjang lebar tentang cerita 900 tahun silam, dengan sejelas-jelasnya! Tapi tetap saja, dia tak mengetahui apapun yang terjadi di abad kekosongan? Bagaimana hal itu bisa terjadi? Seperti ada penghapusan memori masal yang dilakukan seseorang manusia super saja. Semua catatan dan ingatan tentang abad itu hilang dari peredaran, yang tersisa hanyalah Poneglyph yang tak bisa dihancurkan. Diukir di atas sebuah bahan yang seolah-olah tak terpengaruh ruang dan waktu. Benar-benar kunci cerita yang menggugah rasa ingin tahu pembaca. Kita harus menunggu Nico Robin mengungkap semuanya di akhir kelak x)

oh ya. ada yang bilang kemiripan antara siluet leluhur Donquixote dengan Kurohige. Tapi menurutku itu cuman cara Oda menggambarkan sosok yang "jahat".

11. Kemudian datanglah keluarga Riku yang berjiwa besar. Berusaha menebus dosa keluarga Donquixote yang memperbudak para kurcaci, dia menjanjikan sumber daya kepada mereka tanpa harus bekerja! Atonement! Hal yang kelak menjadi awal legenda "Peri dari Dressrosa". Dalam kurun waktu 800 tahun, terjalin harmoni luar biasa antara Keluarga Riku dan Suku Tontatta. Bukanlah sebuah negeri yang kaya raya, tapi merupakan sebuah negeri yang luar biasa. Yang penuh akan senyuman.
Hingga Doflamingo datang dan mengacaukan semuanya. Berusaha mengulang kembali sejarah kelam yang dulu terjadi! Pasti ada alasan kenapa dia menculik Manshelly untuk yang pertama. 

"Aku juga berpikir begitu barusan!" Usoland.

Robin yang berpikiran cemerlang menyadari kejanggalan, kenapa Keluarga Riku yang dikatakan begitu baik hati, cucu mereka sekarang malah dihujat semua penduduk di colosseum?

"Aku juga berpikir begitu barusan!" Usoland lagi.

Soldier-San menjelaskan hal itu. Kalau Sang Raja kehilangan kepercayaan rakyatnya pada sebuah malam yang menyedihkan. Padahal hingga akhir, Sang Raja berusaha mati-matian melindungi negerinya. Well, cerita yang ternyata benar-benar mirip dengan cerita raja Nero (Bisa kalian google). Oh ya, interaksi antara Suppa Franky dengan para kurcaci sangat menarik. Para kurcaci ternyata tidak hanya naif terlalu mudah percaya, tapi juga terlalu mudah berubah-ubah emosinya! lol. xD Awsum Race there..

12. "Tapi aku.. adalah ayah Rebecca."

Just an awsum closing words this week. Aku sudah bahas panjang lebar di review chapter 721 kemungkinan Soldier-san adalah ayah Rebecca. Bagaimana dia meminta maaf berkali-kali saat itu. Bagaimana ada 3 kursi di ruang makan kecil keluarga Rebecca, tapi sosok ketiga tak ada dalam ingatan. Aku masih berasumsi kalau Soldier-san adalah Kyros. Itu menjelaskan kenapa dia kehilangan kakinya dan kenapa dia dilupakan orang-orang. 

Chapter yang penuh informasi dan emosi. Penuh teks. Oda mulai memberikan kepingan puzzle sedikit semi sedikit. Ruang lingkup arc Dressrosa ini tidak hanya satu pulau saja! Kano kuni, Prodense, Mogaro, Majiatsuka dll. Negara-negara tetangga Dressrosa berada dalam perang karena ulah Doflamingo. Musuh yang dia ciptakan sangat banyak. Perlindungan dari Kaidou membuatnya terlalu percaya diri. Dan Law dengan cerdas berusaha menghilangkan satu-satunya kartu truf tersebut.

Sanji turun panggung. Apakah Usoland akan berhadapan dengan Trebol sang manusia pabrik mainan? Barto bertemu Luffy, apa yang akan luffy lakukan selanjutnya? Apakah dia akan mengikuti Zoro ataukah dia akan masih bersikukuh ingin merebut Mera mera no mi? Mungkin Oda akan fokus ke Blok D minggu depan. Flashback yang ditunggu-tunggu sepertinya justru Flashback sang Mastermind, Doflamingo. Flashback dialah yang akan mengungkap semua misteri di arc ini.

Kapan kau menampilkan diri kaidou? We will wait for the wrath of The emperor.. 

Salam suppaaaaa!!! 
source : Bung Tony


Terimakasih telah membaca Review One Piece 726... semoga bermanfaat.

keywords: Review One Piece 726, Ulasan One Piece 726, Prediksi dan Teori One Piece 726

6 Comments

  1. Waw, lengkap banget review One Piece edisi 726 nya..
    Selagi gw masih suka One Piece juga, gw baca dulu daaaahh :D

    ReplyDelete
  2. wiih cerita one piece episode baru ya gan.. menarik banget!! Hehehe :D

    ReplyDelete
  3. wah one piece? udah banyak banget episode nya, gua males sob kalo anime yang udah banyak gini eps nya. sekarang emang gua lagi di jijilin SnK sama temen-temen sekolah karna seru jadi ketagihan nonton, walaupun sekarang season 1 udah abis nunggu tahun depan deh, nice posting sob
    visit http://officialbronis.blogspot.com/2013/10/pacar-ku-oppo-n1.html makasih :)

    ReplyDelete

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments