Amankah Madu Bagi Penderita Diabetes?

Status Madu Bagi Penderita Diabetes :


Ketidaksamaan Madu Hutan dan Madu Ternak
Amankah Madu Bagi Penderita Diabetes?


Amankah Madu Bagi Penderita Diabetes? :

Amankah Madu Bagi Penderita Diabetes? : Belakangan ini, banyak pertanyaan "Apakah boleh mengkonsumsi Madu bagi penderita diabetes?". Yup! Pertanyaan yang sangat berbobot!. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu diketahui bahwa perencanaan makan bagi seorang penderita diabetes atau kencing manis adalah hal yang MUTLAK untuk dilakukan. Dalam perencanaan makan bagi penyandang diabetes, telah diterapkan aturan 3J (Jumlah, Jenis, Jadwal). 

Berikut adalah maksud lengkap dari 3J :
  1. Jumlah kalori. Jumlah kalori harus disesuaikan dengan berat badan, tinggi badan, kondisi fisik, umur, dan sifat-sifat individual lainnya.
  2. Jenis makanan. Jenis makanan termasuk dalam komposisi makanan. Pilihlah makanan dengan indeks glikemik rendah (<55) dan glikemik load rendah (<10)
  3. Jadwal makanan. Makan dengan jadwal terbagi dalam 5 sampai 6 kali pemberian dalam satu hari. Yang didalamnya termasuk 3x makan utama (pagi, siang, malam) dan 2-3 kali cemilan / snack.

Bagaimana dengan Madu? Apakah aman dikonsumsi bagi penderita diabetes? 

Madu merupakan golongan gula dengan kandungan karbohidrat sebesar 12 gr (gram) dalam satu sendok makan, dan memberikan 50 kkal (kilo kalori). Madu juga mempunyai indeks glikemik sekitar 87 (termasuk jenis makanan dengan indeks glikemik tinggi). Oleh karena itu madu masih boleh dikonsumsi, namun hanya sebatas bumbu, semisalnya sebagai bahan tambahan ataupun campuran bumbu saat memasak. Walaupun sedikit, setidaknya terdapat berbagai manfaat dari madu, karena madu sangat baik untuk kesehatan.



Terimakasih telah membaca Amankah Madu Bagi Penderita Diabetes? semoga bermanfaat.
untuk melihat manfaat dan khasiat madu, bisa dilihat pada artikel Jual Madu Hutan Asli


keywords: Amankah Madu Bagi Penderita Diabetes?, Madu Hutan

0 Comment "Amankah Madu Bagi Penderita Diabetes?"

Post a Comment

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments