Sistem Informasi :
Bahan Mata Kuliah Sisten Informasi
Laporan Tahap I (revisi)
Laporan Tahap I Revisi Sistem Informasi : Assalamua'laikum... Salam nakama! pada kesempatan kali ini, ar-sembilan akan membagikan beberapa materi di bangku perkuliahan khususnya jurusan Teknik Informatika. Dibawah ini ada contoh bentuk laporan tahap I proyek pembuatan sistem pada mata kuliah Sistem Informasi.
BAB I
A. Latar Belakang
Perkembangan
komputer saat ini sangatlah pesat, sehingga semua hal yang berkaitan dengan
informasi dan data akan lebih terstruktur dan efisien jika diolah dan
dikerjakan menggunakan komputer. Kenyataan bahwa perkembangan komputer
sangatlah pesat akan sangat berpengaruh pada kebutuhan informasi dan data yang
lebih efisien yang semakin hari semakin banyak informasi dan data yang diolah.
Pengaruh tersebut juga berdampak pada bidang pendidikan, khususnya dalam hal
dokumentasi akademik.
Penerapan sistem
informasi administrasi surat pada Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam
Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sangat dibutuhkan, karena semakin hari semakin
banyak data yang masuk dan diolah, hal ini membutuhkan pengelolaan yang tepat
dan efisien, agar tidak terjadi kehilangan data dan kesulitan dalam mencari
suatu data. Dengan sistem informasi yang telah di terapkan, maka semua data
yang terkait dengan Administrasi Surat Jurusan dapat dikelola dan diolah
sedemikian rupa sehingga dapat menjadi data yang valid dan terorganisir.
Bagian administrasi
surat pada Jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu bagian di Fakultas
Sains dan Teknologi UIN SUSKA RIAU dalam mengurus surat permohonan yang
berkaitan dengan mahasiswa, khususnya mahasiswa Teknik Informatika.
Administrasi Surat Jurusan Teknik Informatika bertugas untuk mengurus surat
permohonan seperti surat aktif kuliah,
surat pengajuan beasiswa, pengajuan Kerja
Praktek (KP),
pengajuan Tugas Akhir (TA), pengajuan observasi atau penelitian , hingga surat
keterangan lulus.
Administrasi Surat
Jurusan Teknik Informatika masih menggunakan cara manual dalam pendataan surat
permohonan mahasiswa. Hal ini membuat kinerja karyawan menjadi tidak maksimal dari
segi efektif dan efisien.
Seiring dengan
bertambah banyaknya calon mahasiswa yang mengajukan surat permohonan, maka
bagian administrasi surat jurusan merasa dibutuhkannya sistem untuk mempermudah
dalam hal pengarsipan dan pendataan surat menyurat. Dalam masalah yang dihadapi
Jurusan Teknik Informatika, maka penulis akan membantu dalam perancangan SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI
SURAT JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA untuk mempermudah proses pengelolaan surat
menyurat dan karyawan sebagai pengguna.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka didapatlah beberapa permasalahan, yaitu :
a.
Bagaimana
membuat sistem manajemen administrasi surat menyurat.
b.
Bagaimana
membuat laporan surat yang akan dan telah diproses.
c.
Bagaimana
mencegah duplikasi surat yang telah diproses.
d.
Bagaimana
membuat pengarsipan surat menyurat pada Jurusan Teknik Informatika Universitas
Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
C. Tujuan
Tujuan dibuatnya sistem ini
adalah merancang sistem administrasi surat permohonan dalam Kantor Jurusan
Teknik Informatika UIN SUSKA RIAU. Dan dengan adanya sistem layanan surat ini
diharapkan dapat memudahkan para pengguna dalam mengurus surat yang ada di Jurusan.
.
D. Batasan Masalah
D. Batasan Masalah
Batasan masalah yang digunakan meliputi :
a.
Ruang lingkup yang
digunakan hanya berkaitan dengan layanan administrasi surat menyurat yang ada
di Jurusan Teknik Informatika.
b.
Surat bagi
mahasiswa, membahas :
·
Surat Aktif Kuliah
·
Surat Pengajuan
Beasiswa
·
Surat Pengajuan
Kerja Praktek (KP)
·
Surat Pengajuan
Tugas Akhir (TA)
·
Surat Pengajuan
Observasi atau Penelitian
·
Surat Keterangan
Lulus
c.
Lampiran-lampiran
surat dibuat diluar sistem dan secara konvensional (manual)
E. Metodologi
Metodologi yang digunakan dalam mengerjakan Laporan Tahap
1 ini antara lain adalah :
a. Studi Literatur
Yaitu melakukan pengamatan terhadap
permasalahan layanan administrasi surat yang sebenarnya melalui wawancara (interview).
Adapun persiapan yang dilakukan sebelum melakukan wawancara sebagai berikut :
o
Membuat beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan kepada bagian administrasi
surat
o
Membuat perjanjian mengenai kapan dapat melakukan wawancara
o
Melakukan wawancara dengan administrasi jurusan
o
Mendokumentasikan hasil dari wawancara dengan administrasi jurusan
Serta membaca buku-buku yang ada
kaitannya dengan permasalahan yang dihadapi.
b. Analisa Perancangan dan Implementasi.
1. Melakukan analisa terhadap data-data
yang telah dikumpulkan dan
disesuaikan dengan sistem yang akan
dibuat.
2. Melakukan perancangan terhadap
aplikasi yang akan
dibuat.
3. Melakukan implementasi terhadap aplikasi yang akan
dibuat.
4. Melakukan pengujian terhadap aplikasi yang akan
dibuat.
5. Menyimpulkan tahap – tahap sebelumnya serta saran yang
membangun ke dalam
bentuk
dokumentasi.
F. Daftar Pustaka
Ø Ma’ruf, Muhammad (2010). Sistem Layanan Administrasi Surat Menyurat Terpadu pada FTI Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Jatim. Surabaya : 2010
Ø
Jogiyanto, M. Analisis dan Desain Sistem
Informasi. Yogyakarta : Andi Offset, 1999.
G. Lampiran
Lampiran
ini berisi daftar pertanyaan dan jawaban dari wawancara yang telah dilakukan terhadap
narasumber yaitu Admin Surat Jurusan
Teknik Informatika, Ibu Chairunnisa Bachri. Dengan daftar wawancara
dan jawaban terlampir beserta tanda
tangan narasumber.
artikel ini Laporan Tahap I Revisi Sistem Informasi
keywords: Sistem Informasi, Teknik Informatika, Bahan Mata Kuliah, Laporan Tahap I Proyek
Lanjutkan share nya,,, Mas,,,,
ReplyDelete