Laporan Tahap I Revisi Sistem Informasi

Sistem Informasi :


Laporan-Tahap-I-Revisi-Sistem-Informasi
Laporan Tahap I Revisi Sistem Informasi


Bahan Mata Kuliah Sisten Informasi

Laporan Tahap I (revisi)

Laporan Tahap I Revisi Sistem Informasi : Assalamua'laikum... Salam nakama! pada kesempatan kali ini, ar-sembilan akan membagikan beberapa materi di bangku perkuliahan khususnya jurusan Teknik Informatika. Dibawah ini ada contoh bentuk laporan tahap I proyek pembuatan sistem pada mata kuliah Sistem Informasi.


BAB I

    A.   Latar Belakang
  Perkembangan komputer saat ini sangatlah pesat, sehingga semua hal yang berkaitan dengan informasi dan data akan lebih terstruktur dan efisien jika diolah dan dikerjakan menggunakan komputer. Kenyataan bahwa perkembangan komputer sangatlah pesat akan sangat berpengaruh pada kebutuhan informasi dan data yang lebih efisien yang semakin hari semakin banyak informasi dan data yang diolah. Pengaruh tersebut juga berdampak pada bidang pendidikan, khususnya dalam hal dokumentasi akademik.
Penerapan sistem informasi administrasi surat pada Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sangat dibutuhkan, karena semakin hari semakin banyak data yang masuk dan diolah, hal ini membutuhkan pengelolaan yang tepat dan efisien, agar tidak terjadi kehilangan data dan kesulitan dalam mencari suatu data. Dengan sistem informasi yang telah di terapkan, maka semua data yang terkait dengan Administrasi Surat Jurusan dapat dikelola dan diolah sedemikian rupa sehingga dapat menjadi data yang valid dan terorganisir.
Bagian administrasi surat pada Jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu bagian di Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA RIAU dalam mengurus surat permohonan yang berkaitan dengan mahasiswa, khususnya mahasiswa Teknik Informatika. Administrasi Surat Jurusan Teknik Informatika bertugas untuk mengurus surat permohonan seperti surat aktif kuliah, surat pengajuan beasiswa, pengajuan Kerja Praktek (KP), pengajuan Tugas Akhir (TA), pengajuan observasi atau penelitian , hingga surat keterangan lulus.
Administrasi Surat Jurusan Teknik Informatika masih menggunakan cara manual dalam pendataan surat permohonan mahasiswa. Hal ini membuat kinerja karyawan menjadi tidak maksimal dari segi efektif dan efisien.
Seiring dengan bertambah banyaknya calon mahasiswa yang mengajukan surat permohonan, maka bagian administrasi surat jurusan merasa dibutuhkannya sistem untuk mempermudah dalam hal pengarsipan dan pendataan surat menyurat. Dalam masalah yang dihadapi Jurusan Teknik Informatika, maka penulis akan membantu dalam perancangan SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ADMINISTRASI SURAT JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA untuk mempermudah proses pengelolaan surat menyurat dan karyawan sebagai pengguna.

   B.   Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka didapatlah beberapa permasalahan, yaitu :
a.      Bagaimana membuat sistem manajemen administrasi surat menyurat.
b.      Bagaimana membuat laporan surat yang akan dan telah diproses.
c.       Bagaimana mencegah duplikasi surat yang telah diproses.
d.      Bagaimana membuat pengarsipan surat menyurat pada Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
           
   C.   Tujuan
Tujuan dibuatnya sistem ini adalah merancang sistem administrasi surat permohonan dalam Kantor Jurusan Teknik Informatika UIN SUSKA RIAU. Dan dengan adanya sistem layanan surat ini diharapkan dapat memudahkan para pengguna dalam mengurus surat yang ada di Jurusan.
.
D.   Batasan Masalah
Batasan masalah yang digunakan meliputi :
a.       Ruang lingkup yang digunakan hanya berkaitan dengan layanan administrasi surat menyurat yang ada di Jurusan Teknik Informatika.
b.      Surat bagi mahasiswa, membahas :
·         Surat Aktif Kuliah
·         Surat Pengajuan Beasiswa
·         Surat Pengajuan Kerja Praktek (KP)
·         Surat Pengajuan Tugas Akhir (TA)
·         Surat Pengajuan Observasi atau Penelitian
·         Surat Keterangan Lulus
c.       Lampiran-lampiran surat dibuat diluar sistem dan secara konvensional (manual)


E.   Metodologi
Metodologi yang digunakan dalam mengerjakan Laporan Tahap 1 ini antara lain adalah :
a. Studi Literatur
Yaitu melakukan pengamatan terhadap permasalahan layanan administrasi surat yang sebenarnya melalui wawancara (interview). Adapun persiapan yang dilakukan sebelum melakukan wawancara sebagai berikut :
o   Membuat beberapa pertanyaan yang akan ditanyakan kepada bagian administrasi surat
o   Membuat perjanjian mengenai kapan dapat melakukan wawancara
o   Melakukan wawancara dengan administrasi jurusan
o   Mendokumentasikan hasil dari wawancara dengan administrasi jurusan
Serta membaca buku-buku yang ada kaitannya dengan permasalahan yang dihadapi.

b. Analisa Perancangan dan Implementasi.
1. Melakukan analisa terhadap data-data yang telah dikumpulkan dan
disesuaikan dengan sistem yang akan dibuat.
2. Melakukan perancangan terhadap aplikasi yang akan dibuat.
3. Melakukan implementasi terhadap aplikasi yang akan dibuat.
4. Melakukan pengujian terhadap aplikasi yang akan dibuat.
5. Menyimpulkan tahap – tahap sebelumnya serta saran yang membangun ke dalam
    bentuk dokumentasi.




F.    Daftar Pustaka
Ø  Ma’ruf, Muhammad (2010). Sistem Layanan Administrasi Surat Menyurat Terpadu pada FTI Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jatim. Surabaya : 2010
Ø  Jogiyanto, M. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset, 1999.

G.  Lampiran

Lampiran ini berisi daftar pertanyaan dan jawaban dari wawancara yang telah dilakukan terhadap narasumber yaitu Admin Surat Jurusan Teknik Informatika, Ibu Chairunnisa Bachri. Dengan daftar wawancara dan jawaban terlampir beserta tanda tangan narasumber.



artikel ini Laporan Tahap I Revisi Sistem Informasi

keywords: Sistem Informasi, Teknik Informatika, Bahan Mata Kuliah, Laporan Tahap I Proyek

1 Response to "Laporan Tahap I Revisi Sistem Informasi"

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments