Study Tour Kerajaan Siak

English Communication Skill :

Assalamua'laikum... Kali ini ar-sembilan akan menshare mengenai

Laporan Study Tour English Communication Skill di Kerajaan Siak Riau

Laporan English Communication Skill

3 juni 2012, hari yang special dan kami nantikan khusunya bagi mahasiswa uin suska riau jurusan teknik informatika. Walau bukan hari yang cerah, tapi kami tetap semangat dan penuh antusias untuk mengikuti agenda study tour  ke siak dalam rangka proses pembelajaran dalam matakuliah ECS .
            Kami dari kelompok 4 kelas tif 2 d.  yang beranggotakan :
1.      Eric permana ( ketua)
2.      Adi radili
3.      Ade syahputra
4.      Muhammad arif
5.      Nicko mandala putra
6.      Ridho ardianto

:::: rektorat :::
Rabu pagi, pukul 08.00 kami berkumpul di rektorat, kami tetap semangat walau ditemani dengan rintikan hujan dan dinginnya udara pagi. Sambil menunggu teman teman yang lain datang , kami berbincang bincang , bercanda gurau dan berfoto-foto sambil mencoba mempersiapkan dan merancang agenda agenda yang akan kami lakukan di siak nanti.
08.30 , kami berkumpul untuk mendengarkan pengarahan yang diberikan oleh bapak Syaifullah. Sejenak sebelum melakukan perjalanan kami pun melakukan do’a bersama agar kami selamat sampai tujuan.  setelah mengecek persiapan dan mengabsen anggota kami pun masuk ke mobil . kelas kami tis 2 d terbagi dalam 3 mobil. Yaitu 1 bus. 2 mobil mvp dimana satu dio bawa oleh lutfi dan yang satu lagi adalah mobil bapak syaifullah. Setelah persiapan selesai kami pun berangkat.

::: Dalam perjalanan menuju siak::::
Di dalam perjalanan banyak kegiatan yang terjadi, tawa senang dan kebahagiaan terpancar dari seluruh peserta study tour di dalam bus yang kami tumpangi, ada yang bercerita, berfoto foto dan juga banyak yang menyanyi di sepanjang perjalanan. Dengan di iringi musik gitar yang di mainkan oleh willy dan lantunan lagu dari mp3 risky membuat suasana di dalam bus makin seru dan meriah.

Walau agak kecewa, dengan kondisi jalan yang agak berlubang yang membuat perjalanan tidak nyamam tapi kami cukup senang karna sepanjang perjalanan kami dapat melihat pemandangan yang indah. Hijaunya pepohonan dan sejuknya udara pagi membuat kami bisa melupakan sedikit beban di fikiran kami.di sepanjang perjalanan juga kami melihat ada pipa minyak yang sangat panjang, dan yang paling menarik perhatian kami adalah “api yang tidak pernah padam” konon kabarnya api yang berada di pertambangan minyak tersebut tidak pernah padam.

Masih banyak lagi peristiwa yang lucu dan menarik di dalam bus. Seperti risky dan yudi yang menggoda satria . tingkah tingkah lucu yang dilakukan oleh sikembar “hadi dan hamdi”, willy yang selalu menyanyikan lagu lagu romantis dan nurul yang hampir jatuh saat tertidur di dalam bus. Dan masih banyak lagi kejadian kejadian yang menimbulkan tawa dan kehebohan di dalam bus.

::::ketika sampai di siak :::
Kira –kira setelah menempuh perjalanan selama 3 jam, akhirnya kami sampai di siak. Saat melihat jembatan siak yang begitu besar, dan megah kami sangat antusias sekali untuk melihatnya, bahkan teman teman yang sebelumnya tidur pun akhirnya bangun untuk melihat jembatan dan luas nya sungai siak yang membentang serta kapal kapal yang berlayar di sungai tersebut.

Setelah melewati jembatan siak, akhirnya kami sampai juga ke tempat tujuan kami, yaitu kawasan wisata kerajaan siak. Kami tiba kira kira pukul 12.05 . semua peserta nampak senang dan bahagia, mereka langsung keluar dan bertebaran di sekeliling area. Ada yang mencari tempat berteduh, ada yang mencari toilet dan ada juga yang langsung ingin menikmati pemandangan di sungai siak, berjalan jalan di pinggir sungai.
orang ganteng pekanbaru 2014

12.30 kami dukumpulokan di sebuah aula, dimana di sana kami mendapat arahan oleh bapak syaifullah tentang aturan aturan dan kegiatan yang dilakukan di sana. Setelah itu kami pun menyantap makan siang. Setelah selesai , bapak pun mengintruksi kami untuk mulai berpencar dalam group masing masing untk melaksanakan tugas dan tujuan kami di sini.

::::: pertualangan pun di mulai ::::;
*** Masjid
Setelah makan siang, berhubung waktu sholad dzuhur telah masuk, kami (group 4 ) memutuskan untuk sholad terlebih dahulu di masjid raya Syahabudin dan ini menjadi tempat pertama yang kami kunjungi di sini. Dengan hikmat kami menjalankan ibadah sholat ini dengan di imami oleh eric kami pun menjalankan sholad berjamaah.
masjid raya syahabuddin kerajaan siak

masjid raya syahabuddin kerajaan siak-01

*** Makam
Makam adalah tempat ke dua yang kami kunjungi, di sini terdapat 6 makam para raja dan permaisuri dari kerajaan siak. Di sini kkami mempelajari nama nama raja dan gelar nya semasa menjabat di kerajaan. Kami pun mengambil beberapa foto sebagai kenang kenangan.

makam kerajaan siak

*** kerajaan siak
Setelah dari makam, kami pun bergegas menuju ke tempat berikutnya. Awalnya terjadi sedikit perselisihan di antara kami tentang tujuan berikutnya, tp akhirnya kami memutuskan kerajaan siak menjadi tempat yang akan kami kunjungi selanjutnya.  Saat kami berada di lapangan bola yang tepat berada di depan kerajaan, kami pun mengambil gambar dan video perkenalan kelompok kami. Setelah sampai di gerbang masuk, kami pun membeli tiket masuk dan sebelum masuk ke dalam, kami menyempatkan waktu untuk berfoto foto, karena pemandangan taman kerajaan sangat bagus dan bersih di tambah banyak bunga bunga yang menghiasi taman menammbah keindahan taman.

kerajaan siak riau

orang ganteng pekanbaru 2014 gak ada obat

*di dalam kerajaan
Ketika kami masuk ke dalam kerajaan , kami langsung di suguhi dengan banyaknya foto foto dari para raja dan tokoh tokoh besar di kerajaan, dan juga di sana terdapat surat wasiat dari raja. Di dalam kerajaan sangat ramai dengan pengunjung, sehingga sangat sesak dan terasa sempit tetapi itu tidak membuat kami patah semngat dalam mempelajari sejarah sejarah yang ada di dalam kerajaan. Banyak foto dan benda benda pusaka peninggalan kerajaan, salah satunya adalah alat music yang di berikan jerman kepada kerajaan siak yaitu komet. Komet adalah salah satu benda pusaka peninggalan kerajaan siak yang terkenal dan juga menjadi icon di kerajaan siak. Kemudian ada juga boneka yang menyerupai raja dan para pengawalnya, ada ruang penjamuan para tamu , ruang makan keluarga kerajaan, dan yang paling unik adalah tangga menuju lantai 2. Ada tangga naik dan turun yang jumlahnya sama yaitu 36 buah anak tangga. Uniknya lagi, ada banyakyang  mengatakan bahwa setiap orang yang menaikinya, jika dihitung jumlah anak tangga naik dan turun pasti akan berbeda beda, dan mitosnya berkata bahwa jika ada yang menemukan jumlah yang sama antara tangga naik dan tangga turun maka sepulang dari kerajaan, dia akan mendapatkan musibah. Tapi menurut kami ini hanyalah mitos belaka.  Di lantai 2 banyak terdapat ruangan ruangan penyimpanan barang banrang, seperti ruangan pakian yang dikenakan raja, ada ruang yang menyimpan alat alat pernikahan, ada kamar para raja , dan juga ada lonceng.

lonceng kerajaan siak

orang ganteng pekanbaru 2014-02

orang ganteng pekanbaru 2014-03

tangga-kerajaan-siak

*halaman belakang kerajaan
Keindahan taman belakang tidak kalah indahnya dengan taman di depan kerajaan, di sini terdapat kerangka kapal tua, dan juga ada kereta kencana yang di gunakan raja kerajaan siak. Dan sini juga ada tempat penjualan souvenir. Kami juga menyempatkan waktu untuk berfoto foto dan melihat lihat souvenir yang dijual . ada banyak barang barang yang di jual di sana, seperti kipas, cincin , gelang, miniature mobil, pesawat dan juga ada beberapa makanan khas siak dan masih banyak yang lainnya.

:::: menikmati sore hari di taman kota ::::
Pukul 03.30 kami pun keluar dari dalam kerajaan, berhubung kami agak sedikit lapar kami pun berkeliling mencari tempat jualan makanan makanan kecil, dalam pertengahan perjalanan kami pun bertemu dengan pak syaifullah yang sedang berkeliling mengecek para mahasiswa. Dan kami pun bertanya kepada beliau dimana tempat lokasi jajan di sana, setelah di berio tahu pak syaifullah kami pun segera pergi untuk membeli jajan jajan kecil, hanya teman kami adi radili yang memilih makan di rumah makan, karena dia dalam masa pemulihan dari sakitnya, dia harus banyak makan. Setelah kami membeli makanan dan minuman kami pun pergi ke taman kota untuk beristirahat sambil menikmati makanan yang kami beli . udara sore yang sejuk di tambah riangnya anak anak yang bermain di taman membuat kami dapat melepaskan lelah sejenak setelah berkeliling di dalam kerajaan tadi. Di bawah pohon yang rindang sambil menikati makanan kami pun penasaran dengan buah yang tumbuh dari pohon tempat kami berteduh, kami tidak tau jenis buah dan pohon itu, sehingga teman kami ade pun mencoba mengammbil dan membuka nya. Tetapi kami pun tetap tidak tahu apakah buah ini bisa di makan atau tidak.

Pukul 04.20 , setelah kami selesai beristirahat dan  menikmati makanan dan minuman yang kami beli tadi, kami pun bergegas pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat ashar. Di masjid kami menjumpai teman teman dari kelompok lain yang ternyata sudah terlebih dahulu berada disana. Kami pun sholat berjamaah. Setelah sholad kami pun menyempatkan diri berfoto foto sebgai kenang kengan atas aktifitas hari ini.

:::: waktunya yang di janjikan ::::
Pukul 04.45 , waktu yang dijanjikan pun  telah tiba. Kami semua kembali lapangan tempat berkumpul kembali. Setelah mengabsen seluruh mahasiswa dan memberikan sedikit pengarahan, pak syaifullah pun mengintruksikan agar siap siap untuk pulang.

::::  jembatan perpisahan ::::
Setelah persiapan selesai, kami berangkat menuju pekanbaru. Ada yang berbeda saat kami pulang, yaitu kami di beri kesempatan untuk singgah dan menikmati pemandangan dari jembatan siak. Kami pun tidak menyia nyiakan kesempatan ini. Kami berjalan kaki melintasi jembatan siak sambil menikmati indahnya pemandangan , dan kami berfoto foto di atas jembatan tersebut, di temani indahnya pemandangan matahri terbenam beramai ramai melintasi jembatan sambil bercanda gurau, seuah perpisahan yang menyenangkan dengan siak, semoga kami dapat kembali lagi ke sini.

:::::: perjalanan pulang ::::
Dengan kondisi yang capek dan letih kami pun melanjutkan perjalan pulang, walau letih tapi sangat menyenangkan, hari yang indah dan penuh kenangan. Walaupun begitu di bus tetap sangat meriah. Di iringi lagu perjalanan pulang , kami sangat antusias dan semangat bernyanyi.  Menutup hari ini dengan bahagia,

::::: Rektorat ::::::
Pukul 09.15 kami tiba di rektorat, rombongan bus kami adalah yang pertama sampai di sini . sambil menunggu yang lain tiba kami pun menikmati malam dengan bernyanyi di iringi oleh gitar yang di bawakan oleh willy, beberapa saat kemudian, pak syaifullah pun dating. Dan mengizinkan kami pulang. Kami pun menumpang di mobil beliau pulang ke kos satria.

artikel ini Study Tour Kerajaan Siak

keywords: English Communication Skill, Teknik Informatika, Study Tour Kerajaan Siak

2 Comments

1. Waduh seru juga yak perjalanannya!

Bang follback donk! n g+ yah aku udah lho giliranmu

2. Seru tuh Mas, ke Daerah Siak penginggalan nya juga bagus2...

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments