Understandings User Interaksi Manusia Komputer

Teknik Informatika Ragam Dialog Interaksi Manusia Komputer :


Understandings-User-Interaksi-Manusia-Komputer
Understandings-User-Interaksi-Manusia-Komputer


Ragam Dialog Interaksi Manusia Komputer :

Interview Administrasi Surat Jurusan Teknik Informatika UIN SUSKA RIAU : Assalamua'laikum... Salam nakama! pada kesempatan kali ini, ar-sembilan akan membagikan beberapa materi di bangku perkuliahan khususnya jurusan Teknik Informatika. Dibawah ini adalah slide materi dari mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer yang dibimbing oleh Bapak Iwan Iskandar, MT atau biasa dikenal dengan sebutan Iwan Keren.





*Apa itu kognisi?
*Apakah pengguna yang baik dan buruk?
*Menjelaskan bagaimana kognisi telah diterapkan dalam desain interaksi
*Teori kognisi
*Mental model, teori aksi
*Pemrosesan informasi

*Kongnisi eksternal, kognisi terdistribusi

Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif.  Ranah kognitif  memiliki enam jenjang atau aspek, yaitu:
1. Pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge)
2. Pemahaman (comprehension)
3. Penerapan (application)
4. Analisis (analysis)
5. Sintesis (syntesis)
6. Penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation)


Tujuan aspek kognitif berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk menghubungakan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut. Dengan demikian aspek kognitif adalah subtaksonomi yang mengungkapkan tentang kegiatan mental yang sering berawal dari tingkat pengetahuan sampai ke tingkat yang paling tinggi yaitu evaluasi.


Mengapa kita harus mengerti kebutuhan pengguna?

*Berinteraksi dengan teknologi adalah kognitif
*Kita perlu mempertimbangkan keterlibatan proses kognitif dan keterbatasan kognitif pengguna
*Kita dapat menyediakan pengetahuan mengenai apa yang dapat dilakukan pengguna dan tidak
*Identifikasi dan jelaskan sifat dan penyebab dari masalah yang dihadapi pengguna


*Teori penawaran, kakas pemodelan, panduan dan metode dapat menuntun dalam proses desain produk yang lebih interaktif


Aspek kognitif utama

Perhatian
Persepsi dan pengenalan
Memori
Membaca, berbicara, dan mendengar
Pemecahan masalah, perencanaanpemikiran dan pengambilan keputusan, pembelajaran

Yang paling relevan dengan desain interaksi adalah perhatian, persepsi dan pengenalan, dan memori



Perhatian

Memilih untuk berkonsentrasi pada suatu hal dari sejumlah stimulus di sekitar kita

Memungkinkan kita untuk fokus pada informasi yang relevan dengan apa yang kita lakukan

Melibatkan indra audio dan /atau visual

Perhatian yang terpusat dan terbagi memungkinkan kita menjadi selektif dalam pemilihan atas sejumlah stimulus tapi terbatas pada kemampuan kita untuk tetap menjaga tujuan awalnya

Informasi pada antarmuka seharusnya disusun secara terstuktur untuk mendapatkan perhatian pengguan, contoh: menggunakan batas perseptual (jendela), warna, suara dan cahaya kelap-kelip




Sekian artikel dari ar-sembilan

Terimakasih telah membaca Understandings User Interaksi Manusia Komputer semoga bermanfaat.

keywords: Understandinds User Interaksi Manusia Komputer, Teknik Informatika

0 Comment "Understandings User Interaksi Manusia Komputer"

Post a Comment

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments