Tips Sehat Ala Orang Jepang

Healthcare Tips Sehat Ala Orang Jepang :

Tips Sehat Ala Orang Jepang
Tips Sehat Ala Orang Jepang

Tips Sehat Ala Orang Jepang :

Tips Sehat Ala Orang Jepang :  Assalamua'laikum... Salam nakama! Pada kesempatan kali ini ar-sembilan akan membagikan tulisan yang pastinya bermanfaat untuk sobat! Tips sehat ala japanese atau orang jepang. Sebagaimana Anda ketahui, orang Jepang kebanyakan memiliki umur harapan hidup terpanjang di dunia. Untuk umur wanita sekitar 80 tahun dan Pria sekitar 70 tahun. Hal ini dikarenakan orang Jepang memiliki tips sehat yang belum dimiliki oleh orang-orang di negara lain. Berikut adalah beberapa tipsnya:


  • Konsumsi variasi karbohidrat. Mereka dikenal sangat selektif dalam menjaga kadar karbohidrat yang masuk dalam tubuhnya dan juga selalu memvariasikan makanan yang mengandung karbohidrat. Tidak seperti kita yang memakan nasi 3 kali sehari, sebagian besar orang Jepang punya cukup banyak pilihan karbohidrat selain nasi, di antaranya udon (mie dari beras), soba (mie dari buckle wheat), dan sereal. Hal ini membantu mereka agar kadar karbohidrat dalam tubuh mereka tidak berlebihan. 

  • Menyukai sayuran. 
    Mereka sangat suka sayuran. Sudah jadi pengetahuan umum bahwa sayuran sangat bagus bagi kesehatan. Itulah mengapa Jepang memiliki prestasi kesehatan yang terbaik di dunia. Hampir sebagian besar komposisi diet makanan di Jepang adalah sayur, mulai dari acar sayur, salad hingga tumis sayur. Dan harganya pun mahal di Jepang.

  • Mengolah makanan secara sederhana. 
    Cara pengolahan makanan yang sederhana dengan direbus, dipanggang, atau ditumis sebentar. Dan inilah yang dilakukan sebagian dari mereka dalam memasak makanannya. Dengan cara masak seperti ini, makanan tidak akan melalui proses panjang, sehingga kerusakan yang terjadi maupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal. Dan hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik.




  • Menguyah makanan secara perlahan. 
    Kuliner Jepang dikenal sebagai kuliner yang menyajikan makanan dengan sangat cantik. Faktor kecantikan makanan inilah yang membuat mereka makan lebih lambat agar bisa menikmati kecantikan sajian makanan itu. Lalu, mengapa mengunyah makanan secara perlahan bagus untuk kesehatan? Karena otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyatakan bahwa perut sudah kenyang, dan saluran pencernaan pun memiliki waktu yang cukup untuk mencerna dengan baik setiap masakan yang masuk. 


  • Berjalan kaki. 
    Kebiasaan berjalan kaki sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko diabetes militus tipe 2, menjaga berat badan, dan juga meningkatkan mood dan stamina. Dan kebiasaan baik ini bisa dikatakan sudah "mendarah daging" dalam masyarakat Jepang. Berjalan kaki bahkan menjadi salah satu keterampilan survival yang diajarkan pada anak-anak Jepang sedari kecil. Dengan kebiasaan yang dilatih sejak kecil ini, maka setiap orang terbiasa berjalan kaki dengan jarak yang jauh. Orang Jepang minimal menghabiskan 1 jam dalam sehari untuk berjalan.

  • Minum teh hijau. 
    Kebiasaan lainnya adalah meminum teh hijau, yang dikenal memiliki aktivitas antioksidan cukup tinggi. Menurut hasil penelitian, antioksidan catechin dan senyawa EGCG di dalam teh hijau bisa mempercepat metabolisme tubuh manusia. Sehingga nutrisi makanan dan kalori dalam tubuh bisa segera diproses menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Minum teh hijau juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung, osteoporosis, juga kanker.

  • Makan ikan serta rumput laut 
    Mereka terbiasa makan ikan tuna, makarel, dan salmon. Ketiga jenis ikan ini diyakini mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker payudara. Sementara rumput laut yang juga menjadi salah satu bahan utama masakan orang Jepang, kaya akan vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan.

Sekian dulu artikel Healtcare dari ar-sembilan

Terimakasih telah membaca Tips Sehat Ala Orang Jepang semoga bermanfaat.

keywords: Tips Sehat Ala Orang Jepang, Healtcare

2 Comments

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments