Analisis Sistem Sistem Informasi

Sistem Informasi :


Analisis-Sistem-Sistem-Informasi
Analisis Sistem Sistem Informasi

Bahan Mata Kuliah Sisten Informasi

Analisis Sistem Sistem Informasi

Analisis Sistem Sistem Informasi : Assalamua'laikum... Salam nakama! pada kesempatan kali ini, ar-sembilan akan membagikan beberapa materi di bangku perkuliahan khususnya jurusan Teknik Informatika. Dibawah ini adalah slide materi pada mata kuliah Sistem Informasi yang dibimbing oleh Ibu Fitri


Defenisi
Menguraikan dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya

Tujuannya : mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan
—-Tahap analisis dilakukan setelah tahap perencanaan dan sebelum tahap desain sistem
—-Tahap yang kritis
—-Tugas utama meliputi :
Menentukan ruang lingkup sistem
Mengumpulkan fakta
Menganalisis fakta

Mengkomunikasikan temuan-temuan tsb melalui laporan analisis sistem


Langkah langkah analis sistem
Identify, mengidentifikasi masalah
Understand, memahami kerja sistem yang ada
Analyze, menganalisis sistem
Report, membuat laporan


Identify
Langlah awal dalam tahap analisis sistem
Tugas :
Mengidentifikasi penyebab masalah
Mengidentifikasi titik keputusan
Mengidentifikasi personil2 kunci

Tugas mengidentifikasi dimulai dengan mengkaji subjek permasalahan yang telah ditemukan pada tahap perencanaan
Selanjutnya diidentifikasi titik keputusan penyebab masalah tsb.
Titik keputusan menunjukkan suatu kondisi yang menyebabkan sesuatu terjadi
Dasar identifikasi keputusan : dokumen paperwork flow atau flowchart perusahaan

Identifikasi personil kunci dilakukan dengan mengacu pada bagan alir dokumen perusahaan dan dokumen deskripsi kerja



understand
Mempelajari secara terinci bagaimana sistem yang ada beroperasi
Diperlukan data ---->dilakukan penelitian

Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, quisioner dan pengambilan sampel


Tugasnya :
Menentukan jenis penelitian
Merencanakan jadwal penelitian
Mengatur jadwal wawancara
Mengatur jadwal observasi
Mengatur jadwal pengambilan sample
Membuat penugasan penelitian
Membuat agenda wawancara
Mengumpulkan hasil penelitian

Perencanaan jadwal meliputi :
Dimana penelitian akan dilakukan
Apa dan siapa yang akan diteliti
Siapa yang akan meneliti
Kapan penelitian dilakukan
Fakta atau data dari penelitian, dikumpulkan sebagai dokumentasi sistem lama, yaitu :
Waktu untuk melakukan suatu kegiatan
Kesalahan melakukan kegiatan disistem yang lama
Pengambilan sampel
Formulir dan laporan yang dihasilkan sistem lama
Elemen data
Teknologi yang digunakan di sistem yang lama

Kebutuhan informasi pemakai sistem/ manajemen


analyze
Dilakukan berdasarkan data dari hasil penelitian
Penelitian dilakukan untuk menjawab:
Apa yang dikerjakan ?
Bagaimana mengerjakannya ?
Siapa yang mengerjakan ?


Dimana dikerjakan ?


Analisa kelemahan sistem
Menganalisis kelemahan sistem untuk menjawab pertanyaan :
Mengapa dikerjakan ?
Perlukah dikerjakan ?
Apakah telah dikerjakan dengan baik ?

Sasaran yang harus dicapai dengan penilaian


Hasil Analisa
Ada 4 yang dapat dihasilkan dari analisis sistem :
Proyek dilepas
Proyek ditunda
Proyek diganti

Proyek dilanjutkan


Sasaran
Sasaran yang harus tercapai untuk menentukan kriteria penilaian adalah :
Relevance  Accuracy
Capacity  Reliability
Effeciency  Security
Timeliness  Economy
Accessibility    simplicity
Flexibility


Report
Laporan diserahkan ke steering committee dan diteruskan ke manajemen


Sumber Fakta
Analis perlu menetapkan lingkup sistem dari sistem yang baru dan banyak informasi
3 sumber fakta studi :
Sistem yang berjalan
Sumber internal lainnya

Sumber ekternal


Sistem Baru
Apa yang termasuk ke dalam sistem baru?
Beberapa pertanyaan yang diperlukan :
Informasi apa yang dibutuhkan
Siapa yang membutuhkan
Dalam bentuk apa dibutuhkan
Dari mana asalnya informasi
Kapan dan bagaimana dikumpulkannya

DFD dapat digunakan untuk mendefenisikan lingkup analissistem


Pemodelan Sistem
Keuntungan dari pemodelan sistem yang berjalan :
kesempatan untuk menentukan apakah sistem memuaskan
Sumber ide perancangan àmembantu mengidentifikasi sumber yang ada bagi sistem yang baru

Mengetahui kegiatan yang akan dilaksanakan dan yang sudah dilaksankan à konversi


Kerugian dari pemodelan siatem yang berjalan :
Menyesatkan

Membutuhkan waktu


Teknik pengumpulan informasi
1.Interview, wawancara
1.Yang paling efektif
2.Merupakan sebuah pertukaran informasi
3.Perlu perencanaan dan tujuan khusus
4.Ada pertanyaan dan jawaban
5.Mekanisme feedback


Hindari pertanyaan yang berasumsi dan yang diwawancara menjawab bebas

Pertanyaan dibagi dalam 2 kategori :
Primer, untuk topik khusus, direncanakan dan netral

Sekunder, lanjutan pertanyaan primer untuk tambahan informasi, tidak terencana

2. Sampling, menentukan karakteristik atau nilai dari seluruh item yang akan dipergunakan hingga selesai


  
3.observing
—-Tahap persiapan observasi
-—Mengidentifikasi dan menentukan apa yang akan diobservasi
—-Mengestimasi waktu untuk observasi
—-Menjamin persetujuan manajemen untuk pelaksanaan observasi

—-Menjelaskan ke organisasi yang observasi, apa yang dilakukan dan mengapa



artikel ini Analisis Sistem Sistem Informasi

keywords: Sistem Informasi, Teknik Informatika, Bahan Mata Kuliah, Analisis Sistem

1 Response to "Analisis Sistem Sistem Informasi"

- Attitude
- No SARA

Thank you for your comments