Sistem Informasi :
Bahan Mata Kuliah Sisten Informasi
Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen : Assalamua'laikum... Salam nakama! pada kesempatan kali ini, ar-sembilan akan membagikan beberapa materi di bangku perkuliahan khususnya jurusan Teknik Informatika. Dibawah ini adalah slide materi pada mata kuliah Sistem Informasi yang dibimbing oleh Ibu Fitri
OUTLINE TOPIK
•Sistem informasi:
– kumpulan orang, data, proses, dan teknologi informasi yang
berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan informasi yang
dibutuhkan untuk mendukung suatu organisasi
–SI dikelompokkan ke dalam beberapa kategori sesuai fungsi dan jenis dukungannya pada organisasi :
•Transaction Processing System (TPS)
•Management Information System (MIS)
•Decision Support System (DSS)
•Executive Information System (EIS)
•Expert System (ES)
KONSEP SISTEM INFORMASI
1.Blok masukan
•Data yang masuk kedalam sistem informasi
•Metode, media untuk menangkap data, dokemen dasar
2.Blok model
•Kombinasi prosedur, logika dan model matematik untuk memanipulasi data
input dan data
dalam basisdata menghasilkan keluaran yang
diinginkan
3.Blok keluaran
•Produk dari sistem informasi
4.Blok teknologi
•Tool-box
•Menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membanatu pengendalian dari sistem secara keseluruhan
5. Blok basisdata
•Kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan dalam perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya
6. Blok kendali
•Pengendalian terhadap hal-hal yang
dapat merusak sistem sistem, seperti kegagalan sistem, ketidakefisienan, sabotase dll
SISTEM PEMROSESAN TRANSAKSI
•Mensubstitusikan pemrosesan berbasis komputer dari pencatatan manual, berhubungan dengan proses rutin yang telah terstruktur termasuk aplikasi pencatatan. Contohnya:
•Terdapat
pada sistem informasi akuntansi yang mengontrol setidaknya 6 aktivitas:
–Pemrosesan sales order – pencatatan pesanan dari konsumen
–Account Recievables
–
memperlihatkan uang yang
masih “tertahan” di kustomer (uang piutang)
–Sistem pembelian dan inventory – ketersediaan perlengkapan dan barang jadi dan barang-barang persediaan dan servis yang
telah dibeli
–Account payable – menunjukan hutang
–Pembayaran – menunjukkan cek, pembayaran gaji, tunjangan, dll.
–Buku besar – menunjukkan semua transaksi
di atas
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
•Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen
•SIM
merupakan
kumpulan
dari
sistem-sistem informasi
•SIM
tergantung
dari
besar-kecilnya organisasi, seperti:
–Sistem informasi akutansi
–Sistem informasi pemasaran
–Sistem informasi manajemen persediaan
–Sistem informasi personalia, dsb
•Menyediakan input yang digunakan
dalam
proses penentuan
keputusan
manajerial,
berfungsi
untuk
mendukung
situasi
pengambilan
keputusan
yang terstruktur.
•Sistem informasi manajemen membutuhkan sistem manajemen database untuk mengintegrasikan database kepada departemen-departemen yang berbeda.
•Sebuah
SIM dapat mengeluarkan laporan yang berbeda-beda:
–Laporan periodic – dikeluarkan dengan
interval yang regular
–Exception report – menunjukan
even-even yang belum diperhitungkan sebelumnya
–Laporan permintaan – dikeluarkan pada
saat dibutuhkan (on-demand)
SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN
•Menyediakan
informasi
kepada
manajer
yang harus
membuat
keputusan
dalam
situasi-situasi tertentu, mendukung pengambil keputusan dalam situasi yang tidak terstruktur dengan baik. DSS
(decision support system) terdiri
dari
pengguna,
software, database, dan
model pengambilan
keputusan
yang memberikan
sistem
tersebut
kemampuan
analitis
Executive Information
System (EIS)
•Sistem
berbasiskan
computer yang kompatibel dengan gaya kepemimpinan manajemen dan tanggung jawab eksekutif.
Expert
Support System
•Sebuah
program computer yang menggunakan data dan aturan-aturan tertentu untuk menyerupai keputusan yang mungkin dibuat oleh pakar. Sistem ini didesain untuk mendukung penggunanya dengan merekomendasikan keputusan yang spesifik, merekomendasikan aksi, atau membuat prediksi.
TINGKATAN MANAJEMEN
•Tingkatan manajemen dibagi atas 3 yaitu :
–Manajemen tingkat bawah (lower level management) : level operasonal/ tehnical, cth mandor dan pengawas
–Manajemen tingkat menengah (middle level management) : level taktical/ pengontol, cth manajemer divisi dan cabang
–Manajemen tingkat atas (Top level management ) : level trategic, cth : direktur utama, direktur dan eksekutif lainnya
TIPE KEPUTUSAN MANAJEMEN
•Keputusan Tidak Terstruktur
–Sifatnya tidak terjadi berulang-ulang
–Keputusan dilakukan oleh manajemen tingkat atas
•Keputusan Semi Terstruktur
–Sifatnya sebagian dapat diprogram sehingga perlu pertimbangan pengambil keputusan
–Membutuhkan perhitungan serta analisis yang terinci
•Keputusan Terstruktur
–Sifatnya berulang-ulang dan rutin
–Dilakukan pada manajemen tingkat bawah
Alasan perlu diberikan perhatian
pada manajemen informasi
pada manajemen informasi
1.Kompleksitas kegiatan bisnis meningkat
•Pengaruh ekonomi internasional
•Persaingan dunia
•Kompleksitas teknologi yang
semakin meningkat
•Batas waktu yang singkat
•Kendala-kemdala sosial
2.Kemampuan
komputer
yang semakin
baik
Keahlian Manajemen
•Dua
hal
mendasar
yang harus
dimiliki
seorang
manajer
:
–Keahlian komunikasi
–Keahlian Pemecahan Masalah
Faktor Mendorong menuju
“End-user Computing”
“End-user Computing”
•Meningkatnya pengetahuan tentang komputer (knowledge)
•Antrian
jasa
informasi
(time-prosess)
•Perangkat
keras
yang murah
(technology-hardware)
•Perangkat
lunak
siap
pakai
(technology-software)
artikel ini Sistem Informasi Manajemen
keywords: Sistem Informasi, Teknik Informatika, Bahan Mata Kuliah, Sistem Informasi Manajemen
manteb materi...
ReplyDelete