Teknik Informatika Ragam Dialog Interaksi Manusia Komputer :
Ragam Dialog Interaksi Manusia Komputer :
Interview Administrasi Surat Jurusan Teknik Informatika UIN SUSKA RIAU : Assalamua'laikum... Salam nakama! pada kesempatan kali ini, ar-sembilan akan membagikan beberapa materi di bangku perkuliahan khususnya jurusan Teknik Informatika. Dibawah ini adalah slide materi dari mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer yang dibimbing oleh Bapak Iwan Iskandar, MT atau biasa dikenal dengan sebutan Iwan Keren.
*Apa itu kognisi?
*Apakah pengguna
yang baik dan buruk?
*Menjelaskan bagaimana kognisi telah diterapkan dalam desain interaksi
*Teori kognisi
*Mental
model, teori aksi
*Pemrosesan informasi
*Kongnisi eksternal, kognisi terdistribusi
Ranah
kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang
menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Ranah
kognitif memiliki enam jenjang atau
aspek, yaitu:
1.
Pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge)
2.
Pemahaman (comprehension)
3.
Penerapan (application)
4.
Analisis (analysis)
5.
Sintesis (syntesis)
6.
Penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation)
Tujuan
aspek kognitif berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan
intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan
memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk menghubungakan dan menggabungkan
beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan
masalah tersebut. Dengan demikian aspek kognitif adalah subtaksonomi yang
mengungkapkan tentang kegiatan mental yang sering berawal dari tingkat
pengetahuan sampai ke tingkat yang paling tinggi yaitu evaluasi.
Mengapa kita harus mengerti kebutuhan pengguna?
*Berinteraksi dengan teknologi adalah kognitif
*Kita
perlu mempertimbangkan keterlibatan
proses kognitif dan keterbatasan kognitif pengguna
*Kita
dapat menyediakan pengetahuan mengenai apa
yang dapat dilakukan pengguna dan tidak
*Identifikasi dan jelaskan sifat dan penyebab dari masalah
yang dihadapi pengguna
*Teori penawaran,
kakas pemodelan, panduan dan metode dapat menuntun dalam
proses desain produk
yang lebih interaktif
Aspek kognitif utama
•Perhatian
•Persepsi dan pengenalan
•Memori
•Membaca, berbicara, dan mendengar
•Pemecahan masalah, perencanaan, pemikiran dan pengambilan keputusan, pembelajaran
•Yang
paling relevan dengan desain interaksi adalah perhatian, persepsi dan pengenalan, dan memori
Perhatian
•Memilih untuk berkonsentrasi pada suatu hal dari sejumlah
stimulus di sekitar kita
•Memungkinkan kita untuk fokus pada informasi
yang relevan dengan apa
yang kita lakukan
•Melibatkan indra
audio dan /atau
visual
•Perhatian
yang terpusat dan terbagi memungkinkan kita menjadi selektif dalam pemilihan atas sejumlah
stimulus tapi terbatas pada kemampuan kita untuk tetap menjaga tujuan awalnya
•Informasi pada antarmuka seharusnya disusun secara terstuktur untuk mendapatkan perhatian pengguan, contoh: menggunakan batas perseptual (jendela), warna, suara dan cahaya kelap-kelip
Sekian artikel dari ar-sembilan
Terimakasih telah membaca Understandings User Interaksi Manusia Komputer semoga bermanfaat.
keywords: Understandinds User Interaksi Manusia Komputer, Teknik Informatika
0 Comment "Understandings User Interaksi Manusia Komputer"
Post a Comment
- Attitude
- No SARA