Algoritma dan Pemrograman :
Assalamua'laikum... Kali ini ar-sembilan akan menshare mengenai
Bahan Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman
TIPE DATA DAN NAMA
Pendahuluan
Pendahuluan
•Tipe adalah pola representasi data
dalam komputer
•Tipe data dapat dikelompokkan menjadi dua macam:
1) Tipe dasar àtipe yang
dapat langsung dipakai
2) Tipe bentukan àhasil bentukan dari tipe dasar
Tipe Dasar
•Bilangan logika
•Bilangan bulat
•Bilangan riil
•Karakter
•String
Bilangan Logika
¢Nama Tipe: Boolean
¢Domain Nilai:
> benar (true): biasanya dinyatakan dengan angka 1
> salah (false):biasanya dinyatakan dengan angka 0
¢Konstanta: true dan false
¢Operasi àbiasanya disebut sebagai operasi logika atau operasi boolean.
Operator logika yang
umum digunakan: not, and, or
dan xor
¢Tabel kebenaran (truth table):
Bilangan Bulat
•Nama Tipe: Integer
•Domain Nilai: misal pada kompilator Turbo Pascal, dapat direpresentasikan ke dalam lima
macam tipe:
¢Konstanta: konstanta untuk nilai bertipe bilangan bulat harus ditulis tanpa mengandung titik desimal.
Contoh : 15, -7, 0, 677
¢Operasi:
1) Operasi Aritmatika, operasi aritmatika terhadap bilangan bulat dengan sembarang
operator aritmatika menghasilkan nilai yang
bertipe bilangan bulat juga.
Macam-macam operator aritmatika :
+ - * div mod
2) Operasi Perbandingan operasi perbandingan terhadap bilangan bulat dengan salah satu
operator relasional menghasilkan nilai boolean
(true atau
false).
Macam-macam operator perbandingan :
< ≤
> ≥ = ≠
Bilangan Riil
•Nama Tipe: Real
•Domain Nilai: misal pada kompilator Turbo Pascal, dapat direpresentasikan ke dalam empat macam tipe:
¢Konstanta : untuk nilai bertipe bilangan riil harus ditulis dengan mengandung titik desimal.
Contoh : 0.15; -7.566+E9; 0.0; 677.1
¢Operasi
:
1) Operasi Aritmatika, operasi aritmatika terhadap bilangan riil dengan sembarang
operator aritmatika menghasilkan nilai yang
bertipe bilangan riil juga.
Macam-macam operator aritmatika :
+ - * div mod
2) Operasi Perbandingan operasi perbandingan terhadap bilangan riil dengan salah satu
operator relasional menghasilkan nilai boolean
(true atau
false).
Macam-macam operator perbandingan :
<
≤ > ≥ ≠
Karakter
¢Nama Tipe : Char
¢Domain Nilai : adalah semua huruf di dalam alfabet (‘a’..’z’,
‘A’..’Z’), angka
desimal
(0..9),
tanda
baca
(‘.’,
‘:’, ‘!’, ‘?’, dan
lain-lain), operator aritmetik
(‘+’, ‘-‘, ‘*’, ‘/’), dan karakter-karakter
khusus
seperti
(‘$’, ‘#’, ‘@’, ‘^’, ‘~’, dan lain-lain). Daftar karakter yang
lengkap dapat dilihat di dalam buku-buku yang
memuat tabel
ASCII.
¢Konstanta : konstanta untuk nilai bertipe karakter harus diapit
oleh tanda
petik
tunggal.
Contoh : ‘A’; ‘8’; ‘.’; ‘$’
¢Operasi : operasi perbandingan terhadap karakter dengan salah satu
operator relasional menghasilkan nilai boolean
(true atau
false).
Macam-macam operator perbandingan :
< >
≥ = ≠
String
¢Nama Tipe : String
¢Domain Nilai : adalah deretan karakter yang didefinisikan pada ranah karakter.
¢Konstanta : konstanta untuk nilai bertipe string harus diapit
oleh tanda
petik
tunggal.
Contoh : ‘Bangkalan’; ‘ABCDE’; ‘1234’; ‘y’
¢String kosong
(null)
adalah
string yang panjangnya nol, dan dilambangkan dengan
‘ ’ è (string kosong adalah sama dengan karakter kosong)
¢Operasi :
1) Operasi Penyambungan
Operator : +
Contoh : ‘Teknik’+‘Informatika’ = ‘TeknikInformatika’
2) Operasi Perbandingan
Operasi perbandingan terhadap
string dengan salah satu
operator relasional menghasilkan nilai boolean
(true atau
false).
Macam-macam operator perbandingan :
<
≤ > ≥
= ≠
Tipe bentukan
•Tipe bentukan adalah tipe yang dibentuk (dan diberi nama) dari satu atau lebih tipe dasar. Operasi terhadap komponen bertipe dasar dilakukan seperti yang didefinisikan pada tipe dasar. Operasi terhadap keseluruhan tipe mungkin didefinisikan atau tidak.
•Dalam notasi algoritma, sebuah tipe bentukan berupa komposisi elemen dituliskan dengan notasi:
Contoh Tipe Bentukan
Contoh : type Titik
{ type titik menyatakan absis dan ordinat real
pada sumbu kartesian }
type Titik : record
<x:real,y:real>
Jika dideklarasikan :
P : Titik { artinya : P adalah sebuah Titik }
Cara mengacu/mengakses nilai elemen yang tersimpan dalam P adalah :
P.x { menghasilkan absis bertipe real }
P.y { menghasilkan ordinat bertipe real }
¢Domain nilai : <real, real>
¢Konstanta : < 1.3 , 2.2 > ; < 0.01 ,
100.01 >
¢Operator :
> Operator terhadap Titik harus dibuat
> Operasi real terhadap P.x dan P.y
Contoh lain : type
Jam {
type Jam menyatakan representasi jam dalam notasi hh:mm:ss dengan hh bernilai
[0..23], mm bernilai
[0..59] dan ss bernilai
[0..59] }
type Jam
: record
<hh : integer,
{0..23} { jam }
mm : integer,
{0..59} { menit }
ss : integer
{0..59}
{ detik
}>
Jika dideklarasikan :
J : Jam { artinya : J adalah sebuah Jam }
Cara mengacu/mengakses nilai elemen yang tersimpan dalam J adalah :
J.hh { menghasilkan bagian jam bertipe integer
{0..23} }
J.Mm { menghasilkan bagian menit bertipe integer
{0..59} }
J.ss { menghasilkan bagian detik bertipe integer
{0..59}
}
¢Domain nilai : <integer, integer, integer>
¢Konstanta : < 1, 0, 6 > ; < 17, 10, 31
>
¢Operator :
> Operator terhadap Jam harus dibuat
> Operasi integer
terhadap J.hh,
J.mm dan J.ss
Sekilas tentang ...
•Komputer, pada umumnya mengenal 3 jenis data, yaitu: Numerik, Karakter, dan Logika
•Dan Java mengenal 2 jenis tipe data:
–Tipe
data primitif
è tipe data yang diadopsi dari tipe data
klasik (diadopsi dari berbagai bahasa pemrograman pendahulu
Java), seperti:
Pascal dan C++
–Tipe
data objek è tipe data berbentuk class yang
merupakan ciri khas dari pemrograman PBO,
yg disediakan dengan tujuan utk mendukung operasional tipe data
primitif
•Adapun beberapa tipe data yg sering digunakan dalam Java:
•Java juga mengengal istilah Literal..
•adalah nilai variabel/attribute atau nilai konstanta atau nilai objek data.
•tiga besaran literal dalam java yaitu angka, karakter, dan string.
•angka terdiri dari byte, short, int,
long, float, double, dan boolean (dianggap angka true = 1 atau false = 0).
Tabel jangkauan dan ukuran
dari semua tipe data
dalam Java
Nama
•Peubah (variable)
•Konstanta (constant)
•Tipe bentukan
•Nama Fungsi
•Nama Prosedur
Nama Peubah
•Peubah adalah tempat penyimpan data di dalam memori yang isinya dapat diubah
Nama Konstanta
•Konstanta adalah tempat penyimpan data di dalam memori yang isinya tetap dan tidak dapat diubah
Nama tipe bentukan
Nama Fungsi dan Prosedur
•Konversi_Real_Integer adalah nama fungsi.
Rangkuman
•Tipe data dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu tipe dasar (bilangan logika, bilangan bulat, bilangan riil, karakter dan
string) dan tipe bentukan
•Ada lima macam nama yang digunakan untuk mengidentifikasikan dalam algoritma, yaitu Peubah
(variable), Konstanta
(constant), Tipe bentukan, Nama Fungsi dan Nama Prosedur
artikel ini Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman
keywords: Algoritma dan Pemrograman, Teknik Informatika, Bahan Mata Kuliah, Tipe Data dan Nama
keep posting
ReplyDelete